Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Mata Kering dan Merah? Begini Cara Pakai Tetes Mata yang Benar!

DISPONSORI OLEH:

Mata Kering dan Merah? Begini Cara Pakai Tetes Mata yang Benar!

Kondisi mata kering dan merah karena iritasi mata ringan merupakan salah satu keluhan yang sering terjadi. Khususnya bagi pengendara motor dan pekerja yang rutinitasnya menggunakan gadget secara intens.

Meski terlihat tidak separah penyakit lain, tapi iritasi mata ringan hingga merah apalagi kering tidak boleh diabaikan. Penggunaan tetes mata untuk iritasi mata ringan termasuk mata merah dan kering juga harus diperhatikan demi kesehatan mata Anda.

Jika Anda kerap mengalami kondisi tersebut, yuk simak cara pakai tetes mata yang benar berikut ini!

Ragam tetes mata merah dan kering yang umum digunakan

Biasanya, tetes mata yang umum digunakan dan mudah ditemukan di pasaran memiliki kandungan utama sesuai kondisinya.

Umumnya berupa bahan yang bisa melembapkan mata pada kondisi mata kering, mata merah, serta mata kering dan merah. Simak ragam tetes mata yang cocok untuk mengatasi sesuai kondisi di bawah ini!

1. Mata merah

Mata merah pada umumnya terjadi ketika mata mengalami iritasi atau alergi terhadap suatu hal. Lebih detailnya, kemerahan pada mata muncul akibat pembuluh darah kecil di bawah permukaan mata membesar atau meradang.

Untuk mengatasinya, penggunaan tetes mata dekongestan dapat dilakukan untuk mengurangi kemerahan pada mata akibat alergi.

2. Mata kering

Saat mata tidak memiliki cukup air mata untuk melumasi mata, maka kondisi mata kering rentan terjadi. Sebab, air mata sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan permukaan mata dan membantu fungsi penglihatan. Tetes mata yang tepat untuk kondisi mata kering adalah air mata buatan atau pelumas mata.

Penggunaannya bisa dipakai secara berkala untuk melengkapi produksi air mata alami. Demi mencegah iritasi pada mata, gunakan tetes mata kering yang bebas pengawet dan mengandung elektrolit yang dapat membantu menjaga kelembapan mata.

3. Mata kering dan merah

Kondisi iritasi mata ringan seringkali juga merupakan kombinasi dari mata kering dan mata merah juga sangat mungkin dialami dalam kehidupan sehari-hari.

Mulai dari iritasi, atau kurangnya produksi air mata, bisa menjadi penyebabnya. Tetes mata yang bisa mengatasi kondisi mata kering dan merah pun disarankan memiliki kombinasi atau gabungan kandungan zat aktif yang sesuai.

Nah, jika Anda bingung memilih tetes mata yang dapat mengatasi gejala mata kering dan mata merah sekaligus, cukup perhatikan kandungan bahan aktifnya, seperti:

rohto banner

  • Memiliki kandungan dekongestan seperti Tetrahidrozolin HCl (0,05%) untuk mengatasi mata merah karena iritasi ringan.
  • Mengandung zat aktif yang berfungsi sebagai pelumas mata, seperti Macrogol 400 (1%) yang berfungsi sebagai pelembap mata yang mengatasi mata kering.
  • Memberikan efek sejuk pada mata kering sehingga nyaman digunakan.

Cara pakai tetes mata yang benar

Walaupun terlihat gampang dan bisa dilakukan dengan sederhana, pemakaian tetes mata ternyata harus sangat diperhatikan agar hasilnya maksimal. Berikut ini cara pakai tetes mata yang benar.

  1. Cek kemasan tetes mata dan periksa tanggal kedaluwarsa.
  2. Cuci tangan sebelum mengaplikasikan tetes mata.
  3. Hindari menyentuh bagian ujung tetes mata agar terhindar dari bakteri yang bisa masuk ke mata.
  4. Jika memakai lensa kontak, lepas terlebih dahulu sebelum menggunakan tetes mata. Lensa kontak dapat digunakan kembali 15 menit setelahnya.
  5. Pilih posisi yang nyaman untuk meneteskan tetes mata, bisa dengan berbaring atau duduk dengan kepala mendongak ke atas.
  6. Tarik kelopak mata bagian bawah kemudian teteskan cairan.
  7. Tutup mata tanpa berkedip setelah meneteskan tetes mata agar cairan tidak keluar.

Itu tadi cara menggunakan tetes mata yang benar dan bisa dicoba untuk mengatasi kondisi iritasi mata, seperti mata merah, kering atau mata merah dan kering.

Untuk menjaga kesehatan mata lebih lanjut, Anda juga bisa melakukan beberapa langkah pencegahan seperti, membatasi penggunaan gadget atau menghindari debu dengan menggunakan kacamata saat berkendara.

Verifying...

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Redness-Relieving Eye Drops – American Academy of Ophthalmology. (2018). Retrieved September 28, 2020, from https://www.aao.org/eye-health/treatments/redness-relieving-eye-drops 

Lubricating Eye Drops for Dry Eyes – American Academy of Ophthalmology. (2018). Retrieved February 22, 2022, from https://www.aoa.org/healthy-eyes/eye-and-vision-conditions/dry-eye?sso=y 

Red Eye – Cleveland Clinic. (2018). Retrieved February 22, 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/17690-red-eye

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adelia Dwitasari Diperbarui Apr 21
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto