Kolesterol Hdl

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu kolesterol hdl?

Tes HDL mengukur tingkat kolesterol ‘baik’ dalam darah. HDL adalah lipoprotein berdensitas tinggi. Lipoprotein terbentuk dari protein dan lemak. HDL dikenal sebagai kolesterol baik karena HDL membawa kolesterol ‘jahat’, lipoprotein berdensitas rendah (low density lipoprotein), trigiliserida, dan lemak yang berbahaya dan mengembalikannya ke dalam hati untuk diproses. Saat HDL mencapai hati, hati akan mengurai LDL, mengubahnya menjadi empedu dan mengeluarkannya dari tubuh.

Penelitian telah membuktikan orang-orang dengan kadar kolesterol HDL sehat memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit arteri koroner.

Kapan saya harus menjalani kolesterol hdl?

Tes kolesterol HDL dapat dilakukan sebagai tes lanjutan dari hasil tes pemeriksaan kolesterol yang tinggi. Tes kolesterol HDL biasanya tidak dilakukan sendiri tapi termasuk dari serangkaian tes-tes lain, termasuk kolesterol, kolesterol LDL (LDL-C), dan trigliserida sebagai bagian dari profil lipid saat pemeriksaan kesehatan. Orang dewasa direkomendasikan untuk diperiksa setidaknya sekali tiap lima tahun.

Tes kolesterol HDL, bagian dari profil lipid, dapat dilakukan lebih sering untuk orang yang memiliki faktor-faktor risiko lebih tinggi untuk heart disease. Faktor risiko terbesar termasuk:

  • merokok
  • usia (pria 45 tahun ke atas atau wanita 55 tahun ke atas)
  • hipertensi (tekanan darah 140/90 atau lebih tinggi atau menggunakan obat-obatan tekanan darah tinggi)
  • riwayat penyakit jantung prematur di keluarga (penyakit jantung pada keluarga langsung—kerabat pria di bawah usia 55 atau kerabat wanita di bawah usia 65)
  • penyakit jantung yang sudah ada atau pernah mengalami serangan jantung
  • diabetes mellitus

Pemeriksaan profil lipid direkomendasikan untuk anak-anak dan orang dewasa. Anak-anak harus dites setidaknya sekali antara usia 9 dan 11 tahun dan sekali lagi antara usia 17 dan 21 tahun. Pada orang dewasa, tes tambahan mungkin diperlukan untuk dewasa muda dengan faktor risiko atau apabila pemeriksaan menunjukkan hasil yang lebih tinggi dari normal. Beberapa faktor risiko termasuk riwayat penyakit jantung pada keluarga atau masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau kelebihan berat badan. Dokter mungkin akan merujuk pemeriksaan profil lipid pada anak-anak di bawah usia 9 tahun apabila orang tuanya memiliki kolesterol tinggi.

Tes kolesterol HDL dapat juga dirujuk pada interval yang rutin untuk mengevaluasi kesuksesan perubahan gaya hidup seperti pola makan dan olahraga atau menghentikan kebiasaan merokok untuk meningkatkan kolesterol HDL.

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani kolesterol hdl?

Kolesterol HDL harus diukur saat seseorang dalam kondisi sehat. Tingkat kolesterol akan menjadi rendah untuk sementara saat terkena penyakit akut, setelah serangan jantung, atau saat stres (seperti setelah operasi atau kecelakaan). Anda harus menunggu setidaknya 6 minggu setelah penyakit apapun untuk mengukur kolesterol.

Pada wanita, tingkat kolesterol HDL dapat berubah pada masa kehamilan. Wanita harus menunggu setidaknya 6 minggu setelah melahirkan untuk mengukur tingkat kolesterol HDL.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani kolesterol hdl?

Dokter akan memberikan instruksi lengkap untuk mempersiapkan tes. Persiapan mungkin termasuk penghentian pengobatan tertentu untuk sementara atau puasa hingga 12 jam sebelum tes.

Bagaimana proses kolesterol hdl?

Tes HDL cukup cepat dilakukan dan relatif tanpa rasa sakit. Memerlukan pengambilan sampel darah menggunakan jarum suntik. Anda akan merasakan sengatan dari jarum pada area pengambilan sampel darah. Beberapa tes, seperti tes rumahan, hanya memerlukan setetes darah, diambil menggunakan jarum kecil yang disebut lancet.

Saat darah yang diambil sudah cukup, darah akan dipindahkan ke dalam ampul yang ditempelkan pada jarum suntik, dan sampel dikemas dan dikirim ke laboratorium untuk dites.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani kolesterol hdl?

Anda akan diberitahu tanggal pengambilan hasil tes. Dokter akan menjelaskan hasil tes Anda. Ikuti instruksi dokter Anda.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Tingkat optimal kolesterol HDL adalah di atas 40 mg/dL untuk pria dan di atas 50 mg/dL untuk wanita. Level tipikal pada wanita (50 hingga 59 mg/dL) dan pria (40 hingga 50 mg/dL) menggolongkan mereka dalam risiko rata-rata untuk penyakit jantung. Angka lebih rendah berarti peluang risiko lebih tinggi untuk penyakit ini.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

    Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

    Psoriasis Vulgaris

    Psoriasis vulgaris atau psoriasis plak adalah jenis psoriasis yang paling umum. Ketahui seperti apa gejala, penyebab, dan pengobatannya di artikel ini!

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 9 menit

    Minum Es Kopi Ternyata Lebih Menyehatkan daripada Kopi Panas

    Manfaat minum kopi untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Namun, di antara es kopi atau kopi panas, mana yang lebih sehat? Ketahui di sini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Hidup Sehat, Tips Sehat 28 September 2020 . Waktu baca 5 menit

    Kanker Esofagus

    Kanker esofagus adalah kanker yang menyerang kerongkongan. Yuk, pahami gejala, penyebab, dan cara mengobatinya pada ulasan berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Kanker, Penyakit Kanker Lainnya 28 September 2020 . Waktu baca 10 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    pasangan malu berhubungan intim

    6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
    psoriasis gutata adalah

    Psoriasis Gutata

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 8 menit
    cedera kaki pakai tongkat kruk

    Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
    Psoriasis kulit kepala

    Psoriasis pada Kulit Kepala

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit