Makan Taoge Bikin Pria Lebih Subur, Fakta atau Mitos?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 3 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Setiap pria pasti menginginkan sperma dirinya subur agar dapat memeroleh keturunan. Segala cara dapat dilakukan untuk membuat kesuburan pria makin meningkat, misalnya dengan menjaga berat badan atau asupan makanannya. Salah satu makanan yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria adalah taoge atau toge. Banyak pria kemudian suka makan toge sebagai upaya untuk meningkatkan kesuburan.

Tapi, apakah benar taoge dapat meningkatkan kesuburan pria? Ataukah ini cuma mitos?

Taoge mengandung antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan pria untuk meningkatkan kesuburannya. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti paparan sinar matahari, kurang tidur, maupun asap rokok. Kandungan antioksidan yang banyak dalam tubuh dapat membantu melindungi kualitas sperma pria.

Apa pengaruh antioksidan pada sperma?

Nah, taoge mengandung banyak sekali antioksidan dalam bentuk vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. Dalam satu cangkir tauge mentah terdapat 14 mg vitamin C, 22 IU vitamin A dalam bentuk betakaroten dan alfakaroten, dan 0,1 mg vitamin E dalam bentuk alfatokoferol. Jadi, dengan makan taoge Anda dapat memeroleh banyak sekali antioksidan yang dapat menjaga kualitas sperma.

Jika Anda perokok atau sering terkena asap rokok, sebaiknya perbanyak asupan makanan yang mengandung antioksidan. Tidak hanya dari makan taoge saja, namun bisa dari makanan lain, seperti wortel, tomat, jeruk, kiwi, serta sayuran dan buah-buahan lainnya.

Taoge mengandung asam folat

Tidak hanya antioksidan, taoge juga mengandung asam folat yang juga diperlukan untuk meningkatkan kesuburan pria. Jadi, tidak hanya wanita saja yang butuh untuk memenuhi kebutuhan asam folatnya sebelum mencoba untuk hamil, tapi kaum pria juga memerlukan nutrisi ini.

Apa pengaruh asam folat pada kesuburan pria?

Asam folat atau juga dikenal sebagai vitamin B9 sangat diperlukan untuk membantu membentuk DNA, memproduksi dan menjaga sel-sel baru, serta membuat sel-sel darah merah yang sehat. Jadi, pemenuhan kebutuhan asam folat ini tentu sangat diperlukan baik bagi pria maupun wanita sebelum mereka mencoba untuk memiliki keturunan.

Selain makan taoge, makanan lain yang juga mengandung asam folat adalah brokoli, bayam, daun kale, dan sayuran hijau lainnya. Kentang, jeruk, dan sereal yang telah diperkaya juga mengandung asam folat. Untuk itu, sangat disarankan pada Anda para pria agar memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan setiap hari.

Kandungan nutrisi lain dalam taoge

Dalam taoge juga terkandung vitamin K dan zat besi, walaupun jumlahnya tidak terlalu tinggi. Dalam satu cangkir tauge mentah terkandung 34 mg vitamin K dan 1 mg zat besi. Vitamin K sangat penting dalam proses pembekuan darah, mineralisasi tulang, dan juga untuk membantu menjaga kepadatan tulang. Sementara, zat besi diperlukan untuk mengangkut oksigen dalam darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh dan juga untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Puasa Memengaruhi Kesuburan untuk Hamil?

Apakah Anda khawatir puasa pengaruhi kesuburan Anda dan suami? Sebelum Anda menebak-nebak, baca dulu artikel ini jika Anda sedang mengusahakan kehamilan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hari Raya, Ramadan 29 April 2020 . Waktu baca 3 menit

6 Faktor yang Dapat Menjadi Penyebab Pria Tidak Subur

Tahukah Anda bahwa masalah kesuburan bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Lalu, apa saja penyebab pria menjadi tidak subur?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesuburan, Kehamilan 11 April 2020 . Waktu baca 9 menit

Fakta Seputar Masa Subur Wanita & Pria yang Penting Diketahui

Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual agar cepat hamil adalah pada masa subur. Namun, tahukah bagaimana tanda atau ciri Anda telah memasuki masa subur?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 8 April 2020 . Waktu baca 13 menit

Membandingkan Kecepatan Sperma saat Dikeluarkan di Dalam Tubuh dan Air

Siapa sangka kecepatan sperma ketika berhubungan seks dengan saat ejakulasi di luar tubuh ternyata berbeda. Simak faktanya di sini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 27 Februari 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Alergi Sperma

Memiliki Alergi Terhadap Sperma, Mitos atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 21 September 2020 . Waktu baca 8 menit
cek kehamilan dengan test pack

Kapan Saya Bisa Mulai Cek Kehamilan dengan Test Pack?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 11 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat ginseng buat pria

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 5 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
hormon gnrh dengan kesuburan

Mengenal Fungsi Gonadotropin-Releasing Hormone (GnRH) bagi Kesuburan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 24 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit