home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Berhubungan Intim Sekali Bisa Hamil?

Apakah Berhubungan Intim Sekali Bisa Hamil?

Ketika baru menikah, Anda mungkin bertanya-tanya, apakah bisa Anda atau pasangan Anda hamil hanya dengan sekali hubungan seks. Begitu juga, dengan Anda yang tidak memiliki rencana untuk punya anak dalam waktu dekat, wajar jika timbul kekhawatiran akan hamil setelah melakukan seks semalam. Akan tetapi, benarkah Anda bisa hamil meski hanya sekali berhubungan intim dengan pasangan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apakah bisa hamil hanya dengan berhubungan intim sekali?

Anda tentu tahu bahwa ada aktivitas seksual yang bisa membuat Anda hamil, tapi ada juga yang tidak menyebabkan kehamilan. Berikut ini adalah beberapa aktivitas seksual yang tidak bisa membuat Anda hamil jika melakukannya:

Sementara itu, hal apa saja yang bisa menyebabkan seorang wanita hamil?

Berdasarkan sebuah artikel yang dimuat pada laman Utah Department of Health, seorang wanita yang melakukan hubungan intim tanpa alat kontrasepsi, walau hanya sekali, memiliki kemungkinan untuk bisa hamil.

Oleh karenanya, jika Anda melakukan salah satu dari kedua aktivitas seks yang berpotensi untuk hamil, walau hanya melakukan sekali, tidak menutup kemungkinan kehamilan.

Alasan wanita hamil setelah berhubungan intim sekali

Tahukah Anda bahwa percobaan untuk hamil tidak harus dilakukan berkali-kali? Artinya, sekali berhubungan intim pun tetap memberi Anda kesempatan untuk bisa hamil.

Selama melakukannya di saat yang tepat, seorang wanita bisa hamil ketika baru sekali berhubungan intim dengan pasangannya. Artinya, jika wanita dan pria sedang dalam masa subur, proses pembuahan antara sel sperma dan sel telur pun dapat terjadi.

Proses kehamilan terjadi saat sperma pada laki-laki bertemu dan membuahi sel telur. Sperma dapat bertahan di tuba fallopi selama tujuh hari setelah kegiatan seks. Jika proses pembuahan tersebut berhasil meski hanya sekali berhubungan intim, Anda bisa hamil. Perempuan tidak dapat hamil jika pembuahan tersebut tidak berhasil dilakukan.

Ketika berhubungan intim dilakukan sekali saat perempuan dalam masa suburnya, maka kemungkinan untuk bisa hamil pun ada.

Namun ini juga tergantung pada kondisi sperma, sebab untuk mencapai sel telur, sperma harus melewati tuba fallopi, di mana tidak semua sperma yang masuk bisa bertahan. Jika kualitas sperma yang diproduksi bagus, kemungkinan terjadi kehamilan pun tinggi.

Bagaimana bisa tahu hamil setelah sekali berhubungan intim?

Setelah berhubungan intim sekali, Anda bisa melakukan tes untuk tahu apakah Anda hamil atau tidak. Anda bisa membeli test pack di apotek, lalu membaca instruksi yang ada, dan melakukan tes sendiri di rumah.

Untuk mengetahui Anda hamil atau tidak setelah berhubungan intim sekali, Anda harus mengambil urine Anda, kemudian tunggu beberapa saat sampai alat itu memberi tahu jawabannya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter, jika tidak yakin menggunakan test pack. Lalu, apa saja tanda-tanda kehamilan?

  • Merasa pusing.
  • Payudara membengkak dan nyeri.
  • Mual.
  • Sering buang air kecil.
  • Kram di bagian perut bawah.
  • Terlambat datang bulan.

Mitos hubungan intim yang dapat menyebabkan atau mencegah kehamilan

Selain kemungkinan Anda bisa hamil setelah berhubungan seks sekali, ada beberapa mitos yang tersebar di masyarakat tentang mungkin atau tidaknya terjadi kehamilan, berikut ini pemaparannya:

1. Tidak bisa hamil saat menggunakan kontrasepsi

Jika Anda ingin menunda atau mencegah kehamilan menggunakan alat kontrasepsi, Anda perlu tahu bahwa alat ini tidak ada yang memiliki efektivitas hingga 100 persen. Artinya, meski sangat kecil kemungkinan Anda bisa hamil saat menggunakan kontrasepsi, kemungkinan tersebut pun ada. Sebagai contoh, Anda masih bisa hamil meski sudah menggunakan kondom.

Sama halnya dengan berhubungan intim sekali Anda mungkin bisa hamil, menggunakan kondom atau pil kb juga masih memiliki potensi Anda mengalami kehamilan. Pasalnya, bisa saja Anda menggunakan kondom yang rusak atau lupa meminum pil KB sesuai anjuran dokter.

2. Tidak bisa hamil saat sedang menstruasi

Percaya atau tidak, kehamilan juga bisa terjadi pada saat Anda menstruasi. Saat Anda melakukan seks ketika siklus menstruasi Anda, tidak menutup kemungkinan sperma melakukan pembuahan, sebab sperma dapat bertahan lebih dari 5 hari.

3. Berhubungan seks dengan gaya tertentu bisa menunda kehamilan

Banyak yang menyatakan bahwa berhubungan seks dengan gaya tertentu bisa menunda kehamilan. Padahal, faktanya, berhubungan seks dengan gaya apapun tetap berpotensi membuat Anda hamil.

Sama dengan adanya kemungkinan bisa hamil meski hanya sekali berhubungan intim, wanita dapat hamil dengan berbagai macam posisi seks yang dilakukannya. Baik posisi seksnya berbaring maupun duduk, tidak ada yang disebut sebagai posisi aman.

Begitu pun dengan tempat Anda melakukan seks, ketika melakukannya sambil berendam atau pun mandi dengan shower, kehamilan tetap bisa terjadi. Sperma tetap bisa melewati tuba fallopi dan membuahi sel telur.

4. Ejakulasi yang dilakukan di luar vagina bisa menunda kehamilan secara alami

Meski tidak menggunakan alat kontrasepsi, banyak orang yang melakukan penundaan kehamilan dengan cara alami. Salah satunya adalah ejakulasi di luar vagina. Hal ini diharapkan dapat mencegah sperma masuk ke dalam vagina dan membuahi sel telur. Padahal, meski ejakulasi tidak dilakukan di dalam vagina, kemungkinan untuk bisa hamil tetap ada.

Pasalnya, ada cairan yang keluar sebelum ejakulasi, dan cairan tersebut mengandung sperma meskipun cairan ini bukan cairan ejakulasi atau pelepasan. Sementara itu, hanya dibutuhkan satu sperma untuk menembus masuk membuahi sel telur, dan kita tidak tahu yang manakah sperma yang berhasil melakukan pembuahan.

Oleh karena itu, jika ejakulasi di luar vagina saja masih bisa menyebabkan kehamilan, berhubungan intim sekali juga memiliki potensi membuat Anda bisa hamil. Hal ini juga tidak bisa menghindari Anda dari penyakit seksual menular.

5. Wanita buang air kecil setelah berhubungan seks bisa menunda kehamilan

Wanita sering kali dilarang untuk segera buang air kecil setelah berhubungan seks. Pasalnya, dikhawatirkan sperma yang sudah masuk ke dalam vagina keluar lagi saat wanita buang air kecil.

Padahal, cara tersebut tetap tidak bisa menurunkan risiko kehamilan. Sperma yang masuk ke rahim tetap akan meneruskan perjalanan untuk mencapai sel telur, hingga dapat menyebabkan kehamilan.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Getting Contraception. Retrieved 7 February 2020, from http://www.nhs.uk/Livewell/Sexandyoungpeople/Pages/Sexmythsbusted.aspx

Periods and fertility in the menstrual cycle. Retrieved 7 February 2020, from http://www.nhs.uk/Livewell/menstrualcycle/Pages/Whatisthemenstrualcycle.aspx

10 Pregnancy Myths. Retrieved 7 February 2020, from http://www.bettertoknow.yk.ca/popularsexmyths.php

Could I be Pregnant?. Retrieved 7 February 2020, from http://teenhealthsource.com/pregnancy/pregnant/

Do you know what your Chances of Getting Pregnant really are? | Maternal and Infant Health Program. Retrieved 7 February 2020, from https://mihp.utah.gov/before-pregnancy/do-you-know-what-your-chances-of-getting-pregnant-really-are

Foto Penulis
Ditulis oleh Rizki Pratiwi pada 10/03/2017
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x