backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

Sedang Hamil tapi Payudara Tidak Mengalami Perubahan, Normalkah?

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 29/01/2024

Sedang Hamil tapi Payudara Tidak Mengalami Perubahan, Normalkah?

Payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang kerap mengalami perubahan selama kehamilan. Tapi ternyata, beberapa orang justru merasa tidak mengalami perubahan pada payudara mereka ketika hamil.

Lantas, kenapa payudara bisa tidak membesar saat hamil? Bagaimana cara mengatasinya? Simak jawabannya dalam uraian berikut ini.

Penyebab payudara tidak berkembang saat hamil

Ibu hamil sejatinya tidak perlu khawatir jika ukuran payudaranya tidak terlihat berkembang selama kehamilan.

Meski ukuran payudara yang membesar merupakan salah satu perubahan yang umum terjadi saat hamil, bukan berarti setiap ibu hamil pasti mengalaminya.

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti apa penyebab payudara tidak membesar pada beberapa ibu hamil. Namun, ini mungkin berkaitan dengan hormon kehamilan.

Pasalnya, salah satu penyebab payudara membesar adalah meningkatnya hormon estrogen dan progesteron.

Kedua hormon tersebut akan membentuk jaringan lemak ekstra di sekitar payudara sehingga membuat payudara tampak membesar.

Ukuran payudara yang membesar juga disebabkan oleh peningkatan aliran darah ke daerah tersebut. 

Meski perubahan ukuran payudara selama hamil kerap dikaitkan sebagai persiapan menyusui, ini tidak ada kaitannya dengan produksi air susu ibu (ASI), seperti dikutip dari laman International Milk Genomic Consortium.

Itu artinya, meskipun ukuran payudara Anda kecil saat hamil, belum tentu Anda menghasilkan ASI yang lebih sedikit dibandingkan ibu hamil dengan payudara yang lebih besar.

Bentuk perubahan payudara selama kehamilan yang lainnya adalah payudara “bocor”. Ini sebenarnya adalah kondisi saat payudara mengeluarkan kolostrum (ASI pertama).

Namun, tidak semua ibu hamil mengalaminya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila tidak mengalami kebocoran ASI dari payudara.

Cara mengatasi payudara tidak membesar saat hamil

payudara tumbuh rambut

Bagi orang-orang yang hamil tapi tidak mengalami perubahan pada payudara mereka, biasanya kekhawatiran yang muncul berkaitan dengan produksi ASI.

Karena ukuran payudara tidak ada kaitannya dengan produksi ASI, tentu solusi dari kondisi ini bukanlah memperbesar ukuran payudara.

Alih-alih berfokus dengan ukuran payudara, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan ASI selama kehamilan.

1. Pijat laktasi

Pijat laktasi tidak menambah produksi ASI, tetapi bisa memancing keluarnya ASI dari payudara. Melansir dari situs Kementerian Kesehatan RI, berikut adalah cara melakukan pijat laktasi.

  1. Letakkan tangan kiri pada bagian bawah payudara kiri. Sementara itu, tangan kanan Anda menekan bagian atas payudara kiri.
  2. Gerakkan kedua tangan ke arah berlawanan. Jika tangan kiri bergerak maju, tangan kanan bergerak ke arah sebaliknya.
  3. Posisikan kedua telapak tangan ke bagian depan payudara lalu gerakkan satu ke atas, satu ke bawah. Ulangi sekitar 15–20 kali.
  4. Buat gerakan melingkar di sekitar puting susu sebanyak 15–20 kali.
  5. Urut payudara secara perlahan dari bawah sampai ke puting, lalu pelintir puting susu secara perlahan.

2. Sesuaikan pola makan

Pada dasarnya, tidak ada makanan tertentu yang secara langsung dapat meningkatkan produksi ASI.

Untuk mendukung produksi ASI, Anda cukup memenuhi kebutuhan gizi harian. Selain itu, tingkatkan asupan kalori hingga 300–500 kkal per hari selama menyusui.

Anda juga perlu membatasi konsumsi kafein dan alkohol karena keduanya bisa memengaruhi produksi ASI. Sebagai gantinya, minum air putih setidaknya 16 gelas per hari.

3. Ketahui cara mengelola stres

Sebisa mungkin, hindari terlalu banyak berpikir tentang alasan kenapa payudara Anda tidak membesar saat hamil. Pasalnya, ini bisa membuat Anda stres sehingga mengurangi produksi ASI.

Cari tahu apa yang bisa mengurangi stres Anda selama hamil. Anda bisa mencoba beristirahat, melakukan kegiatan yang disukai, berolahraga ringan, atau bahkan curhat kepada teman.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa wajar bagi seseorang untuk hamil, tapi dengan payudara yang tidak mengalami perubahan.

Ukuran payudara bukanlah penanda jumlah ASI yang dihasilkan oleh tubuh. Selain itu, perubahan pada payudara saat hamil pun tidak selalu terlihat dengan jelas.

Meski begitu, jika Anda masih merasa khawatir dengan kondisi payudara saat hamil, cobalah untuk langsung bertanya pada dokter kandungan Anda. 

Kesimpulan

  • Tidak ada perubahan payudara saat hamil adalah hal yang wajar.
  • Ukuran payudara tidak berhubungan dengan jumlah ASI di dalamnya.
  • Tidak ada cara untuk memperbesar payudara yang kecil saat hamil. Namun, Anda bisa melakukan pijat laktasi untuk merangsang produksi ASI.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 29/01/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan