Tanda-tanda Darurat Anda Harus Segera Membatalkan Puasa

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 08/01/2019
Bagikan sekarang

Setiap orang, termasuk Anda, pasti ingin menjalani ibadah puasa dengan baik. Namun, bisa saja Anda mengalami suatu kendala dan pada akhirnya Anda harus membatalkan puasa di hari itu. Ada beberapa kondisi kesehatan yang membuat Anda lebih baik membatalkan puasa segera, karena dapat membahayakan tubuh Anda sendiri. Lalu, kondisi seperti apa yang membuat saya sebaiknya membatalkan puasa? Berikut adalah tanda dan gejalanya.

Tanda dan gejala jika Anda harus membatalkan puasa

Gangguan kesehatan yang paling mungkin terjadi ketika berpuasa adalah kondisi hipoglikemia atau kadar gula darah rendah. Hal ini terjadi akibat tubuh tak menerima asupan apapun dalam waktu yang cukup lama. Apalagi jika Anda melewatkan waktu sahur atau tak mengonsumsi makanan sahur yang bernutrisi tinggi, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami hipoglikemia.

Selain itu, hipoglikemia juga rentan terjadi pada pengidap diabetes saat menjalani puasa, sebab hormon insulin mereka yang tak normal menyebabkan tubuh tak dapat mempertahankan kadar gula darahnya.

Lalu apa saja tanda-tanda jika kadar gula darah saya rendah dan harus membatalkan puasa segera? Berbagai gejala dan tanda ketika Anda mengalami gula darah rendah saat puasa:

  • Sakit kepala
  • Susah untuk berkonsentrasi
  • Merasa ‘keliyengan’
  • Tubuh gemetaran
  • Keluar banyak keringat
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Merasa sangat lelah
  • Tubuh lemah tak berenergi
  • Kulit tubuh dan wajah menjadi pucat

Bila Anda hanya merasakan pusing atau kelelahan saja, mungkin tingkat hipoglikemia yang Anda alami masih tergolong ringan. Namun apabila Anda merasakan lebih dari satu tanda atau gejala yang telah disebutkan sebelumnya, maka sebaiknya Anda segera membatalkan puasa Anda. Kondisi hipoglikemia yang tak ditangani dengan cepat, akan menyebabkan berbagai komplikasi buruk lainnya.

Apa yang harus dilakukan setelah membatalkan puasa?

Saat mengalami hipoglikemia, tubuh memerlukan asupan yang bisa mengembalikan kadar gula darah menjadi normal kembali, sehingga Anda perlu mengisi perut Anda secepatnya dengan makanan. Anda bisa segera minum teh manis, atau minuman yang mengandung gula untuk mengembalikan kadar gula darah dengan cepat saat terjadi hipoglikemia, baru dilanjutkan dnegan makanan.

Apakah kondisi gula darah rendah saat puasa dapat dicegah?

Kondisi gula darah rendah saat berpuasa sebenarnya dapat Anda cegah, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat, protein, dan cadangan energi tinggi dengan porsi yang sesuai ketika sahur. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi camilan yang tinggi serat dan protein, seperti snack sehat, agar Anda merasa kenyang lebih lama dan berenergi seharian.

Pilihlah yang terbuat dari kedelai ini dicerna secara perlahan di dalam tubuh, sehingga mencegah perut Anda keroncongan dan baik untuk kadar gula darah Anda.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

American Diabetes Association. (2017). Hypoglycemia (Low Blood Glucose). [online] Available at: http://www.diabetes.org/living-with-diabetes/treatment-and-care/blood-glucose-control/hypoglycemia-low-blood.html?loc=type1-exercise?referrer=https://www.google.co.id/?referrer=http://www.diabetes.org/living-with-diabetes/treatment-and-care/blood-glucose-control/hypoglycemia-low-blood.html?loc=type1-exercise   [Accessed 14 Jun. 2017].

Emedicine.medscape.com. (2017). Hypoglycemia: Practice Essentials, Background, Pathophysiology. [online] Available at: http://emedicine.medscape.com/article/122122-overview#a1   [Accessed 14 Jun. 2017].

Healthline. (2016). Can You Have Hypoglycemia Without Having Diabetes?. [online] Available at: http://www.healthline.com/health/hypoglycemia-without-diabetes#symptoms2   [Accessed 14 Jun. 2017].

Mayo Clinic. (2017). Hypoglycemia Symptoms - Mayo Clinic. [online] Available at: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hypoglycemia/basics/symptoms/con-20021103   [Accessed 14 Jun. 2017].

Medlineplus.gov. (2017). Hypoglycemia: MedlinePlus. [online] Available at: https://medlineplus.gov/hypoglycemia.html  [Accessed 14 Jun. 2017].

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. (2017). Low Blood Glucose (Hypoglycemia) | NIDDK. [online] National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Available at: https://www.niddk.nih.gov/health-information/diabetes/overview/preventing-problems/low-blood-glucose-hypoglycemia   [Accessed 14 Jun. 2017].

Newell, L. (2015). Low Blood Sugar in Non-Diabetics. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/365611-low-blood-sugar-in-non-diabetics/   [Accessed 14 Jun. 2017].

WebMD. (2017). Hypoglycemia (Low Blood Sugar) in People Without Diabetes-Topic Overview. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/diabetes/tc/hypoglycemia-low-blood-sugar-in-people-without-diabetes-topic-overview#1   [Accessed 14 Jun. 2017].

 

Yang juga perlu Anda baca

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Sebagian dari Anda mungkin lebih suka tidur dalam keadaan terang. Namun riset menunjukkan matikan lampu saat tidur itu lebih baik. Kenapa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Bakwan―gorengan khas Indonesia ini memang enak dan gurih. Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan lebih sehat. Simak resep membuat bakwan sehat berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Direkomendasikan untuk Anda

3 Resep Protein Bar Lezat dan Sehat yang Bisa Dibuat di Rumah

3 Resep Protein Bar Lezat dan Sehat yang Bisa Dibuat di Rumah

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 07/06/2020
Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020
Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020