Kenapa Saya Sering Bersin Saat Bangun Tidur?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Hidung tersumbat dan bersin-bersin merupakan salah satu gejala flu yang cukup mengganggu. Namun, pernahkah Anda tiba-tiba bersin saat bangun tidur di pagi hari, padahal tidak sedang terkena flu? Lalu menjelang siang hari, gejala bersin-bersin tersebut malah hilang begitu saja. Kira-kira, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa penyebab sering bersin saat bangun tidur?

Tidak sedikit orang yang mengalami bersin-bersin, hidung dan mata berair hanya pada saat bangun tidur di pagi hari. Dari sisi medis, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

1. Rhinitis alergi

Rhinitis alergi, yang juga disebut hay fever, adalah kondisi yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap alergen alias pemicu alergi. Biasanya, yang bisa menimbulkan alergi ini adalah terkena serbuk sari, jamur, bulu hewan, atau debu tungau.

Menurut Mark R. Neustrom, DO dari Kansas City Allergy and Asthma Associates, 20 persen orang yang mengalami bersin saat bangun tidur di pagi hari disebabkan oleh alergi tungau. Karena bentuknya yang sangat kecil, Anda mungkin tidak menyadari bahwa kasur dan bantal yang Anda gunakan selama ini ternyata dihinggapi oleh tungau.

Ketika tungau masuk ke hidung, sel-sel alergi yang ada di membran mukosa hidung akan melepaskan histamin. Nah, hal inilah yang menyebabkan bersin-bersin dan hidung meler sebagai bentuk respon tubuh terhadap benda asing yang masuk.

2. Udara kering

Kalau Anda sering bersin saat bangun tidur, bisa jadi ini disebabkan oleh pengaruh AC atau suhu ruangan yang cenderung kering. Tanpa disadari, kedua hal tersebut dapat membuat lapisan di dalam hidung menjadi kering.

Lapisan lendir di dalam hidung berfungsi untuk menjaga kelembapan dan menangkap setiap benda asing yang masuk. Ketika hidung menjadi kering, ini artinya lendir hidung tidak bisa menahan benda asing yang masuk. Akibatnya, alergen tersebut dapat masuk dengan mudah dan membuat hidung menjadi gatal hingga bersin-bersin.

3. Sinusitis

Sinusitis dapat menjadi salah satu penyebab mengapa Anda jadi bersin-bersin di pagi hari. Ini karena peradangan pada sinus dapat mengganggu lapisan hidung dan memicu lendir yang berlebihan. Jika Anda merasakan sensasi menggelitik di hidung hingga sering bersin selama beberapa minggu, maka bisa jadi Anda mengalami sinusitis kronis.

4. Rhinitis vasomotor

Kalau Anda tidak sedang sakit atau alergi, tapi masih sering bersin saat bangun tidur, bisa jadi Anda memiliki rhinitis vasomotor. Rhinitis vasomotor atau rhinitis non-alergi adalah peradangan pada selaput hidung akibat kondisi pembuluh darah di hidung yang sangat sensitif.

Biasanya, hal ini terjadi saat Anda mengalami perubahan suhu maupun sistem imun tubuh selama tidur. Walaupun menimbulkan gejala pilek dan bersin-bersin yang tidak nyaman, kondisi ini umumnya tidak membahayakan.

Bagaimana cara mengatasi bersin saat bangun tidur?

bantal tidur

Untuk mengatasi bersin saat bangun tidur, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Bila disebabkan oleh rhinitis alergi, maka pada dasarnya tidak ada obat yang bisa mengobati rhinitis alergi hingga 100 persen.

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari hal-hal yang menyebabkan alergi, yaitu dengan mengganti sarung bantal dan sprei setiap bulan. Setelah itu, pastikan Anda sudah mencucinya hingga benar-benar bersih dan menjemur bantal guling di bawah terik matahari untuk membunuh tungau yang menempel.

Agar lebih maksimal, usahakan untuk selalu ganti bantal yang lama dengan yang baru setiap enam bulan sekali. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi risiko gatal-gatal pada kulit tubuh dan mencegah timbulnya alergi akibat tungau.

Jika alergi disebabkan oleh udara dari AC, sebaiknya gunakan bantuan humidifier atau pelembap ruangan. Alat yang satu ini akan membantu Anda terhindar dari hidung kering yang bisa memicu bersin saat bangun tidur.

Selain itu, pastikan untuk selalu memperbanyak minum air putih. Sebab bila tubuh tetap terhidrasi, tubuh akan lebih mampu melawan infeksi virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Alhasil, gejala bersin saat bangun tidur yang Anda rasakan akan berkurang secara perlahan.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca