Memahami Proses Pemeriksaan Ketajaman Visus (Penglihatan) Mata

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Saat ini sudah ada alat khusus yang dapat mengukur ketajaman visus atau penglihatan mata Anda secara langsung. Alat yang disebut sebagai autorefractometer ini sudah banyak tersedia di berbagai klinik mata serta toko optik. Namun, pemeriksaan ketajaman visus mata secara tradisional tidak boleh sampai dilupakan. Bagaimana, sih, prosedur pemeriksaan ketajaman visus mata secara tradisional?

Pemeriksaan mata dengan kartu Snellen (Snellen chart)

Pemeriksaan ketajaman visus mata umumnya dilakukan dengan bantuan kartu Snellen atau Snellen chart.  Kartu ini dikembangkan oleh seorang dokter spesialis mata dari Belanda, Herman Snellen, pada tahun 1860an. Ada banyak variasi dari kartu Snellen ini. Namun, secara umum ada sebelas baris huruf kapital yang berisi beberapa macam huruf. Semakin ke bawah ukuran tulisan akan semakin kecil.

kartu Snellen
Avgeekery.com

Arti angka pada kartu Snellen

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya apa maksud dari angka-angka yang ada pada setiap baris kartu Snellen. Angka tersebut memiliki arti khusus. Jadi, setiap baris dilengkapi dengan angka yang merupakan jarak (biasanya dalam satuan kaki)  di mana mata orang normal dan sehat dapat membaca huruf pada baris tersebut.

Misalnya kalau ada angka 20/200 di samping barisan huruf pertama. Angka pertama, yaitu 20, mewakili jarak antara Anda dengan kartu Snellen tersebut. Biasanya jarak Anda dengan kartu Snellen memang 20 kaki atau 6 meter jauhnya.

Sedangkan angka kedua, yaitu 200, mewakili jarak di mana mata Anda masih mampu membaca huruf pada barisan tersebut dengan jelas. Angka 200 berarti 200 kaki atau 60 meter.

Penilaian visus mata

Ketajaman visus mata normal manusia yaitu 20/20 atau dalam satuan meter 6/6. Ini berarti dalam jarak 20 kaki atau 6 meter, mata Anda masih cukup tajam untuk melihat tulisan yang memang normalnya dapat terbaca dari jarak tersebut. 

Akan tetapi, jika visus mata Anda adalah 20/40, berarti mata Anda dengan jarak 20 kaki atau 6 meter hanya mampu membaca huruf yang cukup besar yang dapat dibaca pada jarak 40 kaki atau 12 meter. 

Prosedur pemeriksaan visus mata dengan kartu Snellen

Sekarang Anda sudah memahami mengenai dasar dari ketajaman visus. Nah, berikut ini adalah pembahasan mengenai prosedur pemeriksaan mata dengan kartu Snellen.

  • Pastikan ruangan mendapat cahaya yang cukup terang.
  • Anda akan diminta untuk duduk atau berdiri dengan jarak 6 meter dari kartu Snellen.
  • Tutup salah satu mata Anda dengan menggunakan tangan. Apabila tersedia, Anda mungkin akan dipakaikan kacamata khusus dengan penutup mata.
  • Periksakan mata kiri dan kanan secara terpisah. Mata dengan pandangan yang lebih buram akan dites terlebih dulu.
  • Mulailah membaca mulai dari baris paling atas ke bawah, hingga Anda tidak mampu lagi membaca huruf pada baris tersebut. Bacalah dengan suara lantang dan jelas.
  • Jika hasil pemeriksaan tidak mencapai barisan huruf 20/20 atau 6/6, maka prosedur akan diulang dengan menggunakan kacamata pinhole. Apabila dengan pinhole visus mengalami perbaikan, maka gangguan penglihatan bisa disebabkan oleh kelainan refraksi seperti rabun jauh (miopi).
  • Ulangi prosedur ini untuk mata berikutnya.

Cara lain untuk memeriksa visus mata

Biasanya dengan menggunakan kartu Snellen sudah cukup untuk menilai ketajaman visus atau penglihatan seseorang. Namun, pada kasus tertentu di mana Anda sama sekali tidak mampu membaca huruf yang terlalu buram, maka pemeriksa atau dokter mata akan menggunakan tangan.

Pertama, Anda akan diminta untuk menghitung jumlah jari pemeriksa dari jarak satu sampai enam meter. Apabila Anda tidak dapat menghitungnya, pemeriksa akan menggerakkan tangannya. Kalau masih belum bisa melihat dengan jelas, pemeriksa akan menggunakan lampu atau penerangan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca