Panduan Menolong Orang yang Tersedak Dengan Heimlich Maneuver

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Makan terburu-buru bisa membuat Anda tersedak. Apalagi makan sambil berbicara atau tertawa terbahak-bahak. Pada kebanyakan kasus, makanan yang tersangkut bisa mudah dikeluarkan dengan cara dibatukkan. Namun jika Anda melihat seseorang tersedak dan kesulitan untuk mengeluarkannya, cepat berikan pertolongan sesegera mungkin. Meski sepele, pertolongan Anda sangat penting karena tersedak dapat memotong suplai oksigen ke dalam otak dan bisa membahayakan nyawa. Berikut panduan menolong orang yang tersedak dengan teknik yang disebut Heimlich maneuver.

Bagaimana saya tahu kalau seseorang sedang tersedak?

Umumnya, orang yang sedang tersedak akan mencengkeram tenggorokan dengan kedua tangannya. Apabila kasusnya ringan, orang yang tersedak masih bisa berbicara (walaupun sulit), menangis, batuk, atau bernapas.

Namun apabila orang tersebut tidak kunjung bisa mengeluarkan objek yang tersangkut dalam saluran napasnya, pasokan oksigen menuju paru-paru akan terhambat. Setelah 4-6 menit tanpa oksigen yang cukup, kerusakan otak dapat mulai terjadi.

Maka dari itu, perhatikan tanda bahaya lainnya, seperti:

  • Tidak mampu bersuara atau berbicara.
  • Kesulitan bernapas atau suara napas yang berisik.
  • Tidak bisa batuk saat diminta batuk.
  • Kulit, bibir, dan kuku yang membiru atau kehitaman.
  • Hilang kesadaran.

Segera lakukan Heimlich maneuver pada orang tersebut. Manuver Heimlich dapat menyelamatkan nyawa apabila dilakukan dengan tepat.

Apa itu Heimlich maneuver?

Heimlich maneuver adalah istilah pertolongan pertama dan darurat untuk membantu orang yang tersedak dengan menekan perutnya kuat-kuat. Gerakan ini akan menghasilkan tekanan besar pada perut dan dada orang tersebut sehingga objek yang tersangkut di saluran napas dapat terlepas keluar.

Heimlich maneuver dapat Anda lakukan pada orang segala usia yang sedang tersedak, termasuk bayi dan wanita hamil.

Bagaimana cara melakukan Heimlich maneuver untuk menolong orang yang tersedak?

Sebelum melakukan manuver ini, pastikan orang tersebut masih sadar. Lalu, ikuti langkah berikut:

1. Berdiri di belakang orang tersebut, dan lingkarkan kedua tangan Anda di sekitar pinggangnya seperti posisi memeluk. Jika orang tersebut dalam posisi berdiri, tempatkan salah satu kaki Anda di antara kedua kakinya agar Anda dapat menyangga orang tersebut jika ia pingsan.

2. Kepalkan salah satu tangan Anda, pastikan ibu jari Anda masuk ke dalam kepalan. Letakkan kepalan Anda sedikit di atas pusar orang tersebut namun di bawah tulang dada. Posisikan sisi luar dari ibu jari menghadap perut orang tersebut. Genggam kepalan Anda dengan rapat dengan tangan satunya. Lihat gambar di bawah ini:

Posisi kepalan tangan untuk Heimlich maneuver (sumber: WebMD)

3. Dengan kepalan Anda, sentakan kuat-kuat ke dalam perut dengan keras dan cepat, mengarah ke atas. Anda mungkin akan memerlukan tenaga lebih untuk orang yang besar dan lebih sedikit tenaga untuk anak-anak atau orang dewasa yang bertubuh kecil. Lihat gambar bawah:

Berikan sentakan kuat ke dalam perut, mengarah ke atas (sumber: WebMD)

Anda mungkin perlu mengulangi prosedur beberapa kali sebelum objek lepas. Namun apabila Anda telah melakukannya berulang kali dan tidak terjadi apa-apa, segera panggil bantuan medis.

Cara melakukan Heimlich maneuver pada orang yang sedang berbaring pun sama. Hanya saja pada awalnya posisikan tubuh Anda berlutut mengangkang di atas tubuhnya. Buat kepalan yang sama dan dorong kepalan Anda ke dalam perutnya dan mengarah ke atas, seperti langkah di atas.

Apabila ia kehilangan kesadaran, baringkan orang tersebut dan cobalah untuk membebaskan saluran pernapasannya dengan jari Anda dengan gerakan menyapu. Apabila Anda tidak dapat melepaskan objek, lakukan CPR. Apabila objek penyebab tersedaknya sudah keluar tapi orang tersebut kehilangan kesadaran, selanjutnya lakukan napas buatan lewat CPR.

Apabila orang yang tersedak itu sedang hamil, cara menolongnya sedikit berbeda. Untuk wanita hamil, kepalan tangan Anda harus diletakkan lebih sedikit ke atas, yaitu di sekitar dasar tulang dada. Langkah selanjutnya sama seperti nomor 2-3 pada panduan di atas.

Melakukan Heimlich maneuver pada bayi

Apabila anak yang tersedak berusia di bawah 1 tahun, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Duduk, kemudian topang badan bayi dengan lengan Anda dan tengkurapkan dirinya di atas kedua paha Anda dengan posisi condong ke depan sehingga posisi kepalanya akan lebih rendah dari dadanya.
  2. Tahan posisi bayi dari depan dengan mantap menggunakan salah satu telapak tangan Anda, agar posisi kepala tidak layu menempel di paha Anda.
  3. Berikan 5 pukulan lembut di antara kedua tulang belikat bahu anak dengan tumit tangan Anda. Lihat gambar di bawah:
Cara melakukan Heimlich maneuver pada bayi (sumber: WebMD)
  1. Apabila tidak berhasil, balikkan posisi tubuh bayi menjadi telentang dan sandarkan kepalanya pada lengan dan paha Anda sehingga kepala bayi lebih rendah daripada tubuhnya.
  2. Letakkan 2 jari pada bagian tengah tulang dada dan lakukan 5 kali tekanan cepat pada dada.

Ulangi pukulan lembut pada punggung dan dorongan pada dada hingga objek keluar dan bayi dapat bernapas atau batuk dengan sendirinya.

Melakukan Heimlich maneuver pada diri Anda sendiri

Apabila Anda tersedak dan tidak ada siapapun di sekeliling Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat kepalan dan letakkan sedikit di atas pusar, ibu jari menghadap ke dalam.
  2. Genggam kepalan Anda dengan rapat dengan tangan satunya dan dorong ke dalam dan ke atas secara bersamaan.
  3. Lakukan 5 kali dorongan perut, dan ulangi terus hingga hingga objek keluar dan Anda dapat bernapas atau batuk dengan sendirinya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca