4 Ragam Makanan yang Bisa Bantu Hilangkan Bau Badan Tak Sedap

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Tidak banyak orang yang mengetahui bau atau aroma tubuhnya sendiri. Mungkin karena bau tubuh itu melekat sehingga Anda sudah terlalu terbiasa dengan bau tersebut. Sayangnya, tidak semua bau badan itu harum dan wangi. Ada juga bau badan yang tidak sedap hingga mengganggu orang lain. Bau badan yang tidak sedap sebenarnya bisa Anda kurangi dengan memilih makanan yang tepat. Lantas, makanan seperti apa yang bisa jadi penghilang bau badan tak sedap?

4 pilihan makanan penghilang bau badan

1. Sayuran hijau

microgreens, sayuran hijau

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Evolution and Human Behavior Journal menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi makanan dengan bahan dasar sayuran dan buah-buahan memiliki bau badan yang lebih sedap.

Sayur-sayuran hijau termasuk ke dalam makanan yang dapat mengatasi bau badan, khususnya area tubuh bagian bawah. Hal ini disebabkan oleh kandungan klorofil di dalamnya.

Klorofil dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan, salah satunya dapat menetralkan zat yang bisa menyebabkan bau badan.

2. Makanan kaya serat

makanan kaya serat

Jika tak ingin bau badan, baiknya Anda perbanyak makanan berserat lainnya. Tak hanya sayuran hijau tapi makanan berserat lain seperti buah-buahan dan beragam sayur berwarna, seperti wortel, nyatanya bisa mengatasi bau badan.

Makanan jenis ini bisa jadi penghilang bau badan karena membantu detoksifikasi alami di dalam tubuh. Hal ini membuat tubuh tak perlu mengeluarkan racun dan zat-zat yang bisa menimbulkan bau badan melalui keringat.

3. Buah-buahan citrus

serabut putih pada jeruk

Makanan penghilang bau badan tak sedap adalah buah-buahan citrus. Asam yang terdapat di dalam buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali dapat meningkatkan aliran air di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi jumlah racun atau zat di dalam tubuh yang dapat menyebabkan bau tubuh tak sedap.

Jika Anda tidak terbiasa mengonsumsi buah-buahan secara langsung, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan citrus dalam bentuk olahan, seperti mengonsumsi air lemon segar di pagi hari atau mengonsumsi jus jeruk di siang hari. Dengan rajin mengonsumsi buah-buahan ini, Anda dapat mengatasi bau badan.

4. Minuman herbal

Salah satu makanan dan minuman yang dapat mengatasi bau badan tak sedap adalah yang berasal dari bahan-bahan herbal. Bahan-bahan herbal dianggap dapat mengurangi bau badan tak sedap karena memiliki kandungan anti bakteri. Kandungan anti bakteri yang terdapat di dalam bahan-bahan herbal dapat menghentikan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.

Hal ini sangat efektif mengatasi bau badan tak sedap sebab bakteri termasuk salah satu zat yang dapat menyebabkan bau badan.

Selain itu, minuman herbal seperti teh yang terbuat dari bahan herbal dapat membantu melancarkan pencernaan. Jadi, tidak ada racun atau zat berbahaya yang bertahan di dalam sistem pencernaan Anda.

Jika dibiarkan, racun dan zat-zat tersebut dapat menimbulkan bau badan.

Baca Juga:

Sumber