Ibuprofen 400 mg termasuk jenis obat anti inflamasi non-steroid. Obat ini dapat meredakan rasa sakit ringan hingga menengah serta mengurangi inflamasi atau peradangan. Contoh kondisi atau gejala yang dapat ditangani ibuprofen 400 mg adalah artritis, keseleo, nyeri otot, migrain, nyeri menstruasi, sakit gigi, dan nyeri setelah operasi. Di samping itu, ibuprofen juga dipakai untuk mengurangi gejala demam dan pegal-pegal akibat flu.

Ibuprofen bekerja dengan menghambat enzim yang berperan dalam produksi prostaglandin. Prostaglandin adalah senyawa yang dilepaskan tubuh yang menyebabkan inflamasi dan rasa sakit. Dengan menghalangi produksi prostaglandin, ibuprofen mengurangi inflamasi dan rasa sakit. Obat ini hanya dapat mengurangi gejala dan bukan menyembuhkan penyakit penyebabnya.

Cara pakai ibuprofen 400 mg

Sebelum menggunakannya, ada sejumlah aturan pakai ibuprofen 400 mg yang perlu untuk Anda ketahui. Anda sebaiknya tidak menggunakan obat ini bila punya riwayat alergi terhadap ibuprofen, atau bila Anda pernah mengalami serangan asma atau reaksi alergi parah setelah mengonsumsi obatĀ aspirin atau jenis NSAID atau nonsteroidal anti-inflammatory drug.

Tanyakanlah dulu kepada dokter yang menangani apakah aman bagi Anda mengonsumsi obat ibuprofen apabila Anda memiliki:

Mengonsumsi ibuprofen 400 mg selama 3 bulan usia kehamilan diketahui dapat membahayakan janin. Karena itu jika sedang hamil, Anda tidak boleh mengonsumsi obat ini tanpa terlebih dulu konsultasi dengan dokter. Dan sebaiknya konsultasikan juga apabila Anda sedang menyusui bayi.

Bagaimana aturan minumĀ obat ibuprofen 400 mg?

Gunakan obat ini sesuai petunjuk dosis aman ibuprofen di label pada kemasan obat, atau sesuai dengan resep dokter. Jangan melebihi dosis aman ibuprofen atau melebihi jangka waktu penggunaan yang direkomendasikan. Gunakanlah dosis terendah yang efektif untuk menangani keluhan Anda.

Kelebihan dosis ibuprofen dapat melukai lambung dan usus Anda. Jumlah maksimum dosis aman ibuprofen untuk orang dewasa adalah 800 mg per dosis atau 3200 mg per hari (maksimum 4 dosis setiap hari). Gunakanlah dalam jumlah terkecil yang diperlukan untuk meringankan rasa sakit, pembengkakan, atau demam yang dialami.

Bacalah seluruh informasi pada lembar petunjuk mengenai aturan pakai ibuprofen 400 mg yang disediakan dalam kemasan obat. Jika ada yang kurang jelas, tanyakanlah kepada dokter atau apoteker. Jika Anda diresepkan obat ibuprofen 400 mg, tidak perlu khawatir dengan meningkatnya risiko sakit jantung, minumlah obat ini sesuai dengan resep dokter, karena anjuran dokter sangat aman untuk diikuti.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca