Saat melewati lingkungan yang berasap, Anda mungkin sesekali akan batuk. Saat Anda flu atau pilek, batuk juga salah satu gejalanya. Jadi, apakah batuk jadi pertanda bahwa tubuh sedang sakit? Penyakit apa saja yang menimbulkan gejala batuk dan sebaiknya mendapat perawatan dari dokter? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Kenapa saya batuk?

Batuk adalah cara tubuh untuk melindungi diri. Respons alami tubuh ini terjadi akibat adanya zat asing yang terhirup saat Anda pernapasan. Zat asing tersebut dapat berupa debu, asap, lendir, atau alergen (pemicu alergi). Adanya zat asing tersebut bisa menghambat dan membuat Anda sulit bernapas.

Saat zat asing terhidup dan melewati atau menempel pada saluran pernapasan, sensor khusus pada tubuh akan mengirim sinyal pada otak Anda untuk waspada. Kemudian, otak mengirim sinyal tersebut melalui sumsum tulang belakang ke otot-otot sekitar dada dan perut untuk berkontraksi mendorong zat asing itu keluar dari saluran pernapasan Anda.

Batuk juga membantu mengeluarkan lendir kental yang menumpuk menumpuk di sekitar tenggorokan atau belakang tenggorokan. Respons alami tubuh ini membantu membersihkan saluran pernapasan dari berbagai gangguan.

Apakah gejala batuk menandakan bahwa saya sakit?

meredakan batuk

Batuk bisa terjadi saat tubuh Anda sehat. Misalnya, Anda menghirup udara di sekitar pembakaran sampah, Anda mungkin akan batuk-batuk. Namun, setelah melewati area dan menghirup udara yang lebih bersih, batuk tidak akan terjadi. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami batuk pada kondisi yang tidak mendukung seperti itu.

Sebaliknya, jika Anda terus batuk dan disertai gejala lain, inilah tanda bahwa tubuh Anda sedang bermasalah. Beberapa penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan dan menimbulkan gejala batuk, antara lain:

  • Pilek, flu, atau sinusitis
  • Alergi
  • Peradangan pada paru, seperti emfisema, pneumonia, atau bronkitis
  • Refluks asam lambung
  • Asma

Kapan Anda harus ke dokter?

Batuk akibat pilek atau flu biasanya dapat diatasi dengan obat tanpa resep di apotik. Sementara, batuk karena alergi bisa dicegah dengan menghindari paparan alergen. Untuk batuk ringan, biasanya akan hilang dalam waktu satu minggu.

Namun, bila gejala batuk tidak kunjung sembuh dan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Apalagi jika gejala batuk yang terjadi menyebabkan rasa sakit di dada, sulit bernapas, susah tidur, atau bahkan mengeluarkan darah.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca