4 Langkah Jitu Membasmi Kutu Busuk di Rumah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kutu busuk yang punya nama ilmiah Cimex hemioterus adalah hama pengganggu manusia. Kutu-kutu ini berukuran 5 milimeter, bahkan lebih kecil dari penghapus di ujung pensil. Permasalahan hama kutu busuk banyak ditemui di rumah, gedung perkantoran, atau tempat manusia beraktivitas lainnya. Pasalnya, mereka biasa tinggal di atas permukaan kasur serta permukaan bantal dan dudukan sofa, hingga di balik lukisan atau poster sampai di celah dinding. Gigitan kutu busuk membuat kulit terasa gatal kemerahan. Lantas kalau rumah Anda ternyata juga menjadi tempat semayam kutu, bagaimana cara membasminya?

Langkah-langkah membasmi kutu busuk sekali untuk selamanya

Kutu ini bisa bereproduksi dengan cepat dan bertahan hidup hingga bulanan sampai tahunan. Penyebarannya pun juga cepat. Jika Anda mencurigai tempat tinggal Anda dipenuhi kutu, simak cara membasminya yang efektif di bawah ini.

1. Periksa setiap sudut rumah

Cepat segera periksa segala sudut sudut rumah Anda sendiri. Lebih awal Anda menemukannya, maka penyebaran kutu busuk bisa ditanggulangi. Kutu biasanya hinggap di pinggiran dan permukaan kasur, di celah dinding atau lantai, pinggiran furnitur rumah, hingga di bawah lukisan dan poster di dinding.

Gunakan senter dan kaca pembesar untuk memeriksa semua area tersebut. Tanda adanya kutu busuk adalah:

  • Kutu dewasa hidup berwarna kemerahan dan berukuran sedikit panjang. Ada juga yang sedikit bulat.
  • Kutu muda bisa berwarna kuning telur pucat, seperti kulit telur dan bentuknya kecil.
  • Ada bintik-bintik hitam kecil di kasur menandakan kotoran kutu busuk yang pernah berkeliaran.

2. Begitu kutu ditemukan, tangkap dan kumpulkan

Ada baiknya begitu Anda menemukan cukup banyak kutu, langsung musnahkan dulu sebelum lanjut berburu sarangnya. Jika jumlahnya sedikit dan memungkinkan, masukkan kutu-kutu tangkapan Anda ke dalam botol tertutup yang telah diisi dengan satu sendok teh alkohol gosok.

Akan tetapi jika jumlahnya banyak, gunakan penyedot debu. Sedot bagian atas dan sisi-sisi tempat tidur Anda, lemari dan celah-celahnya, karpet, elektronik dan pinggirannya, dan celah-celah rumah lainnya.

Selanjutnya, segera tuang debu yang terkumpul dalam vacuum cleaner ke dalam kantung plastik tertutup, tuang beberapa sendok alkohol dan buang jauh. Kemudian bersihkan alat penyedot debu Anda secara menyeluruh.

3. Bersihkan barang yang terkena kutu busuk

Semua benda yang pernah dihinggapi kutu, misalnya seprai dan sarung bantal-guling, taplak meja, gorden, boneka-boneka berbulu, hingga pakaian harus langsung dipisahkan dari barang-barang yang bersih untuk dicuci. Cuci di mesin cuci dengan air panas dan segera keringkan juga di mesin cuci. Jika mesin Anda tidak punya fitur pengering, langsung jemur di bawah terik matahari.

Perabotan rumah lain seperti sofa, kasur, serta bantal dan guling sebaiknya disedot dengan vacuum cleaner lalu jemur di bawah matahari.

Jika kutu bersemayam di barang-barang yang tidak bisa dicuci seperti di tumpukan buku dan majalah, bersihkan dan tutup rapat seluruhnya dengan plastik agar kutu lama kelamaan akan mati kehabisan udara dan tidak ada lagi kutu baru yang bisa masuk.

Jika barang tersebut memungkinkan untuk dibuang, sebaiknya dibuang. Jangan memindahkan barang dari ruangan yang terinfeksi kutu ke kamar atau ruangan yang bersih. Ini justru membuat kutu makin menyebar. Ganti bantal dan guling Anda yang sudah usang.

Perbaiki juga bagian retakan tembok atau lantai dengan plaster untuk mengurangi tempat persembunyian kutu.

4. Semprot insektisida jika diperlukan

Jika cara-cara di atas tidak mempan membasmi kutu busuk, semprot rumah Anda dengan insektisida. Insektisida yang ampuh untuk membunuh koloni kutu harusnya mengandung salah satu bahan kimia di bawah ini:

  • Pyrethrins dan pyrethroids. Namun di beberapa tempat, kutu sudah resisten dengan bahan kimia ini.
  • Neonicotinoid, bekerja pada kutu yang sudah resisten dengan pestisida lainnya.
  • Dessicants. Kutu tidak resisten dengan bahan kimia ini, tetapi efektivitasnya lambat.

Jika kasusnya terus berulang, sebaiknya Anda untuk memanggil petugas profesional pengendali hama. Tenaga profesional pengendali hama memiliki alat perlengkapan lebih lengkap dan obat pembasmi kutu lebih kuat sehingga bisa lebih efektif membasmi kutu busuk.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juli 31, 2018 | Terakhir Diedit: November 29, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca