Mengulik Philophobia, Ketika Seseorang Tidak Berani Jatuh Cinta

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 08/02/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Melihat sekian banyak orang yang kasmaran bahkan memiliki pasangan, tentu Anda akan berpikir bahwa semua orang pasti merasakan indahnya jatuh cinta. Sayangya, tidak demikian dengan orang yang mengidap philophobia. Alih-alih tertarik pada lawan jenisnya, beberapa orang tersebut justru takut jatuh cinta dan memiliki kekhawatiran terhadap dunia percintaan. Kok bisa, sih?

Kenapa ada orang yang takut jatuh cinta?

Cinta kerap didefinisikan sebagai suatu hal yang indah dan dapat menghanyutkan perasaan dalam sekejap. Namun, pernyataan tersebut bisa berbeda bila dijawab oleh seorang philophobia. Ya, philophobia adalah jenis fobia ketika seseorang merasa takut jatuh cinta, bahkan menganggap bahwa memiliki hubungan emosional dengan orang lain adalah suatu ketidakmungkinan.

Sebenarnya wajar saja jika Anda memiliki ketakutan atau kekhawatiran tertentu terhadap percintaan. Dengan catatan, hal tersebut masih dalam batas normal sehingga nantinya tidak akan menghalangi Anda untuk kembali jatuh cinta dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Akan tetapi, orang yang takut jatuh cinta justru merasa sebaliknya. Ketakutan yang dirasakan tersebut cenderung tidak masuk akal, bahkan dapat menimbulkan gejolak emosi yang kuat ketika tumbuh benih-benih cinta dalam diri pengidapnya.

Ada beberapa hal yang mendasari perasaan takut jatuh cinta ini, misalnya karena pernah mengalami trauma atau luka karena pengalaman percintaan di masa lalu, ungkap Scott Dehorty, selaku direktur dari Maryland House Detox di Amerika Serikat.

Perceraian orangtua, menyaksikan kedua orangtua bertengkar, serta menyaksikan atau mengalami kekerasan dalam rumah tangga sebelumnya juga dapat memicu munculnya perasaan takut jatuh cinta atau philophobia.

Itu sebabnya, pengidap fobia ini biasanya enggan untuk membuat komitmen yang lebih serius dengan orang lain. Sebab mereka akan selalu dibayang-bayangi oleh pikiran negatif terkait dengan hubungan yang gagal.

patah hati bikin tidak nafsu makan

Apa gejala yang muncul dari philophobia ini?

Masing-masing pengidap philophobia memiliki gejala yang berbeda-beda tergantung tingkat ketakutan yang dialaminya. Secara keseluruhan, tanda ketika seseorang takut jatuh cinta yaitu:

  • Muncul perasaan takut yang tidak masuk akal terhadap cinta
  • Sering menghindari kontak dengan lawan jenis
  • Mudah panik dan berkeringat saat mulai merasakan ketertarikan dengan orang lain
  • Detak jantung tidak teratur
  • Sulit bernapas dengan tenang
  • Mendadak mual
  • Keluar keringat berlebih seolah usai melakukan kegiatan berat

Serangkaian gejala philophobia tersebut muncul ketika reaksi emosional dan fisik turut terlibat saat mereka berpikir tentang jatuh cinta. Tak jarang, pengidap philophobia biasanya sadar dengan apa yang dirasakan, tetapi tidak mampu mengendalikan perasaannya sendiri.

agar tidak patah hati

Apakah philophobia bisa disembuhkan?

Philophobia mungkin terkesan agak aneh dan menakutkan, tapi jangan khawatir karena fobia ini sebenarnya dapat disembuhkan dengan perawatan yang tepat. Ada berbagai jenis perawatan yang nantinya akan disesuaikan kembali dengan tingkat keparahan fobia Anda.

1. Terapi

Jika kondisi yang dialami tergolong traumatis, rutin melakukan terapi dan konseling bersama terapis sedikit banyak dapat membantu mengatasi fobia takut jatuh cinta ini.

Misalnya terapi kognitif dan perilaku (CBT) yang dilakukan dengan mengubah pemikiran negatif terhadap fobia yang dialami. Pastikan juga Anda sudah memahami terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab utama fobia tersebut.

2. Konsumsi obat-obatan

Dalam kasus-kasus tertentu, dokter mungkin akan meresepkan obat antidepresan bila fobia yang dialami turut melibatkan masalah kejiwaan lainnya. Obat-obatan tersebut biasanya ditujukan untuk meredakan gejala dan membuat pengidap philophobia merasa lebih nyaman dalam beraktivitas.

3. Perubahan gaya hidup

Menerapkan gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, melakukan teknik pernapasan, serta relaksasi secara perlahan dinilai dapat membantu memulihkan fobia takut jatuh cinta.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Pedophobia, Ketakutan Terhadap Anak-Anak

Tingkah laku anak-anak kerap membuat tawa dan gemas bagi orang di sekitarnya. Namun, hal ini berbeda dengan para penderita pedophobia.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Psikologi 15/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Automatonophobia, Takut Pada Benda yang Mirip Manusia

Boneka banyak disenangi karena sosoknya yang menggemaskan. Namun, hal ini justru menjadi hal yang menyeramkan bagi penderita automatonophobia.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Psikologi 06/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Cherophobia Adalah Fobia yang Membuat Anda Takut Bahagia

Cherophobia adalah sebutan bagi orang yang mengalami rasa takut berlebihan terhadap rasa bahagia. Apa penyebab dan ciri-cirinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Psikologi 14/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Fobia Ular

Rasa takut pada ular sangatlah wajar, tapi ketakutan yang menjadi fobia dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Apa saja penyebab dan cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Psikologi 08/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cepat jatuh cinta

Psst, Jangan Buru-Buru Jatuh Cinta Nanti Jadi Cepat Benci!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 16/07/2020 . Waktu baca 5 menit
fenomena bucin budak cinta

‘Bucin’ Alias Budak Cinta, Fenomena Ketika Cinta Menjadi Candu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24/06/2020 . Waktu baca 7 menit
somniphobia

Mengenal Somniphobia, Ketika Seseorang Takut Akan Jatuh Tertidur

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 7 menit
ommetaphobia

Mengenal Ometaphobia, Ketika Seseorang Takut Berlebihan pada Mata

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020 . Waktu baca 4 menit