Tahukah Anda kelamin pada tubuh juga bisa dihinggapi kutil? Ya, kutil pada umumnya muncul pada bagian yang terbuka di tubuh manusia, tetapi kutil juga bisa tumbuh di bagian yang tertutup dan sensitif, di kelamin salah satunya. Apa yang menyebabkan munculnya kutil di kelamin? Mari simak penjelasan berikut ini.

Apa itu kutil di kelamin?

Kutil kelamin adalah penyakit kelamin yang mengakibatkan timbulnya benjolan kecil lembut di daerah kelamin Anda yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Ada lebih dari 100 jenis virus HPV yang umumnya dapat menyebabkan semua jenis kutil pada tangan, jari-jari, bahkan wajah.

Kutil di kelamin umumnya menyerang tidak pandang bulu, baik perempuan dan laki-laki bisa terkena, tapi biasanya perempuan lebih rentan terkena HPV genital ini. Kutil ini pertumbuhannya sangat lembut, pada awalnya tidak terdeteksi secara kasat mata, lama kelamaan akan muncul seiring diketahui dengan sentuhan. Tumbuhnya kutil di kelamin ini menimbulkan rasa sakit perih, cenderung tidak nyaman, dan gatal-gatal di area kelamin yang terdapat kutil. Mereka sangat berbahaya bagi perempuan karena beberapa jenis HPV juga dapat menyebabkan kanker serviks dan vulva.

Penyebab munculnya kutil di kelamin

Seperti yang disinggung di atas, penyakit ini disebabkan oleh virus HPV. Sebagai area yang lembab dan mudah basah, bagian kelamin menjadi tempat paling aman dan nyaman bagi virus tersebut. Terlebih, jika seorang mempunyai kelenjar keringat yang banyak dan tidak sedikit di bagian vital. Tentunya, kutil kelamin bukanlah sesuatu yang harus diremehkan. Selain karena hal tersebut, berikut merupakan kondisi fisik yang dapat menyebabkan kutil di kelamin berpotensi muncul:

  • Bagi penderita kencing manis atau diabetes mellitus yang mudah mengembangkan mikroorganisme di dalam organ vital.
  • Stress yang menyebabkan keringat keluar terus.
  • Imunitas tubuh yang menurun sehingga mudah terserang virus.

Kutil di kelamin ini menyebar melalui kontak fisik pada hubungan seksual. Dalam kebanyakan kasus, sistem kekebalan tubuh Anda yang baik akan membunuh virus HPV genital dan Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda “hampir” terkena kutil di kelamin. Penyebaran kutil di kelamin paling umum dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak kulit ke kulit. Hal ini biasanya aktivitas seksual seperti:

  • Penetrasi seks
  • Anal seks
  • Alat seks mainan (sex toys)
  • Oral seks (jarang terjadi, namun tetap bisa memengaruhi penyebaran kutil)

Kutil di kelamin tidak menular melalui ciuman, berpelukan atau berbagi handuk, pakaian dan barang-barang sehari-hari. Namun, kondom dapat membantu melindungi penis atau vagina terhadap penularan kutil kelamin.

Komplikasi akibat munculnya kutil pada kelamin

  • Kanker. Kanker serviks telah dikaitkan erat dengan infeksi HPV genital. Beberapa jenis HPV juga berhubungan dengan kanker vulva, kanker anus, kanker penis, dan kanker mulut dan tenggorokan. Virus papiloma pada manusia tidak selalu menyebabkan kanker, tapi wajib dan penting bagi wanita untuk melakukan pap smear secara teratur, terutama jika Anda telah terinfeksi dengan jenis risiko yang lebih tinggi dari HPV.
  • Infeksi pada masa kehamilan. Kutil kelamin dapat menyebabkan masalah selama kehamilan. Ketika kutil jadi membesar, ibu hamil sulit untuk buang air kecil. Kutil pada dinding vagina dapat mengurangi kemampuan jaringan vagina untuk meregang saat proses melahirkan. Kutil besar pada vulva atau di vagina dapat menyebabkan pendarahan saat proses mengejan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca