6 Manfaat Seks di Pagi Hari, Plus Tips Suksesnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Kebanyakan orang masih menganggap bahwa seks adalah ritual yang hanya bisa atau boleh dilakukan pada malam hari. Padahal, seks di pagi hari bukanlah hal yang mustahil. Memulai hari dengan bercumbu bersama pasangan bahkan bisa jadi penyemangat antigagal buat Anda menjalani kesibukan selama seharian penuh. Apalagi manfaat seks di pagi hari buat Anda dan pasangan?

Berbagai manfaat seks di pagi hari yang bisa diperoleh

Jika Anda dan pasangan pintar mengatur waktunya, seks di pagi hari bisa mendatangkan manfaat sebagai berikut:

1. Mengurangi pegal-pegal

Bukannya bangun tidur lebih semangat, Anda atau pasangan justru malah kecapekan atau pegal-pegal? Seks setelah bangun tidur bisa jadi obat mujarabnya.

Seks sebetulnya sama saja seperti olahraga kardio atau latihan peregangan otot yang membuat tubuh Anda terus bergerak aktif. Nah, keringat yang Anda dapatkan selama seks ternyata merangsang produksi hormon endorfin.

Endorfin adalah zat alami yang berfungsi mengurangi rasa sakit sehingga pegal-pegal tergantikan dengan badan yang terasa lebih enteng dan bugar. Sekali dayung, dua tiga pulau terlewati, ‘kan?

2. Menambah kemesraan

Saling memeluk, mencium, atau membelai lembut satu sama lain di pagi hari membantu tubuh memproduksi lebih banyak hormon oksitosin yang juga disebut sebagai hormon cinta.

Oksitoksin adalah senyawa kimia di otak yang mengontrol perasaan cinta, sayang, dan emosi positif lainnya. Dengan pelepasan hormon cinta ini, Anda akan merasa lebih nyaman, intim, dan terikat dengan satu sama lain.

Selain itu, seks pagi-pagi juga sekaligus menjadi cara yang baik untuk melampiaskan gairah yang terbendung sejak lama karena kadar hormon estrogen dan testosteron cukup tinggi di awal hari sehingga gairah seksual jadi lebih besar dan ereksi jadi lebih kuat.

Semakin bergairah, tentu performa Anda berdua di atas ranjang akan lebih mantap sehingga kepuasan fisik dan emosional setelah seks pun terasa lebih menguntungkan.

3. Memperbaiki mood

Produksi hormon endorfin dan senyawa oksitoksin dalam otak selama Anda berdua bercumbu terbukti membuat hari Anda jadi lebih menyenangkan.

Kombinasi keduanya dapat membantu membuat mood jadi lebih baik dan mengurangi gejala stres. Akibatnya, Anda berdua jadi tidak gampang terpengaruh stres dan cemas berlebihan selama menjalani kesibukan. Anda berdua juga jadi lebih semangat.

4. Meningkatkan daya ingat

Tak disangka, manfaat seks di pagi hari juga dapat dirasakan oleh otak. Sebuah studi dari Oxford University di Inggris pernah menyatakan bahwa seks berpotensi mendukung daya ingat Anda karena selama itu akan ada banyak sel-sel otak baru yang tumbuh. Proses peradangan otak juga akan berkurang karenanya.

Selain mengasah daya ingat, seks di pagi hari juga membantu Anda lebih fokus dan produktif untuk menyelesaikan semua pekerjaan dengan lebih efisien.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Seks sama seperti olahraga. Sama-sama membuat kita aktif bergerak dan memacu denyut jantung lebih cepat sehingga badan jadi berkeringat. Nah, melakukan aktivitas fisik yang mirip seperti kardio ini terbukti dapat membantu memperkuat metabolisme dan daya tahan tubuh.

 6. Mencegah penuaan

Semua hormon menguntungkan yang diproduksi otak selama Anda memadu kasih dengan pasangan dapat membantu mencegah penuaan. Manfaat seks yang menyenangkan, bukan?

Studi yang diberitakan pada laman BBC News menunjukkan bahwa orang yang melakukan seks 3 kali atau lebih dalam seminggu memiliki wajah yang tampak lebih muda daripada orang yang jarang bercumbu. Apalagi jika dilakukan di pagi hari, setelah Anda sudah tahu apa saja manfaatnya.

Tips sukses seks di pagi hari tanpa harus terburu-buru

Bagi pasangan yang ingin sesekali mencoba seks di pagi hari tapi tidak mau diburu-buru kewajiban lainnya, mungkin ada baiknya mencoba beberapa tips di bawah ini:

  • Pasang alarm sekitar 20 sampai 30 menit sebelum jadwal waktu bangun pagi Anda, agar cukup untuk Anda dan pasangan saling bercumbu.
  • Mulailah dengan foreplay seperti pelukan, sentuhan, ciuman, atau belaian sensual sebelum melakukan peneterasi.
  • Minta pasangan untuk langsung menargetkan sentuhan dan belaian pada area-area tubuh Anda yang sensitif agar Anda cepat terangsang. Begitu juga dengan Anda agar pasangan bisa cepat “panas”.
  • Jika terganggu dengan sinar pagi, Anda bisa melakukannya di bawah selimut atau menutup tirai jendela.
  • Pilih posisi yang aman dan tidak terlalu memakan banyak tenaga, misalnya misionaris klasik atau sambil duduk berpangkuan.
  • Coba juga variasi aktivitas seks lainnya seperti seks oral atau handjobs, jika tidak punya cukup waktu untuk penetrasi
  • Jika malu dengan bau mulut atau bau badan, Anda bisa mengajak pasangan untuk gosok gigi atau mandi bersama lebih dulu.

Umumnya, banyak pasangan melakukan hubungan seks di malam hari. Padahal, seks bisa juga dilakukan di pagi hari sebelum Anda berkutat dengan pekerjaan masing-masing. Bahkan manfaatnya akan lebih maksimal bila dilakukan di akhir pekan saat Anda dan pasangan sama-sama tidak sibuk.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Intip 6 Rahasia Seks Bergairah di Usia Senja

Seks pada lansia tetap dapat bergairah dengan 6 kunci rahasia ini. Meskipun tak lagi muda, kunci dari kenikmatannya ialah komunikasi dan kemesraan pasangan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Seks & Asmara 7 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Tips Seks Saat Liburan Agar Hubungan Semakin Harmonis

Waktu luang yang banyak saat liburan ternyata bisa diisi dengan kegiatan seru bersama pasangan, seperti seks. Seperti apa tips seks saat liburan?

Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 31 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

3 Tips Menikmati Seks Meski Punya Vaginismus

Wanita dengan vaginismus masih tetap bisa menikmati seks. Namun, memang perlu usaha lebih supaya seks bersama pasangan tetap nyaman dan menggairahkan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Seks & Asmara 27 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

4 Tips dan Trik Agar Bisa Cepat Klimaks Lewat Foreplay

Foreplay tanpa teknik hanyalah sebatas usap-usap tubuh menggelikan. Padahal, teknik bercumbu yang tepat bisa membantu Anda capai klimaks lebih cepat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 22 Mei 2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pasangan malu berhubungan intim

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
merangsang payudara

Bisakah Wanita Orgasme Hanya dengan Merangsang Payudara?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
seks rutin mencegah lansia

Hubungan Seks Secara Rutin Bisa Mencegah Pikun, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 15 April 2020 . Waktu baca 5 menit
menahan ejakulasi atau menunda ejakulasi

Sengaja Menahan Ejakulasi? Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit