5 Tanda Anda Sedang Terjebak Dalam Hubungan Tanpa Status

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Hubungan tanpa status (HTS) sudah bukan lagi fenomena aneh di tengah masyakarat. Dalih ingin mengekspresikan rasa cinta tapi takut atau belum siap berkomitmen menjadi dasar mengapa hubungan tanpa status tampak lebih menarik. Lantas, apakah Anda sedang terjebak dalam hubungan asmara ini? Untuk mengenalinya, berikut ciri-ciri hubungan tanpa status.

Ciri-ciri hubungan tanpa status

cinta bertepuk sebelah tangan

Hubungan tanpa status mungkin menjadi pilihan sebagian orang. Namun, tak jarang ada orang yang tidak sadar bahwa dirinya sedang terjebak dalam hubungan seperti ini. Agar lebih mudah mengenalinya, berikut ciri-ciri hubungan tanpa status yang perlu diketahui:

1. Tidak pernah membahas soal komitmen

Hubungan yang serius dibangun atas dasar komitmen di antara kedua belah pihak. Jika pasangan Anda tidak pernah membahas soal komitmen Anda perlu mempertanyakan keseriusan hubungan ini. Terlebih jika ditanya soal komitmen si dia selalu mengeluarkan kalimat sakti “jalanin saja dulu”.

Pasangan yang serius dengan Anda tentu akan paham kemana hubungan ini akan dibawa. Ini karena hubungan yang serius biasanya memiliki satu tujuan pasti. Oleh karenanya, tidak ada istilah “jalanin saja dulu” tanpa tahu arah hubungan.

2. Sebatas hubungan fisik

Tidaklah munafik ketika seseorang menyatakan ketertarikannya pada Anda karena faktor fisik. Namun setelah menjalani hubungan, fisik umumnya bukanlah yang utama dan jadi prioritas.

Dalam hubungan yang serius, hubungan emosional, sosial, dan spiritual jauh lebih penting dibandingkan dengan fisik. Namun, ketika pasangan justru lebih mementingkan hubungan fisik, keseriusannya perlu dipertanyakan karena hal ini bisa jadi ciri-ciri hubungan tanpa status.

Jika Anda tidak merasa keberatan dengan hal ini Anda boleh-boleh saja menjalaninya. Namun, jika Anda mengharapkan hubungan yang serius sebaiknya pikirkan kembali keinginan untuk meneruskan hubungan.

3. Sering hilang tanpa kabar

Salah satu masalah dan ciri-ciri utama yang kerap muncul saat menjalani hubungan tanpa status adalah hilang tanpa kabar. Dari yang tadinya intens, tiba-tiba pasangan mungkin hilang begitu saja tanpa satupun kabar darinya.

Anda tidak tahu kemana ia pergi dan kapan ia kembali. Dalam hubungan tanpa status, Anda tak bisa memaksanya untuk terus mengabari Anda. Pasalnya, Anda dan si dia tidak ada hubungan jelas yang membuatnya wajib selalu memberi kabar.

Hal ini tentu membuat resah apalagi jika perasaan Anda padanya sudah terlanjur dalam. Oleh karena itu, hubungan tanpa status bisa mengikis kebahagiaan Anda secara perlahan terutama jika si dia sudah berlaku seenaknya.

4. Hanya datang ketika butuh

Dalam hubungan tanpa status, tak jarang salah satu pihak hanya datang ketika butuh. Anda tak bisa marah karena memang tak ada komitmen yang mendasari hubungan ini untuk terus bisa dihubungi. Ciri-ciri ini cukup bisa dikenali jika Anda sudah cukup lama menjalani hubungan tanpa status dengan si dia.

Bisa jadi salah satu pihak hanya datang ketika ia membutuhkan bantuan atau sedang haus kasih sayang. Semua ini sangat mungkin terjadi dalam hubungan tanpa status. Sekarang coba ingat-ingat, apakah pasangan Anda melakukan hal ini?

5. Hanya salah satu pihak yang berusaha lebih

Dalam hubungan yang sehat idealnya dua orang yang berkomitmen saling berusaha untuk membahagiakan satu sama lain. Sayangnya, hal ini kerap tidak terjadi dalam hubungan tanpa status. Terkadang ada salah satu pihak yang berusaha lebih sedangkan pihak lainnya hanya menerima saja tanpa memberi.

Jika Anda sedang mengalaminya tentu hal ini melelahkan bukan? Oleh karena itulah hubungan tanpa status kurang sehat untuk dijalani.

6. Tidak dikenalkan pada orangtua dan teman

Hubungan tanpa status biasanya kerap disembunyikan dari orang terdekat. Artinya,dalam hubungan ini baik salah satu atau kedua pihak biasanya tidak mau mengenalkan pasangannya pada teman dan orangtua. Ini karena hubungan dianggap hanya sekadar main-main dan menganut prinsip “jalanin saja dulu”.

Pasalnya, mengenalkan pasangan pada orangtua dan teman dianggap selangkah lebih serius. Oleh karenanya, hal ini seringkali tidak dilakukan oleh mereka yang berada dalam hubungan tanpa status.

Jika ternyata ciri-ciri hubungan tanpa status ini ada dalam kedekatan yang sekarang sedang dijalani, semua pilihan ada di tangan Anda. Tentukan pilihan apakah ingin melanjutkan atau berhenti sampai di sini.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca