4 Cara Menghindari Perselingkuhan Akibat Godaan Orang Ketiga

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Godaan dari orang ketiga adalah salah satu awal dari perselingkuhan. Namun, dari godaan tersebut Anda bisa memilih, apakah melanjutkan hubungan terlarang tersebut atau tidak. Supaya tidak merusak hubungan Anda, ada beberapa cara untuk menghindari perselingkuhan.

Cara menghindari perselingkuhan akibat godaan orang ketiga

poliamori dan selingkuh

Hampir setiap orang tertarik dengan orang lain yang lebih menarik, entah itu ketika dalam kondisi lajang ataupun sudah memiliki pasangan. Tidak dapat dipungkiri hal tersebut adalah sifat yang sangat manusiawi. 

Namun, yang membuatnya menjadi tidak diterima di masyarakat adalah ketika Anda memutuskan untuk memenuhi rasa penasaran tersebut. 

Misalnya, Anda sudah memiliki pasangan dan bertemu dengan orang lain yang mungkin memiliki kesamaan dan jauh lebih menarik. Tidak jarang, rasa tertarik tersebut berlanjut menjadi penasaran yang akhirnya membuat Anda mencari tahu lebih lanjut seperti apa orang tersebut. 

Bahkan, ketika Anda berusaha mendekatinya, bak gayung yang disambut, orang tersebut menanggapi rasa penasaran. Akhirnya, benih-benih ‘perselingkuhan’ pun mulai tumbuh dan sering berakhir dengan mengkhianati pasangan Anda saat ini. 

Supaya hal ini tidak terjadi pada hubungan Anda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari perselingkuhan akibat godaan orang ketiga.

1. Menghindari orang tersebut

setlah ketahuan selingkuh

Salah satu cara menghindari perselingkuhan karena godaan orang ketiga adalah dengan menghindari orang tersebut. 

Misalnya, pemabuk yang mencoba untuk mengurangi konsumsi alkoholnya mungkin akan menghindari bar atau tempat serupa agar tidak minum alkohol. Hal ini dikarenakan ketika bertemu dengan sumber godaan itu hanya akan memberikan Anda celah untuk menghindari kesalahan. 

Jika orang ketiga tersebut berasal dari lingkungan kantor mungkin akan sulit untuk tidak berinteraksi dengannya. 

Tidak perlu langsung melakukan hal yang ekstrem, seperti pindah kantor atau memusuhinya. Anda bisa mulai dengan lebih jarang bertemu atau menghindari mengobrol dengan orang tersebut.

Intinya, dengan jujur kepada diri sendiri bahwa orang ini adalah sumber godaan adalah awal yang baik untuk menghindari sebuah perselingkuhan. . 

2. Mengingatkan diri sendiri apa konsekuensinya

Selain menghindari orang tersebut, cara menghindari perselingkuhan lainnya adalah sering mengingatkan diri sendiri apa konsekuensi dari selingkuh. 

Berselingkuh adalah salah satu perilaku yang menyakitkan orang lain dalam sebuah hubungan. Kondisi ini kerap terjadi ketika Anda berusaha untuk melarikan diri dari masalah dan kenyataan hubungan. 

Selain menyakiti orang yang tentunya Anda cintai, perilaku ini dapat membentuk pribadi Anda di mata orang lain menjadi tidak dapat dipercaya.

Ada beberapa orang yang percaya bahwa mereka hanya melakukan perselingkuhan satu kali ini saja. Setidaknya sekadar mencoba-coba mengalihkan perhatian sebentar dari hubungan mereka. 

Padahal, sama seperti orang yang sedang diet dan ingin mencoba makanan yang seharusnya dilarang. Hari ini dicoba, esok atau lusa mungkin akan menggunakan alasan yang sama untuk mengulangi perbuatannya. 

Oleh karena itu, menghindari perselingkuhan mungkin dapat berhasil jika Anda sering mengingatkan diri apa dampaknya pada hubungan dan diri sendiri. 

3. Minta bantuan ke teman terdekat

mitos tentang perselingkuhan

Minta bantuan pada teman terdekat ternyata juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari perselingkuhan akibat godaan orang ketiga. 

Menurut Mark D. White dari Psychology Today, dukungan dari teman atau orang terdekat, selain pasangan ternyata cukup membantu. Biasanya, cara ini sering dilakukan pada orang-orang yang kecanduan alkohol dan mendatangi perkumpulan orang yang bernasib sama. 

Cobalah untuk menemukan seseorang yang bisa Anda ajak terbuka dan paham mengapa perselingkuhan ini begitu menggoda. Bahkan, jika teman Anda adalah orang yang sangat sabar mungkin menghubunginya setiap ada peningkatan juga dapat membantu. 

Dengan begitu, mereka pun dapat mengetahui perkembangan dari menghindari perselingkuhan dan mencoba mengembalikan Anda ke ‘jalur’ yang benar. 

4. Tetap jujur kepada pasangan

memaafkan pasangan yang selingkuh

Kunci utama dari cara menghindari perselingkuhan adalah menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan. Salah satunya dapat Anda lakukan dengan jujur kepada pasangan

Walaupun mungkin akan sulit dilakukan, kejujuran setidaknya merupakan pondasi utama dari hubungan yang sehat. 

Pasangan memang adalah orang terakhir yang ingin Anda bicarakan terkait godaan ini. Namun, ketika Anda merasa sudah tidak dapat menahan godaan tersebut dan akan menyakiti pasangan mungkin memberitahunya dapat mengurangi godaan tersebut. 

Awalnya, pasangan mungkin tidak menerima keadaan tersebut dan terluka, tetapi mungkin seiring dengan berjalannya waktu ia merasa berterima kasih atas kejujuran Anda. Apakah hubungan tersebut harus mengalami perubahan atau justru berakhir itu adalah keputusan Anda dan pasangan. 

Keempat cara menghindari perselingkuhan di atas sebenarnya bisa berhasil jika Anda benar-benar berniat untuk menghindari godaan tersebut. Godaan untuk mengkhianati pasangan dan menghancurkan hubungan yang sudah dibangun selama ini. Intinya, semuanya kembali lagi kepada Anda.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 9, 2020 | Terakhir Diedit: Februari 7, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca