Pernah Selingkuh Tapi Tidak Ketahuan, Perlukah Jujur ke Pasangan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mendua atau selingkuh awalnya memang terasa indah dan manis, tetapi lama-kelamaan ini tentu saja tidak akan membawa kebahagiaan. Lantas, jika pernah selingkuh namun tak sempat ketahuan oleh pasangan, perlukah mengaku? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Perlukah mengaku bahwa Anda pernah selingkuh?

menghindari selingkuh

Bagi kebanyakan orang, ketika pasangannya selingkuh, hal itu sudah cukup membuktikan bahwa mereka memang tidak pantas untuk dipertahankan. Akan tetapi, tidak jarang pula ada yang memaafkan dan memberikan kesempatan kedua. 

Kondisi itu biasanya bisa terjadi bila Anda ketahuan selingkuh, mengaku, dan meminta maaf. Lain halnya jika Anda memutuskan mengubur rahasia tersebut dalam-dalam karena takut menyakiti pasangan Anda. Toh, pasangan Anda tak tahu, pikir Anda.

Menurut seorang psikolog sebagaimana dilansir dari Psychology Today, memberi tahu pasangan mengenai perselingkuhan Anda adalah pilihan pribadi.

Apakah Anda bersedia untuk mengambil risiko yang cukup membahayakan hubungan akibat ulah Anda sendiri? Kalaupun tidak mengaku, mungkin akan muncul perasaan tidak tenang dalam diri Anda.

Hubungan yang sehat didasari kepercayaan

mitos tentang perselingkuhan

Walaupun Anda memilih untuk menyimpan rahasia dan memutuskan untuk tidak mengaku bahwa pernah selingkuh, ingatlah bahwa hubungan yang sehat didasari dengan kepercayaan. 

Ketika mengaku bahwa Anda pernah selingkuh, pasangan mungkin akan sulit menerima pada awalnya. Namun, kejujuran adalah salah satu hal yang paling penting dalam sebuah hubungan.

Kunci untuk memperbaiki hubungan yang rusak adalah dengan tidak merahasiakan apa pun dari pasangan Anda, apalagi setelah selingkuh. Walaupun hasilnya tidak akan instan, pada akhirnya mungkin pasangan Anda akan luluh dengan usaha Anda. 

Mungkin mengaku pada pasangan bahwa Anda telah selingkuh akan terasa sulit. Namun, bila Anda benar-benar menyayanginya dan ingin menyelamatkan hubungan, fase ini harus dilewati demi mempertahankan apa yang Anda miliki. 

Memperbaiki hubungan setelah ketahuan selingkuh

Selain jujur, meminta maaf, dan menyesali perbuatan, Anda harus melakukan beberapa hal agar setidaknya pasangan Anda mampu memberikan kepercayaan lagi setelah Anda mengaku telah selingkuh. 

1. Mengakhiri perselingkuhan

pacaran lama putus

Setelah Anda sadar bahwa selingkuh adalah sebuah kesalahan, mengakhiri hubungan terlarang tersebut adalah awal yang baik. Anda mungkin sudah mengakhiri hubungan Anda dengan selingkuhan, tetap masih menyimpan nomornya.

Jika perlu, memutus kontak dan menghapus apa pun yang berhubungan dengan selingkuhan Anda boleh dilakukan. Hal ini menghindarkan Anda dari kemungkinan tergoda menghubungi kembali.

Anda harus fokus untuk memperbaiki hubungan dengan pasangan Anda. Cobalah untuk mencari cara agar hati pasangan Anda luluh dan setidaknya mau membuka pintu maaf. 

2. Membiarkan pasangan melampiaskan perasaannya

bertengkar dengan pacar

Perselingkuhan yang Anda lakukan tentu akan memberikan dampak yang cukup besar dalam hubungan dan pasangan Anda. Mengaku bahwa Anda telah selingkuh akan mengubah hubungan yang telah terjalin.

Tidak menutup kemungkinan pasangan Anda akan menjadi cepat marah dan mudah curiga terhadap tindak tanduk Anda. 

Anda mungkin harus memaklumi hal tersebut karena ini bagian dari konsekuensi setelah Anda selingkuh dan mengaku padanya.

Berikan waktu dan ruang agar pasangan Anda dapat lebih tenang. Jadikan pula ini sebagai kesempatan bagi Anda menunjukkan keseriusan terhadap hubungan ini. 

3. Memulai kebahagiaan dari awal lagi

quality time dengan pasangan

Maksudnya kebahagiaan dari awal adalah Anda dapat menciptakan suasana seperti ketika Anda berdua jatuh cinta dulu.

Perlakukan pasangan Anda dengan baik dan ingatkan pasangan masa-masa ketika Anda berdua sangat bahagia. Ingat, kebahagiaan bukan ditemukan, tetapi diciptakan melalui kenangan Anda dan pasangan. 

Pada akhirnya, memang bergantung pilihan Anda pribadi mau mengaku telah selingkuh atau tidak pada pasangan. Akan tetapi, fondasi hubungan yang baik adalah kepercayaan dan kejujuran.

Keduanya saling berkaitan dan merusak salah satu dari elemen tersebut justru akan membawa hubungan ke garis akhir.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ini Alasan Orang yang Sering Menangis, Justru Mentalnya Sekuat Baja

Ketika lain kali Anda diledek cengeng karena sering menangis, katakan dengan lantang bahwa menangis adalah tanda orang yang sehat dan bermental baja

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Stres dan Depresi 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Laki-laki yang Hobi Selingkuh Ternyata Punya IQ Rendah

Penelitian menunjukkan bahwa suami yang suka selingkuh punya IQ yang lebih “jongkok” daripada pria lainnya. Apa hubungannya antara kecerdasan dan kesetiaan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 9 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Bagi korban KDRT, meninggalkan pasangan yang abusive tak semudah itu. Ini dia alasan korban KDRT bertahan meski hubungannya sarat kekerasan dan kekejaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Waktu Bercinta Terbaik Bagi Pasangan Usia 20, 30, dan 40-an

Waktu bercinta yang paling ideal ternyata bisa berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung usia Anda dan pasangan. Apa alasannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Seksual, Tips Seks 19 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hubungan tak direstui

Lakukan 5 Hal Ini Saat Cinta Anda Tak Direstui Orangtua

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
pasangan selingkuh

3 Tips Mempertahankan Hubungan Setelah Pasangan Selingkuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 21 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
membantu pasangan depresi

10 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk Membantu Pasangan Mengatasi Depresi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 9 Februari 2021 . Waktu baca 10 menit
break pacaran

Break Pacaran Ternyata Bermanfaat, Asal Anda Mengikuti 3 Syarat Ini

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 4 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit