home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Memiliki Minat yang Sama dengan Pasangan, Penting atau Tidak?

Memiliki Minat yang Sama dengan Pasangan, Penting atau Tidak?

Menjalani sebuah hubungan dengan pasangan yang tidak memiliki kesamaan sama sekali mungkin akan sulit sekaligus menantang. Anda mungkin akan kesulitan mencari topik pembicaraan atau menghabiskan waktu bersama karena perbedaan yang ada. Namun, apakah memiliki kesamaan dengan pasangan menjamin bahwa hubungan dapat berjalan dengan lancar dan adem ayem? Simak ulasannya berikut ini.

Pentingkah memiliki kesamaan dengan pasangan?

kunci penting agar tercipta hubungan yang sehat

Pada umumnya, memiliki kesamaan dalam hubungan adalah salah satu alasan yang membuat Anda dapat berkomitmen dengan pasangan, misalnya saja visi yang sama. Walaupun tidak semua hubungan berkomitmen didasarkan pada minat serupa, kesamaan ini dapat membantu Anda berdua melewati masa-masa sulit.

Selain itu, memiliki hubungan dengan dasar persamaan memang cenderung bertahan lebih lama. Seperti yang dilansir dari Center Stone, salah satu rahasia dari hubungan yang langgeng adalah memiliki kesamaan dengan pasangan.

Hal tersebut dikarenakan ketika Anda menghabiskan waktu bersama pasangan, tentu Anda atau pasangan akan mencari apa yang Anda berdua sukai dan melakukannya bersama-sama.

Misalnya, Anda berdua menyukai konser musik dan menontonnya bersama dapat membuat hubungan Anda berdua menjadi lebih kuat. Selain itu, Anda tidak perlu terlalu pusing mencari aktivitas seru apa yang bisa dilakukan berdua.

Kesamaan dengan pasangan tak menjamin langgengnya hubungan

kena ghosting

Kesamaan dengan pasangan ternyata tidak menjadi jaminan bahwa hubungan Anda akan awet. Hobi, minat, dan sifat yang sama bukan berarti Anda berdua tidak akan menemukan masalah yang bisa membuat hubungan tersebut berakhir.

Pada sebuah penelitian tahun 2017 menunjukkan bahwa kesamaan tersebut akan sangat berpengaruh pada awal hubungan saja, alias bulan-bulan pertama Anda berdua memulai hubungan. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu ada aspek lain yang membuat hubungan bertahan lama.

Hasil dari penelitian tersebut memperlihatkan bahwa pada fase-fase tertentu perbedaan sifat dan minat justru akan membantu mereka dalam menghadapi sebuah masalah. Masih ada hal lain yang membuat fondasi dalam hubungan lebih kuat, di luar kesamaan yang dimiliki.

Kesamaan dengan seseorang mungkin penting dalam tahap pengenalan, tetapi menjadikannya sebuah syarat dalam hubungan mungkin bukan pilihan yang bijak.

Hubungan yang kuat tidak harus selalu didasari minat yang sama

pasangan beda usia jauh

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kesamaan dengan pasangan bukanlah satu-satunya hal yang menjamin hubungan Anda akan langgeng. Komunikasi dan kepercayaanlah yang justru menjadi fondasi hubungan yang kuat. Memiliki minat yang sama sebenarnya hanyalah bonus agar Anda memiliki alasan lain untuk mempertahankan hubungan tersebut.

Faktor lain yang dapat membuat hubungan Anda bertahan lama adalah kasih sayang, perhatian, dan perasaan saloing menghormati satu sama lain. Ketiga aspek tersebut lebih penting dibandingkan kesamaan yang Anda miliki dengan pasangan.

Ketika hubungan mulai goyah, cobalah untuk tidak mengandalkan kesamaan dengan pasangan sebagai alasan untuk tetap bersama. Sebaiknya, Anda perlu memperbanyak komunikasi untuk meningkatkan kualitas yang Anda dan pasangan miliki.

Memiliki hal yang sama-sama Anda minati bersama pasangan mungkin amat menyenangkan pada awal perkenalan Anda. Namun, menjadikannya sebagai dasar Anda menjalin hubungan bukan pilihan tepat.

Komunikasilah yang perlu Anda pertahankan dan tingkatkan agar Anda dan pasangan saling memahami. Dengan begitu, impian Anda untuk memiliki hubungan yang langgeng pun bisa tercapai.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Lampis, Jessica, et al. “Personality Similarity and Romantic Relationship Adjustment During the Couple Life Cycle.” The Family Journal, vol. 26, no. 1, Jan. 2018, pp. 31–39, doi:10.1177/1066480717741689.

Six secrets of great relationship https://centerstone.org/our-resources/health-wellness/six-secrets-of-great-relationships/ accessed July 30 2019

Do we put too much weight on shared interests when dating? https://www.psychologytoday.com/us/blog/maybe-its-just-me/201609/do-we-put-too-much-weight-shared-interests-when-dating accessed July 30 2019

The only thing you need to find in a partner https://www.psychologytoday.com/us/blog/maybe-its-just-me/201408/the-only-thing-you-need-find-in-partner accessed July 30 2019. 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 17/06/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x