5 Manfaat Makan Mentimun di Malam Hari untuk Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 13/04/2020
Bagikan sekarang

Ketika rasa lapar melanda di malam hari, memilih camilan tentunya tidak boleh sembarangan jika Anda tak mau berat badan naik. Agar lebih menyehatkan, makan buah-buahan dapat menjadi pilihan yang tepat. Salah satunya adalah mentimun yang kaya manfaat dan dapat dimakan pada malam hari.

Selain menyegarkan, mengganti camilan di malam hari dengan makan mentimun juga menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh Anda, lho.

Manfaat makan mentimun di malam hari

Biasa hanya menjadi makanan pendamping nasi goreng atau dimakan sebagai lalapan, Anda mungkin akan mulai tertarik memakan mentimun sebagai camilan setelah mengetahui berbagai manfaat berikut ini.

Mentimun mengandung antioksidan

makan mentimun malam hari
Sumber: Silver Cuisine Blog

Mentimun mengandung antioksidan, termasuk di antaranya adalah flavonoid, tanin, dan triterpen. Antioksidan merupakan zat kimia yang akan bantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Perlu diketahui, tingginya kadar radikal bebas dalam tubuh akan menyebabkan stres oksidatif yang bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti kanker dan penyakit autoimun.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah dan sayur yang kaya antioksidan seperti mentimun akan menjauhkan Anda dari risiko tersebut.

Mentimun jauhkan tubuh dari masalah dehidrasi

penyebab dehidrasi

Satu buah mentimun terdiri atas sekitar 96% air. Air sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.

Air bantu melancarkan penyebaran nutrisi dan pembuangan zat-zat sisa yang tidak diperlukan dari dalam tubuh. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, kinerja fisik dan sistem metabolisme bisa bekerja lebih optimal.

Mentimun bantu jaga berat badan

berat badan setiap bulan

Mungkin Anda khawatir camilan yang Anda makan di malam hari akan meningkatkan berat badan, tapi Anda tak perlu khawatir jika yang dimakan adalah buah mentimun.

Pasalnya meski mengandung banyak air, mentimun hanya mengandung 14 kalori yang memakan kurang dari satu persen dari keseluruhan kalori yang dibutuhkan per hari.

Justru dengan kandungan airnya, mentimun bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan itulah mentimun membantu Anda untuk makan dengan porsi yang lebih terbatas.

Bahkan karena kepadatan energi yang dimiliki tergolong sangat rendah, mentimun dapat memudahkan Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Mentimun kendalikan kadar gula darah

alat tes gula darah

Ternyata, buah mentimun juga memiliki potensi untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini terlihat pada penelitian yang diterbitkan di Journal of Scientific Research.

Penelitian dilakukan dengan memberikan potongan mentimun pada sekelompok tikus diabetes. Hasilnya, tikus yang mengonsumsi lebih banyak mentimun berhasil menurunkan kadar glukosa dalam tubuh.

Penelitian lainnya yang dilakukan dengan tabung reaksi juga menunjukkan kemungkinan mentimun sebagai buah yang bisa mengurangi stres oksidatif terkait dengan komplikasi diabetes.

Meski demikian, masih harus dilakukan penelitian lanjutan untuk benar-benar membuktikannya.

Mentimun lancarkan pencernaan

sistem pencernaan

Terkadang ketika rasa lapar mendera saat malam hari, Anda mungkin cenderung menginginkan makanan yang manis atau yang tinggi garam. Tak jarang makanan tersebut juga malah membuat Anda sakit perut dan susah buang air besar keesokan harinya.

Mengganti menu camilan Anda di malam hari dengan mentimun tidak hanya mengurangi keinginan untuk makan makanan tak sehat, tapi juga membantu melancarkan pencernaan.

Dengan kandungan seratnya, mentimun akan membantu pergerakan usus saat mencerna makanan yang nantinya dapat membuat buang air besar jadi lebih teratur.

Sebelum makan mentimun yang kaya manfaat di malam hari

Mentimun memang menyegarkan dan memberi berbagai manfaat untuk tubuh. Namun, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi mentimun dalam jumlah yang berlebih.

Seperti yang sudah dijelaskan, mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Makan mentimun dalam jumlah banyak pada malam hari mungkin akan membuat Anda merasa tak nyaman ketika tidur karena bisa saja memunculkan keinginan untuk buang air kecil.

Untuk mencegahnya, sebaiknya Anda tidak meminum terlalu banyak air setelah makan mentimun di malam hari.

Bagi Anda yang sedang menjalani pengobatan diabetes juga tidak disarankan makan mentimun. Pasalnya, mentimun dapat menurunkan kadar gula Anda.

Jika Anda mengonsumsi mentimun terlalu banyak saat pengobatan, bisa saja kadar gula darah langsung merosot turun, hal inilah yang nantinya akan berisiko terhadap komplikasi diabetes seperti hipoglikemia.

Konsultasikan kembali kepada dokter untuk mengetahui menu makanan yang tepat bila Anda memilki kondisi kesehatan tertentu seperti alergi dan sebagainya.

Makan mentimun di malam hari memang menyehatkan, tapi tetap harus dikontrol ya!

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Benar Wanita Tidak Boleh Makan Timun Saat Sedang Haid?

Apakah Anda sering mendengar mitos tentang tidak boleh makan timun saat haid? Memang apa efek yang mungkin terjadi? Simak penjelasan ilmiahnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari

Makan Timun Saat Hamil Ternyata Banyak Manfaatnya

Untuk Anda yang hamil, pasti sibuk mencari nutrisi yang baik untuk Anda dan buah hati di dalam kandungan. Makan timun saat hamil ternyata banyak manfaatnya.

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari

4 Manfaat Kulit Timun yang Tidak Anda Duga

Makan timun dengan kulitnya adalah selera pribadi. Namun, tahukah Anda bahwa kulit timun sebenarnya menyimpan nutrisi yang tak kalah penting dari dagingnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

7 Alasan Kenapa Anda Harus Rutin Minum Air Timun

Selain diolah jadi hidangan yang lezat, timun juga bisa disajikan sebagai minuman segar. Khasiat air timun pun sangat banyak bagi kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat mentimun

5 Manfaat Mentimun untuk Kulit Wajah, Patut Dicoba!

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 28/03/2020
timun untuk mata

Cara Pakai Timun untuk Kulit Sekitar Mata Agar Hasilnya Maksimal

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 27/06/2019

5 Resep Minuman Segar Saat Cuaca Panas Menyerang

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 21/11/2018
manfaat timun untuk hipertensi

Makan Timun Ternyata Bisa Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 26/10/2017