Berapa Kalori yang Diperlukan Jika Ingin Menambah Berat Badan?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Siapa yang bilang bahwa menambah berat badan itu mudah? Bagi sebagian orang yang mempunyai postur kurus, menambah berat badan adalah hal yang cukup sulit dan membutuhkan usaha yang besar. Sama saja seperti menurunkan berat badan, dalam upaya agar berat badan naik, kalori yang ada di dalam makanan adalah masalah yang utama. Meningkatkan berat badan berarti harus menambah kalori harian Anda. Lalu berapa banyak kalori yang harus ditambahkan untuk menaikkan berat badan?

Bagaimana cara mengetahui jika Anda perlu menambah berat badan?

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya ia memiliki berat badan yang kurang atau kurus. Selama ini, perhatian kita memang lebih banyak pada orang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas. Padahal berat badan yang kurang juga merupakan masalah gizi dan akan mempengaruhi kesehatan. Oleh karena itu penting bagi orang dengan berat badan yang kurang, melakukan upaya untuk menaikkan berat badannya.

Jika Anda merasa kurus, cobalah untuk menghitung indeks massa tubuh (IMT) Anda agar memastikan hal tersebut. Mengitung IMT bisa dilakukan dengan mengetahui tinggi badan serta berat badan Anda saat ini. Kemudian, berat badan Anda saat ini dibagi dengan tinggi badan kuadrat dalam ukuran meter.

Seseorang yang dinyatakan mengalami underweight atau kekurangan berat badan bila IMT-nya kurang dari 18,5 kg/m2. Apabila IMT Anda kurang dari batas yang telah ditentukan, sebaiknya Anda merencanakan program untuk menaikkan berat badan.

Agar berat badan naik, salah satu upaya yang diandalkan adalah dengan meningkatkan asupan serta memperbanyak porsi makan agar lebih banyak kalori yang masuk. Tapi sebenarnya seberapa banyak kalori yang dibutuhkan seseorang yang ingin menaikkan berat badannya?

Berapa kebutuhan kalori saya dalam sehari?

Sebelum mengetahui berapa banyak kalori yang harus ditambahkan agar berat badan naik, Anda harus mengerti dulu kebutuhan kalori standar yang Anda butuhkan. Setiap orang mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Kebutuhan ini tergantung dengan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, serta aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari.

Contohnya saja, seorang laki-laki dewasa (20-59 tahun) mempunyai berat badan sebesar 62 kg dengan tinggi 165 cm, aktivitas fisik yang dilakukannya sehari-hari tergolong tingkat sedang. Maka laki-laki tersebut membutuhkan kalori sekitar 3000 kalori per hari. Berbeda dengan wanita dengan usia dan aktivitas fisik sama, dengan berat badan 54 kg dan tinggi 156 cm, kalori yang dia butuhkan hanya sebesar 2250 kalori.

Perhitungan kalori bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi, perhitungan secara online, atau Anda dapat melakukannya di sini. Untuk mengetahui kebutuhan kalori yang tepat Anda bisa mendiskusikannya dengan ahli gizi atau tenaga medis.

Berapa kalori yang dibutuhkan untuk menambah berat badan?

Menambahkan kalori adalah hal yang harus dilakukan oleh seseorang yang ingin menambah berat badan. Penambahan kalori yang aman yaitu sekitar 500-1000 kalori per hari untuk mendapatkan kenaikan berat badan sebanyak 1 kg dalam seminggu. Memang setiap orang akan mendapatkan hasil yang berbeda-beda. Apabila Anda tidak mengalami perubahan berat badan dalam satu minggu meskipun telah menambahkan kalori per hari, maka tambahkan lagi sekitar 100-250 kalori dan lihat hasilnya di akhir minggu.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda di awal program dalam menambah berat badan, cobalah untuk menambahkan kalori sebanyak 500 kalori dahulu ke dalam kebutuhan harian Anda. Jika memang tidak berhasil, baru tambahkan kalori lagi secara bertahap hingga penambahan mencapai 1000 kalori.

Kalori yang bertambah akan membuat pola makan Anda berubah, karena itu memang penambahan harus dilakukan secara bertahap agar tidak membuat sistem pencernaan kaget dan menimbulkan gangguan pencernaan.

Selain itu, untuk mencegah timbulnya masalah pada perut, Anda bisa membagi semua kalori tersebut ke dalam porsi yang lebih kecil dalam 5-6 kali makan. Misalnya, kebutuhan kalori setelah ditambahkan sebesar 3000 kalori, maka setiap kali makan berat seperti sarapan, makan siang, dan makan malam, kalori yang harus Anda habiskan sebanyak 750 kalori per waktu makan. Sedangkan kalori sisanya, dapat Anda alihkan untuk makanan ringan di pagi hari menjelang siang sebanyak 375 kalori dan siang menjelang sore sebesar 375 kalori juga.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Hati-hati jika punya riwayat penyakit ginjal kronis atau akut. Komplikasinya bisa merambat sampai otak, disebut dengan ensefalopati uremikum.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Urologi, Ginjal 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Lama-lama, seks bisa jadi membosankan. Apakah artinya sudah tak saling cinta lagi? Bisakah hubungan suami istri terasa nikmat seperti dulu lagi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Anda sering melihat bullying tapi tidak tahu harus berbuat apa? Anda ingin menolong korban tapi takut? Cari tahu di sini apa yang harus Anda lakukan!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Psikologi 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Seks dengan Lampu Menyala

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kebugaran jantung

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
pasangan malu berhubungan intim

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
cedera kaki pakai tongkat kruk

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit