Anda disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 5 porsi buah-buahan dan sayuran setiap hari. Hal ini membantu memenuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Saat Anda mempunyai penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, vitamin dan mineral serta serat yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Terutama, buah yang mengandung kalsium, magnesium, atau kalium adalah buah yang dianjurkan untuk para penderita tekanan darah tinggi.

Berikut ini merupakan beberapa buah untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi:

Kiwi

Ini merupakan salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita tekanan darah tinggi. Mengapa? Karena dalam satu buah kiwi terkandung 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium. Ketiga mineral yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda, ternyata terkandung dalam buah ini.

Selain mengandung ketiga mineral tersebut, buah kiwi juga kaya akan vitamin C yang bersifat antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu tubuh Anda dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh. Walaupun rasanya agak sedikit masam, namun ternyata buah ini mempunyai manfaat yang sangat menguntungkan bagi Anda. Lalu, mengapa tidak Anda masukkan buah ini ke dalam daftar buah yang harus Anda konsumsi setiap hari?

BACA JUGA: Diet DASH dan Manfaatnya Pada Tekanan Darah Tinggi

Pisang

Buah lain yang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda adalah pisang. Nah, ini merupakan buah yang sangat terjangkau dan mudah Anda temukan. Pasti Anda tidak asing lagi dengan buah ini sebagai makanan pencuci mulut. Satu buah pisang ukuran sedang ternyata mengandung 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang Anda butuhkan setiap hari.

Selain untuk menurunkan tekanan darah, pisang juga mampu membantu menurunkan kadar hormon stres dalam darah. Untuk itu, mulailah konsumsi pisang setiap hari setidaknya 1 buah sebagai sarapan atau makanan selingan Anda.

Alpukat

Buah ini selain kaya akan lemak baik, juga kaya akan vitamin dan mineral yang mampu membantu menurunkan tekanan darah. Satu setengah buah alpukat dapat menyediakan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang Anda butuhkan. Selain kaya akan mineral dan lemak baik tersebut, alpukat juga mengandung karotenoid yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Saat mengupas alpukat, sebaiknya kupaslah dengan hati-hati. Mengapa? Karena ternyata kandungan berbagai senyawa yang baik ini berada tepat di bawah kulit alpukat.

Buah berry

Pasti Anda sudah mengenal strawberry, blueberry, dan raspberry bukan? Nah, ternyata buah-buahan berry ini sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah Anda. Buah berry, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid. Senyawa flavonoid ini, menurut salah satu penelitian, dapat mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi) dan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA: Makan Buah Sebaiknya Sebelum Atau Setelah Makan?

Buah bit

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal American Heart Association menunjukkan bahwa konsumsi jus bit dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian yang dilakukan oleh Queen Mary University of London ini menjelaskan bahwa kandungan nitrat dalam buah bit dapat meningkatkan kadar gas nitrat oksida dalam sirkulasi darah sehingga membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Penelitian lainnya yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2013 juga menunjukkan bahwa tekanan darah sistolik partisipan yang minum jus bit dan apel dapat menurun setelah 6 jam, terutama pada partisipan pria. Kandungan nitrat dalam buah bit ini ternyata memang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Anda bisa mengonsumsi buah bit dalam berbagai cara, misalnya dibuat jus, ditambahkan pada sereal sarapan Anda, dipanggang bersama sayuran, dibuat salad, dan sebagainya.

Delima

Pasti Anda sudah sering mendengar nama buah ini belakangan ini melalui televisi, sering disebut juga sebagai pomegranate. Ya, sudah banyak produk yang menambahkan buah ini sebagai salah satu kandungannya. Memang, ternyata buah delima merah mempunyai manfaat yang banyak. Salah satu manfaatnya adalah membantu menurunkan tekanan darah. Bahkan, sudah banyak penelitian yang membuktikan hal ini.

Salah satunya adalah penelitian yang dipublikasikan oleh Plant Foods for Human Nutrition. Penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi jus pomegranate lebih dari satu gelas setiap hari selama 4 minggu berhubungan dengan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik. Kandungan kalium dan polifenol dalam buah ini mungkin yang menyebabkan hal ini terjadi.

Buah lainnya yang juga mengandung kalium untuk menurunkan tekanan darah adalah:

  • Apel
  • Jeruk
  • Pir
  • Melon
  • Nanas
  • Mangga
  • Anggur

BACA JUGA: 6 Manfaat Jambu Biji, dari Buah Sampai Daunnya

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca