Masker Bawang Bombay Bisa Mengatasi Rambut Rontok, Apa Benar?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Selain “tugas” utamanya sebagai bumbu penyedap masakan, bawang bombay nyatanya juga dapat disiasati untuk memelihara penampilan fisik agar senantiasa tetap prima. Ketika dijus, katanya bawang bombay mampu mengatasi rambut rontok. Sebelum merasa jijik atau mual membayangkan bau bawang yang menusuk hidung, cek dulu faktanya di sini.

Apa benar bawang bombay ampuh mengatasi rambut rontok?

Sebuah studi kecil yang dipublikasikan dalam Journal of Dermatology melaporkan bahwa mengoleskan jus bawang bombay sebagai masker tepat ke kulit kepala dua kali sehari secara teratur selama dua minggu bisa membantu pertumbuhan rambut. Khasiat ini terutama paling dirasa nyata pada beberapa orang yang memiliki alopecia areata atau kebotakan di beberapa titik kepala.

Para peserta dalam penelitian ini diketahui mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebanyak 74 persen setelah 4 minggu menggunakan masker bawang bombay. Pada minggu ke 6, pertumbuhan rambut para peserta meningkat menjadi sekitar 87 persen. Pertumbuhan rambut dalam penelitian ini umumnya lebih optimal pada pria dibanding wanita.

Meski hasil penelitian ini mendapatkan hasil yang positif, namun masih diperlukan penelitian dalam skala besar untuk memastikan efektivitas penggunaan jus bawang bombay dalam mengatasi rambut rontok.

Mengapa bawang bombay bisa mengatasi rambut rontok?

Penelitian di atas melanjutkan, ada beberapa kandungan senyawa dalam bawang bombay yang bisa memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut kepala. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Kaya akan sulfur

Bawang kaya akan kandungan senyawa sulfur (belerang) yang bisa mencegah kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang kuat, lebat, dan sehat. Pasalnya, asupan sulfur pada akar-akar rambut dapat meningkatkan produksi kolagen, sebuah protein yang penting untuk meningkatkan produksi sel kulit sehat dan pertumbuhan rambut.

2. Memiliki sifat antibakteri

Bawang memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi kulit kepala. Dalam beberapa kasus, infeksi kulit kepala dapat menyebabkan rambut rontok.

3. Mengandung antioksidan

Bawang mengandung antioksidan, seperti flavonoid. Antioksidan dipercaya bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain bisa mempercepat proses penuan, radikal bebas juga bisa merusak folikel rambut dan menyebabkan penipisan kerontokan rambut.

Yang harus diperhatikan sebelum menggunakan bawang bombay untuk perawatan rambut

  • Perawatan ini tidak disarankan untuk mereka yang memiliki alergi terhadap bawang.
  • Sekalipun Anda tidak memiliki alergi, Anda tetap harus berhati-hati. Pasalnya bawang memiliki efek samping yang bisa menyebabkan kulit jadi teriritasi, ruam, dan gatal.
  • Untuk memastikan jika jus bawang bombay yang Anda buat tidak menyebabkan iritasi, lakukan tes di kulit siku atau bagian belakang telinga terlebih dulu sebelum mengoleskan jus bawang bombay ke seluruh kulit kepala. Jika terjadi iritasi, jangan gunakan masker bawang bombay ini dan beralihlah pada cara lain untuk mengatasi rambut rontok.
  • Saat mengoleskan masker bawang bombay, pastikan jika cairan jus tidak menetes ke area mata karena bisa menyebabkan mata panas dan terasa perih. Jika jus bawang bombay terlanjur masuk ke dalam mata, segera bilas mata dengan air dingin.

Dalam kebanyakan kasus, orang enggan untuk mencoba cara ini karena tidak tahan dengan bau bawang yang terlalu menyengat. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan penutup kepala (shower cap) untuk meredam aroma bawang. Cara lainnya adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk membantu mengurangi bau jus bawang bombay. Peppermint, lavender, ataupun rosemary bisa jadi pilihan yang tepat untuk membantu mengurangi bau bawang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Tips Menyimpan Bawang Bombay agar Tidak Cepat Busuk

Bila tidak disimpan dengan benar, bawang bombay akan cepat membusuk. Lalu, bagaimana menyimpan bawang bombay yang benar agar tidak cepat busuk?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hidup Sehat, Tips Sehat 2 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Penyebab Rambut Rontok pada Remaja dan Cara Mengatasinya

Rambut rontok pada remaja bisa disebabkan oleh beberapa kondisi. Tapi sering kali hanya sementara dan bisa tumbuh kembali jika diketahui penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Kecantikan 2 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

9 Trik Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Berhijab bukan alasan untuk mangkir merawat rambut bagi wanita. Justru, rambut Anda perlu perhatian ekstra. Bagaimana cara merawatnya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 30 April 2020 . Waktu baca 6 menit

5 Bahan Alami untuk Merawat Rambut Rontok

Selain menggunakan obat-obatan yang mengandung zat kimia, ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk merawat rambut rontok. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Rambut Rontok 11 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengatasi patah hati

5 Gangguan Kesehatan Akibat Patah Hati

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Psoriasis kulit kepala

Psoriasis pada Kulit Kepala

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit
cara merangsang pertumbuhan rambut bayi

4 Cara Merangsang Pertumbuhan Rambut Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 4 menit
bahaya tidur dengan rambut basah

Bahayakah Tidur dengan Rambut Basah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit