5 Penyebab Jerawat Terasa Gatal dan Tidak Nyaman

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24/02/2020 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Pernahkah Anda merasa ketika wajah sedang berjerawat rasa gatal tiba-tiba menyerang? Keinginan untuk menggaruk yang begitu besar terhalang oleh rasa takut memperparah kondisi tersebut. Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab jerawat terasa gatal?

Penyebab jerawat terasa gatal

pustula jerawat bernanah
Sumber: Media Allure

Jerawat gatal yang mengganggu sebenarnya bisa terjadi oleh beberapa faktor. Mulai dari alergi hingga produksi keringat di wajah ternyata berpengaruh terhadap kondisi ini. 

Akan tetapi, sel kulit yang kering dan adanya gesekan di kulit merupakan salah satu alasan yang paling sering terjadi mengapa jerawat Anda gatal. 

Selain itu, ada beberapa penyebab lainnya yang membuat kondisi ini terjadi, seperti:

1. Alergi

Salah satu penyebab jerawat terasa gatal adalah alergi. Alergi terhadap obat jerawat atau produk kecantikan yang baru Anda pakai adalah jenis alergi yang paling sering terjadi ketika kondisi ini terjadi. 

Seperti yang dilansir dari laman Nation Capital Poison Center, terdapat beberapa kasus alergi obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida yang menyebabkan jerawatnya semakin gatal.

Bagi orang dengan jenis kulit yang normal, cara ini hanya akan menimbulkan kulit yang lebih kering dan terlihat lebih memerah. Namun, pada kondisi kulit tertentu, penggunaan obat ini bisa menimbulkan reaksi alergi, seperti gatal-gatal yang terasa di kulit dan jerawat. 

Alasan sebenarnya masih belum diketahui. Selain itu, ada kemungkinan lain bahwa rasa gatal ini muncul karena adanya interaksi obat lain. 

2. Reaksi kulit terhadap obat

menghilangkan jerawat dengan cepat

Selain alergi, penyebab lainnya jerawat terasa gatal adalah reaksi kulit terhadap obat. Hal ini dikarenakan terdapat obat-obat tertentu yang bisa menimbulkan efek samping dan memicu reaksi alergi. 

Pada saat obat pertama kali diserap atau masuk ke dalam tubuh, ada kemungkinan sistem imun salah menanggapi kondisi tersebut. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh memproduksi antibodi penangkal penyakit, yaitu imunoglobulin E atau antibodi IgE. 

Antibodi IgE ini kemudian mengenali obat tersebut sebagai zat asing, sehingga ketika diminum kembali antibodi tersebut melepaskan histamin agar obat keluar dari tubuh. Histamin merupakan senyawa kimia yang bisa memengaruhi saluran pernapasa, pencernaan, dan kulit manusia. 

Oleh karena itu, ketika seseorang menggunakan obat jerawat yang mungkin bisa menimbulkan reaksi alergi, kemungkinan besar hal tersebut menyebabkan jerawatnya terasa gatal. 

Biasanya, jenis obat-obatan yang dapat menimbulkan reaksi seperti ini adalah antibiotik penisilin. 

Apabila Anda mengonsumsi suatu obat, lalu tiba-tiba alergi gatal dan bersin-bersin, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

3. Terpapar sinar matahari

tanda kurang sinar matahari
https://www.verywell.com/sunscreen-blocks-vitamin-d-synthesis-4138126

Tidak hanya alergi terhadap obat-obatan tertentu, ternyata terlalu sering terpapar sinar matahari juga menjadi salah satu penyebab jerawat terasa gatal. 

Kulit yang gatal akibat terpapar sinar matahari biasanya terjadi karena adanya perubahan yang terjadi pada kulit saat terkena sinar matahari. Belum ada penelitian yang benar-benar menjelaskan mengapa kondisi ini bisa terjadi. 

Akan tetapi, reaksi tersebut mungkin bisa muncul karena sistem imun yang salah mengenali senyawa yang diserap oleh kulit dari sinar matahari. Akibatnya, tubuh mulai mencoba melindungi diri dari senyawa yang dianggap asing tersebut, sehingga dapat menimbulkan reaksi alergi, seperti gatal. 

Umumnya, alergi terhadap sinar matahari ini terjadi pada orang yang memiliki kulit yang sangat sensitif dan mempunyai orangtua yang juga menderita hal yang sama. 

4. Wajah yang berkeringat

hidung berkeringat

Bagi Anda yang mudah berkeringat mungkin ketika wajahnya sedang berjerawat sering merasa gatal pada daerah tersebut. 

Hal tersebut mungkin saja terjadi karena produksi keringat yang berlebih pada wajah bisa menjadi salah satu penyebab jerawat terasa gatal. Kondisi ini mungkin terjadi karena ketika Anda berkeringat, tubuh juga akan memproduksi minyak yang lebih banyak. 

Akibatnya, pori-pori bisa tersumbat dan menyebabkan pertumbuhan bakteri jerawat pada pori-pori. Kemudian, bakteri tersebut akan menyebabkan peradangan yang memperparah jerawat dan mungkin menimbulkan rasa gatal pada kulit Anda. 

5. Pertanda jerawat akan sembuh

jerawat di pipi

Walaupun kebanyakan penyebab jerawat gatal pertanda Anda memiliki masalah pada kulit Anda, tidak selamanya hal tersebut adalah berita buruk. Jerawat yang gatal disebut-sebut sebagai salah satu pertanda jerawat Anda akan sembuh. 

Pada saat jerawat mulai membaik, kulit yang memerah dan pustular akan diganti dengan kulit baru yang lebih sehat. Selama proses ini berlangsung, kulit tubuh akan mengelupas dan lapisan kulit yang baru akan muncul. 

Maka itu, sel-sel kulit kering, bersisik, dan mati ternyata bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang menjalani proses penyembuhan yang mungkin menimbulkan rasa gatal. 

Penyebab jerawat yang gatal di atas merupakan satu dari sekian banyak faktor yang bisa menimbulkan kondisi ini. Perlu diingat, jika Anda merasakan gatal pada jerawat, usahakan untuk tidak menggaruknya karena hanya akan memperparah kondisi kulit Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Jerawat di Dagu, Plus Cara Ampuh Mengatasi dan Mencegahnya

Jerawat di dagu bukan cuma mengganggu penampilan, tetapi juga terasa sakit ketika tersentuh. Yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Jerawat, Health Centers 25/02/2020 . 6 menit baca

5 Cara yang Salah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Mengoleskan vitamin E bukannya menghilangkan bekas jerawat, tapi malah akan menghambat proses penyembuhannya, bahkan memicu dermatitis.

Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Penyakit Kulit, Jerawat, Health Centers 14/11/2019 . 4 menit baca

Jatuh Cinta Bikin Jerawatan, Mitos Atau Fakta?

Jatuh cinta membuat hati berbunga-bunga. Namun, jatuh cinta katanya juga bisa bikin jerawatan karena rindu. Masa, sih? Ini penjelasan medisnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 04/11/2019 . 4 menit baca

Rekomendasi Masker Komersil dan Masker Alami untuk Mengatasi Jerawat

Rutin memakai masker bisa Anda andalkan untuk menghilangkan jerawat secara alami di waktu senggang. Namun, masker wajah apa yang bagus untuk jerawat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Penyakit Kulit, Jerawat, Health Centers 25/10/2019 . 7 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . 5 menit baca
Salep untuk cacar air

Salep Apa yang Baik untuk Mengatasi Gatal Cacar Air?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020 . 6 menit baca
biduran pada anak

Pilihan Obat Biduran untuk Anak yang Aman

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 30/03/2020 . 4 menit baca
jerawat di bibir

Penyebab Jerawat Muncul di Bibir, Plus Cara Mengatasi dan Mencegahnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 28/02/2020 . 5 menit baca