4 Khasiat Penting Niacinamide dan Efek Sampingnya Bagi Kulit Wajah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sebelum membeli produk kecantikan, salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah membaca kandungan bahannya. Ya, dari sinilah Anda bisa tahu apakah skin care tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Salah satu kandungan yang paling banyak dicari para remaja wanita adalah niacinamide (niacinamida) atau niasin. Memangnya, apa saja manfaat niacinamide dan adakah efek sampingnya?

Manfaat niacinamide untuk kulit wajah

perawatan wajah ala korea

Niacinamide alias niacinamida adalah salah satu bentuk vitamin B3. Jenis vitamin B3 ini juga lebih sering dikenal dengan sebutan niasin.

Niacinamida atau niasin kini sangat mudah ditemukan pada berbagai jenis skin care. Pasalnya, ada banyak manfaat niacinamide yang dinilai ampuh mempercantik kulit, di antaranya:

1. Melembapkan kulit

Dilansir dari Healthline, manfaat niacinamide yang paling kentara adalah efeknya dalam melembapkan dan menghaluskan kulit. Ketika dioleskan pada kulit, produk kecantikan yang mengandung niacinamida ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

2. Mengatasi jerawat

Manfaat niacinamide ini juga bisa diraih oleh Anda yang punya masalah jerawat. Pasalnya, jenis vitamin B3 ini ampuh membantu mengatasi jerawat, eksim, dan rosacea. Rosacea itu sendiri adalah penyakit kulit umum yang menyebabkan wajah dan hidung jadi kemerahan.

3. Menyamarkan noda hitam

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan 5 persen niacinamida dapat membantu mencerahkan kulit, lho. Ini karena niacinamida merangsang produksi kolagen kulit sehingga noda hitam bekas jerawat jadi tersamarkan.

Namun ingat, hasilnya tidak instan, ya. Manfaat niacinamide ini biasanya akan terlihat setelah Anda rutin menggunakan produknya minimal 4 minggu.

4. Mencegah kanker kulit melanoma

Niacinamida yang berbentuk suplemen terbukti dapat mempercepat perbaikan DNA kulit yang rusak akibat paparan sinar UV. Atas dasar itulah, para pakar kesehatan berhasil membuktikan bahwa niacinamida ampuh mencegah kanker kulit melanoma.

Hati-hati efek samping niacinamida

jenis kulit wajah

Kini Anda tak perlu ragu lagi dengan segudang manfaat niacinamide bagi kesehatan kulit wajah. Meski begitu, ada beberapa efek samping niacinamida yang tetap perlu Anda perhatikan.

Pada dasarnya, produk kecantikan yang mengandung niacinamida itu aman digunakan. Akan tetapi bagi Anda yang punya kulit sensitif atau alergi, hati-hati dengan reaksi alergi yang mungkin terjadi.

Sebelum mengoleskannya ke wajah, coba lakukan tes alergi terlebih dahulu. Caranya, oleskan sedikit produk niacinamida ke lengan dan tunggu selama 24 jam.

Bila kulit mulai terasa gatal, bengkak, atau kemerahan, segera hentikan penggunaannya. Jika dirasa aman, Anda boleh melanjutkan penggunaannya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca