Apakah Pakai Masker Wajah Setiap Hari Pasti Bikin Kulit Lebih Mulus?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Masker wajah mungkin menjadi salah satu produk skin care favorit Anda. Pasalnya, masker wajah kerap menjanjikan kulit wajah menjadi kian mulus dan bersih, terlebih semakin banyak produk masker wajah yang dijual di pasaran dan menarik mata para wanita. Saking menjanjikannya bisa membuat kulit wajah mulus, sebagian besar wanita memilih untuk rutin pakai masker wajah setiap hari. Namun, apakah aman dilakukan? Apa dampaknya untuk kesehatan wajah? Cari tahu faktanya lewat ulasan berikut ini.

Apa efeknya kalau pakai masker wajah setiap hari?

Menurut Dr. Marie Nussbaum, seorang asisten profesor dermatologi di Cornell Weill Hospital New York, masker wajah memiliki segudang manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kulit kering, kulit kemerahan, bahkan hingga jerawat yang membandel.

Tidak hanya itu, masker juga dapat membantu menjaga kelembapan wajah, mengecilkan pori-pori, dan mengangkat kotoran, minyak, serta sisa makeup yang menumpuk di wajah.

Menurut dokter kecantikan Kardiana Purnama Dewi, fungsi utama pemakaian masker wajah adalah untuk menambah kadar air di wajah dan menyerap minyak berlebih. Namun, terlalu lama pakai masker wajah justru akan memberikan efek sebaliknya, yaitu menghilangkan kelembapan alami wajah.

Kalau Anda rutin pakai masker wajah setiap hari, ini artinya masker akan menyerap minyak di wajah secara terus-menerus, bahkan sampai menyerap minyak alami di kulit wajah. Apalagi jika Anda memiliki masalah kulit kering, pakai masker wajah setiap hari justru membuat kulit semakin mengering dan menghilangkan kelembapan alami wajah.

Bukannya bikin lembut, pakai masker tiap hari malah membuat kulit kering

Faktanya, banyak yang salah kaprah dan menganggap bahwa khasiat masker akan lebih maksimal bila diaplikasikan dalam waktu yang lama hingga berjam-jam, bahkan sampai semalaman.

Alih-alih mengembalikan kelembapan kulit, cara ini hanya akan membuat kulit cantik Anda kian mengering karena terlalu lama terkena udara yang bercampur dengan masker.

Pada dasarnya, penggunaan dan jenis masker yang digunakan tergantung pada tipe kulit yang Anda miliki. Ambil contoh, Anda memiliki kulit kombinasi yang cenderung berminyak di area T-zone dan cenderung kering di bagian pipi.

Nah, masalah kulit kombinasi ini bisa diredakan dengan menggunakan masker tanah liat (clay mask), masker berbentuk lembaran (sheet mask), dan sleeping mask. Namun, masker-masker tersebut tentu tidak dipakai setiap hari berturut-turut, hanya mengikuti aturan yang tertera pada label produk.

Catat baik-baik, ini waktu terbaik untuk pakai masker wajah

Masker wajah sebaiknya cukup digunakan 1 sampai 2 kali seminggu selama 20 menit. Hal ini bermanfaat untuk memberikan kesempatan bagi kulit wajah Anda untuk bernapas dan menjaga keseimbangan minyak agar tidak berlebih atau terlalu kering.

Sebelum pakai masker wajah, pastikan untuk selalu membaca daftar kandungan pada label produk. Kalau Anda menemukan kandungan alkohol di dalam masker wajah yang Anda pilih, segera beralihlah ke produk lainnya.

Pasalnya, alkohol dapat membuat kulit wajah terasa kering. Selain itu di waktu yang bersamaan, kulit wajah akan memproduksi banyak minyak untuk menjaga keseimbangan kadar minyak di kulit. Alhasil, kulit Anda malah akan berminyak sekaligus kering di waktu yang bersamaan.

Walaupun Anda ingin mengkuti jejak selebriti ternama dengan kebiasaannya pakai masker wajah setiap hari, ingatlah bahwa jenis kulit dan rutinitas Anda berbeda. Artinya, efek dari pakai masker wajah setiap hari tentu tidak menjamin terjadi juga pada diri Anda.

Jadi, cukup gunakan masker wajah satu sampai dua kali seminggu dan barengi dengan perbanyak minum air putih serta tidur yang cukup. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah bersinar sepanjang hari.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca