Siapa yang tak sebal jika berkaca dan melihat sekumpulan komedo hitam? Tentu saja Anda gemas melihatnya. Namun, jangan coba dipencet sendiri, ya. Bisa-bisa pori-pori Anda semakin membesar. Tak perlu pusing, Anda bisa mensontek cara menghilangkan komedo hitam berikut ini, kok.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan alami

Banyak produk yang menjanjikan dapat menghilangkan komedo dalam waktu singkat. Akan tetapi, produk kecantikan tersebut sering memiliki efek samping terhadap wajah kita. Oleh karena itu, akan dibahas bagaimana menghilangkan komedo hitam pada dahi, hidung, dan dagu dengan natural.

1. Cuci muka dua kali sehari

Mulailah dengan mencuci wajah kita minimal dua kali sehari, sehingga dapat membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di muka. Selain itu, cara ini juga dapat mencegah minyak dan debu menumpuk di pori-pori wajah.

Usahakan untuk membersihkan muka pada pagi sebelum memulai aktivitas dan pada malam hari sebelum tidur. Kebiasaan biasanya ampuh untuk menghilangkan komedo hitam pada wajah kita.

2. Rutin eksfoliasi

Cobalah untuk membiasakan eksfoliasi kulit atau mengelupas sel-sel kulit mati dari permukaan kulit terluar. Rutinitas ini mampu mengangkat kotoran dan komedo pada pori-pori. Usahakan untuk melakukan ini pelan-pelan dan lembut seminggu sekali.

3. Gunakan garam laut (sea salt)

Sebagai salah satu zat yang mengandung anti bakteri, garam laut juga dapat mengatasi komedo hitam pada wajah kita, baik itu di hidung, dagu, dan dahi. Campurkan garam laut dengan beberapa tetes air lemon dan sedikit air, lalu usapkan pada bagian seperti hidung, dahi, atau jidat yang terkena komedo.

4. Gunakan strip komedo dengan susu dan madu

Susu dan madu adalah sebuah kombinasi sempurna untuk mengatasi komedo hitam. Campurkan madu asli dengan susu mentah, buatlah menjadi seperti losion atau pasta. Masukkan ke dalam microwave selama beberapa detik dan dinginkan.

Celupkan strip kapas ke dalamnya dan oleskan di daerah yang kita inginkan. Bersihkan setelah 20 menit. Tips ini biasanya ampuh untuk menghilangkan komedo hitam pada bagian hidung, dahi, dan dagu kita. 

5. Pakai tabir surya bebas minyak

Wajah kita sangat berminyak, atau kombinasi antara kering dan berminyak bukan berarti kita tidak harus menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar. Produk dengan kandungan SPF sangat penting untuk menjaga kulit kita dari sinar UV. Dianjurkan untuk menggunakan tabir surya yang tidak mengandung minyak, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori kita.

6. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya dipercaya sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah komedo pada wajah, terutama hidung, dahi, dan dagu. Oleskan gel lidah buaya ke daerah yang kita inginkan, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Nah, cara mudah ini bisa dilakukan sebelum tidur untuk mengatasi komedo yang membandel. 

7. Masker putih telur

Jenis masker ini dapat digunakan di keseluruhan muka kita sehingga memberikan efek yang lebih dibandingkan hanya memakainya di bagian yang ada komedonya. Kita hanya membutuhkan satu putih telur dan tisu.

Pertama-tama, bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu letakkan tisu kering ke area yang terdapat komedo hitam, kemudian oleskan putih telur di atas tisu tersebut dengan menggunakan kuas. Balurkan sampai dua lapisan putih telur dan tunggu hingga kering. Setelah itu, uraikan tisu tadi. Jika dilakukan secara rutin, komedo hitam pun dapat berkurang hingga lenyap.

8. Konsumsi makanan bervitamin C

Salah satu sumber antioksidan yang menjaga dan menutrisi kulit kita adalah vitamin C. Selain itu, vitamin ini juga dapat mencegah timbulnya jerawat dan komedo karena melawan bahaya radikal bebas dan mengganggu pertumbuhan bakteri.

Oleh karena itu, untuk mulai mengurangi komedo hitam pada hidung, dahi, atau dagu kita, mulailah mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi, seperti jeruk atau sayuran hijau.

Jika cara-cara alami di atas tidak mampu mengatasi komedo yang ada pada wajah kita, cobalah untuk mulai mempertimbangkan cara mengobati dengan laser oleh ahli kecantikan di kota Anda untuk menghilangkan komedo hitam. 

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca