10 Cara Alami Mengatasi Ketiak Hitam

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Ada banyak penyebab ketiak hitam, dari mulai pemakaian deodoran yang salah, teknik mencukur yang salah, dan sebagainya. Namun, bagaimana cara mencerahkan kulit ketiak dan mengembalikannya ke warna yang asli?

Banyak cara yang dapat kita lakukan, namun yang paling aman adalah menggunakan bahan-bahan alami. Selain mudah didapatkan, bahan alami juga tidak memiliki efek samping setelah digunakan.

Berbagai bahan untuk memutihkan kulit ketiak

1. Lemon

Lemon adalah pemutih alami yang dapat mencerahkan semua bagian kulit termasuk ketiak. Tidak hanya itu, lemon juga berfungsi sebagai bahan antiseptik, yang dapat menghilangkan bau pada ketiak. Tetapi, Anda disarankan untuk tidak menggosokkan lemon secara langsung pada ketiak, karena asam sitrat yang terdapat pada lemon terlalu keras dan menyebabkan kulit kering. Anda disarankan untuk mencampurkan bubuk kunyit, yogurt tanpa rasa (plain), madu, dan jus lemon, diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Lakukan selama 3 kali seminggu. Apabila Anda tetap ingin menggosokkan lemon secara langsung, disarankan untuk langsung menggunakan pelembap setelahnya.

2. Apel

Menggosok ketiak dengan apel yang dihaluskan dapat menghilangkan noda hitam dan bau. Apel mengandung tingkat keasaman dan AHA yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan menghitamnya ketiak. Apel juga baik untuk pengelupasan kulit.

3. Kentang

Sama seperti lemon, kentang juga merupakan pemutih alami. Namun, kentang tidak membuat kulit kering seperti lemon dan juga tidak menyebabkan iritasi. Anda bisa langsung menggosokkan potongan kentang pada ketiak atau memasukkan kentang ke dalam blender terlebih dahulu, lalu oleskan ke ketiak.

4. Mentimun

Selain menghilangkan lingkaran hitam pada mata, mentimun juga dapat menghilangkan noda hitam pada ketiak. Caranya dengan menggosokkan potongan mentimun pada ketiak. Mentimun akan memutihkan sekaligus melembapkan kulit. Anda juga dapat mencoba cara ini bersamaan dengan jus lemon atau madu.

5. Baking soda

Baking soda juga merupakan pemutih alami. Namun, lebih lembut dan juga tidak meninggalkan efek samping setelahnya. Untuk menggunakannya pada ketiak, buatlah adonan kental dengan mencampurkan baking soda dan air. Oleskan pada ketiak yang hitam, diamkan hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

6. Kulit jeruk

Asam sitrat pada kulit jeruk dapat mencerahkan kulit ketiak yang hitam. Caranya adalah dengan mengeringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari selama 3-4 hari atau sampai kulit jeruk mengering. Giling hingga menjadi serbuk dan simpan di tempat yang tertutup rapat. Ambil dua sendok teh serbuk kulit jeruk dan campur dengan air mawar. Oleskan pada ketiak dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu.

7. Susu

Banyak yang mengatakan bahwa susu sama khasiatnya dengan lemon dalam mencerahkan kulit. Hal tersebut disebabkan oleh asam lemak dan vitamin yang terdapat dalam susu. Oleskan susu langsung pada ketiak atau campur 1 sendok makan susu, 1 sendok makan tepung, dan 1 sendok makan plain yogurt, oleskan pada ketiak. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

8. Minyak kelapa

Tiada yang tak bisa dilakukan oleh minyak kelapa. Minyak kelapa merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Pemulihan dengan minyak kelapa membutuhkan proses yang lama. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memakainya setiap hari. Pijat ketiak Anda dengan minyak kelapa selama 10-15 menit sebelum mandi.

9. Cuka

Cuka dapat menghilangkan bau pada ketiak dan juga mencerahkan ketiak yang menghitam. Gosok cuka pada ketiak dan diamkan selama 10 menit. Untuk hasil yang lebih baik, campurkan juga tepung beras dengan cuka secukupnya. Hal ini dapat membunuh bakteri dan kuman yang disebabkan oleh keringat. Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu.

10. Kunyit

Kunyit efektif untuk memulihkan kulit iritasi, menyamarkan noda dan pigmentasi. Caranya ialah dengan mengambil kunyit bubuk atau serut dan campurkan dengan dua sendok makan lotion. Campurkan keduanya dan oleskan ke ketiak secara merata. Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan kunyit bubuk, jus tomat, dan susu. Diamkan selama 30-60 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Tidak hanya dapat memutihkan kulit, kunyit bisa juga untuk menghilangkan bau pada ketiak. Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu.

BACA JUGA:

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

9 Cara Alami Memanjangkan Bulu Mata Supaya Lebih Lentik

Tidak semua orang ingin melakukan extension bulu mata. Namun Anda bisa memanjangkan bulu mata dengan cara yang aman dan murah meriah.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Kecantikan 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Siku Kering? Ini 6 Cara Efektif untuk Mengatasinya

Siku kering hingga berwarna putih bukan hanya merusak penampilan, tapi juga kadang membuat tidak nyaman. Begini cara mengatasinya.

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Hidup Sehat, Tips Sehat 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Tak Hanya Memutihkan Kulit, Ini 6 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Siapa yang suka makan bengkoang? Nyatanya, kandungan dan manfaat bengkoang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Vitamin C Bisa Membuat Warna Kulit Lebih Cerah?

Banyak orang menjalani suntik vitamin C dan memakai produk berbahan vitamin C untuk memutihkan kulit. Tapi apa benar vitamin C bisa mencerahkan kulit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Hidup Sehat, Kecantikan 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

proses pasang behel

Bagaimana Proses Pemasangan Behel atau Kawat Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit
tips mengurangi garis halus di wajah

5 Cara Alami Mengurangi Garis Halus dan Keriput di Wajah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
krim perontok bulu

Menggunakan Krim untuk Menghilangkan Bulu, Amankah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
krim muka dari dokter bikin ketagihan

Sederet Fungsi Vitamin B untuk Kecantikan

Ditulis oleh: Tiara Putri
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit