Cara Mengoles Ulang Sunscreen Tanpa Merusak Makeup

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 11/08/2019 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Sunscreen (tabir surya) wajib dipakai sebelum Anda bepergian ke luar rumah. Namun, pakai suncreen tak cukup sekali. Anda perlu mengulang pakai sunscreen beberapa kali agar efek perlindungannya awet seharian. Lantas, bagaimana cara memakai ulang sunscreen saat sedang menggunakan makeup?

Kenapa pakai sunscreen harus diulang?

memilih sunblock

Dilansir dari American Academy of Dermatology, sunscreen perlu dioleskan kembali setiap dua jam sekali atau segera setelah berenang atau berkeringat.

Seiring waktu krim sunscreen yang ada di kulit bisa luntur. Jika tidak diulang pemakaiannya, risiko kulit Anda terbakar matahari ketika sedang berkegiatan di luar ruangan pun sangat besar. Sayangnya, banyak orang mungkin malas atau bahkan bingung cara memakai ulang sunscreen.

Padahal radiasi sinar UV tetap ada dan sama berbahayanya meski cuaca di luar berawan dan terasa teduh. Hal inilah yang membuat kulit menghitam atau terbakar setelah seharian berkegiatan di luar ruangan.

Terpapar sinar matahari terlalu lama tanpa perlindungan juga bisa membuat kulit mengalami penuaan dini. Bintik cokelat dan kerut halus bisa muncul di wajah dan membuat kulit tampak lebih tua. Selain itu, bahaya lainnya yang mungkin muncul yaitu risiko terkena kanker kulit.

Oleh karena itu, Anda wajib memakai ulang sunscreen setiap dua jam sekali atau lebih sering jika kulit mulai berkeringat. Dengan memakai ulang sunscreen, kulit akan tetap terlindungi dari masalah yang disebabkan oleh sinar matahari.

Cara memakai ulang sunscreen

makeup bikin jerawatan

Seberapa sering sunscreen dipakai kembali sebenarnya tergantung di mana Anda berkegiatan. Jika berkegiatan di dalam ruangan, Anda tentu tak perlu sering-sering memakainya kembali karena krimnya tidak mudah luntur.

Namun, lain cerita jika Anda berkegiatan di luar ruangan yang membuat kulit mudah berkeringat. Terlebih saat memakai makeup, Anda mungkin tambah bingung bagaimana cara memakai ulang sunscreen tanpa perlu menghapus riasan.

Kuncinya ada pada jenis produk yang dipakai. Gunakan produk sunscreen yang berbentuk semprotan untuk melindungi kulit wajah tanpa membuat makeup rusak. Anda hanya tinggal menyemprotkan produk ke seluruh bagian wajah dan leher tanpa terkecuali.

Pastikan agar semua kulit terbasahi oleh produk dan tidak ada yang terlewat. Kemudian, biarkan cairan meresap dan kering dengan sendirinya.

Selain yang berbentuk semprotan, Anda juga bisa menggunakan produk yang berbentuk bubuk seperti bedak. Anda hanya tinggal menggunakannya di atas makeup selayaknya memakai bedak dengan brush atau kuas. Taburkan sunscreen bedak dengan gerakan memutar secara perlahan.

Produk jenis ini akan sangat memudahkan Anda dalam memakai ulang sunscreen tanpa perlu repot merias wajah kembali. Sunscreen jenis ini biasanya tidak berwarna dan bertekstur ringan sehingga tidak akan mengubah tampilan makeup Anda. Anda bisa dengan mudah memakai ulang sunscreen ini tanpa wajah terasa cakey.

Selain pastinya memiliki perlindungan dari sinar UV, produk tabir surya bedak juga kerap dilengkapi dengan vitamin A dan E. Hal ini membuat tabir surya mampu melembapkan dan menghaluskan kulit.

Tidak sulit bukan cara memakai ulang sunscreen? Mulai sekarang, yuk lindungi kecantikan dan kesehatan kulit Anda dengan rajin pakai sunscreen.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Makeup Mengandung SPF Cukup Untuk Melindungi Kulit dari Sinar UV ?

Berbagai produk makeup kini telah dilengkapi dengan SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Lantas, perlukah menggunakan sunscreen lagi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 30/12/2019 . 4 menit baca

Sudah Pakai Tabir Surya tapi Kulit Masih Menghitam, Kenapa Begitu?

Tabir surya sudah digunakan, tetapi kulit masih saja bisa menghitam? Berikut beberapa kesalahan saat memakai tabir surya yang mungkin jadi penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Kecantikan 14/12/2019 . 5 menit baca

Kulit Sudah Keriput, Masih Perlukah Pakai Skincare di Usia Senja?

Meski kulit lansia umumnya sudah keriput, bukan berarti tidak perlu merawat kulit. Rejime perawatan kulit untuk lansia tidak serumit milik anak muda, kok!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Perawatan Lansia 07/11/2019 . 4 menit baca

5 Poin Penting Dalam Memilih Sunscreen untuk Kulit Eksim

Suncreen wajib digunakan sebelum beraktivitas, apalagi bagi orang dengan masalah eksim. Agar tak keliru, begini cara tepat memilih sunscreen untuk eksim.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/10/2019 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

arti SPF dan PA dalam sunscreen

Apa Arti SPF dan PA pada Tabir Surya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 12/04/2020 . 4 menit baca
arti SPF dan PA dalam sunscreen

Waktu Penggunaan Sunscreen yang Tepat Demi Kulit yang Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 16/03/2020 . 3 menit baca
moisturizer dulu atau sunscreen

Moisturizer Dulu Atau Sunscreen? Ini Urutan Pemakaian yang Benar

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 09/02/2020 . 3 menit baca
kesalahan memakai sunscreen

4 Kesalahan Umum Memakai Sunscreen Pada Wajah

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 07/02/2020 . 5 menit baca