6 Cara Mengecilkan Pipi Tembem, Baik Secara Alami Maupun Medis

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 05/10/2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Punya pipi tembam atau pipi tembem sering dipandang sebagai hal yang menggemaskan. Namun, banyak orang – terutama perempuan – justru jadi tidak percaya diri dan ingin memiliki pipi tirus. Pasalnya, pipi tembam lebih sering dihubungkan dengan naiknya berat badan. Bagi Anda yang mengalaminya, jangan cemas dulu. Anda dapat mengecilkan pipi tembem secara alami dan medis lewat beberapa pilihan berikut ini.

Bagaimana cara mengecilkan pipi tembem secara alami?

mengecilkan pipi tembem

Mengecilkan pipi tembem atau pipi tembam lewat cara yang alami sebetulnya bukanlah hal yang mustahil. Hanya saja, ini membutuhkan proses yang lebih lama alias tidak instan. Anda pun juga harus melakukannya secara konsisten supaya hasilnya lebih efektif.

Berbagai cara alami yang dapat mengecilkan pipi tembem di antaranya:

1. Senam wajah

Ingin punya pipi tirus? Coba lakukan senam wajah sesering mungkin. Baik saat bangun tidur, bersantai, pulang sekolah atau kerja, hingga menjelang tidur.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal American Society for Aesthetic Plastic Surgery mengungkapkan bahwa senam wajah yang dilakukan 2 kali sehari selama 8 minggu dapat membantu meningkatkan ketebalan otot dan peremajaan di wajah. Dengan kata lain, ini akan berdampak pada pipi Anda yang tampak lebih tirus dan awet muda.

Ada banyak jenis senam wajah yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  • Wajah ikan: mengempotkan kedua pipi Anda ke dalam mulut dan tahan selama satu menit. Lalu ulangi sebanyak delapan kali untuk hasil yang optimal.
  • Mulut kembung: isi mulut dengan udara, lalu tekan udara ke pipi kanan, pipi kiri, atas bibir, dan dagu. Lakukan masing-masing satu menit.
  • Latihan senyum: Senyum selebar mungkin dengan bibir terkatup selama beberapa saat, lalu kembalikan ke posisi semula.

2. Atur pola makan dan rutin olahraga

Lemak di wajah sebetulnya dapat dikurangi secara alami dengan mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan. Ini artinya, Anda masih punya harapan untuk punya pipi tirus dengan melakukan diet sehat yang diimbangi dengan olahraga.

Hindari makanan yang mengandung karbohidrat olahan (karbohidrat rafinasi) seperti cookies, kue, dan pasta, dan makanan tinggi garam. Asupan karbohidrat olahan akan diolah menjadi timbunan lemak di tubuh dan menaikkan berat badan. Sementara itu, makanan tinggi garam dapat meningkatkan retensi air yang membuat beberapa bagian tubuh Anda tampak bengkak.

Jangan lupa seimbangkan dengan olahraga kardio yang efektif untuk menurunkan berat badan. Misalnya dengan jalan kaki, lari, bersepeda, atau berenang. Semakin baik pola hidup sehat Anda, maka semakin cepat pula penurunan berat badan dan membuat pipi Anda tampak tirus.

3. Minum banyak air putih

Bukan cuma ampuh mencegah dehidrasi, minum banyak air putih nyatanya juga dapat membantu meniruskan pipi. Dilansir dari Healthline, menjaga cairan tubuh tetap seimbang dapat mencegah pembengkakan di wajah.

Selain itu, metabolisme tubuh Anda juga akan meningkat hingga 24 persen. Ini artinya, tubuh akan membakar lebih banyak kalori dan membantu menurunkan berat badan, termasuk di bagian pipi. Namun, bukan berarti Anda bisa minum air terus sebanyak-banyaknya supaya pipi cepat tirus, lho.

Pilihan perawatan medis untuk mengecilkan pipi tembem

operasi rahang

Tidak sedikit orang yang lebih memilih jalur instan alias dengan cara medis untuk meniruskan pipi. Pasalnya, cara ini membuahkan hasil yang lebih cepat dan sesuai yang diinginkan, ketimbang meniruskan pipi dengan cara alami yang cenderung lebih lama.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa semua prosedur medis ini memiliki efek samping dan risikonya masing-masing. Maka itu, konsultasikan dulu ke dokter kulit terdekat sebelum Anda memutuskan mengecilkan pipi tembem lewat prosedur medis.

Berikut ini pilihan perawatan medis yang dapat mengecilkan pipi tembem, yaitu:

1. Sedot lemak (liposuction)

Sedot lemak alias liposuction adalah operasi yang dilakukan dengan menyedot lemak di wajah, yang dalam hal ini dilakukan di pipi. Dokter akan menyuntikkan bius lokal pada area pipi tertentu, kemudian lemak berlebih di pipi akan disedot keluar.

Prosedur medis ini cukup menjanjikan untuk mewujudkan harapan Anda memiliki pipi tirus. Namun, proses sedot lemak memiliki beberapa efek samping berupa risiko infeksi, bekas luka ringan, emboli, hingga pembengkakan alias edema.

2. Face lift

Face lift, yang juga dikenal dengan tarik wajah, adalah salah satu cara instan untuk membuat wajah Anda tampak lebih awet muda. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengeluarkan kelebihan kulit dan jaringan lemak di sekitar leher dan garis rahang. Hasilnya, garis rahang tampak lebih tegas dan pipi Anda pun tampak lebih tirus.

Sayangnya, prosedur ini dapat menimbulkan lebih banyak trauma bedah daripada sedot lemak. Risiko komplikasinya pun cenderung lebih tinggi, sehingga pemulihannya juga lebih lama.

3. Ultrasound

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan prosedur ultrasound untuk mendiagnosis berbagai penyakit. Namun, tahukah Anda bahwa ultrasound ini juga dapat membantu meniruskan pipi?

Ultrasound yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan adalah prosedur yang menggunakan gelombang suara untuk mencairkan timbunan lemak di wajah. Lemak ini akan dibuang secara alami oleh tubuh Anda atau bisa juga disedot ke luar melalui sayatan kecil.

Selain itu, prosedur ultrasound juga dapat merangsang pembentukan kolagen baru yang dapat memberikan efek lifting alias kencang pada kulit. Bukan cuma meniruskan pipi, wajah Anda pun tampak lebih segar dan awet muda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Hal yang Menyebabkan Rejime Skincare Anda Tidak Efektif

Sudah pakai produk skin care berbulan-bulan tapi kulit tetap sama tidak berubah? Mungkin ini penyebab skin care Anda tidak bekerja dengan baik.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 06/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Bolehkan AHA BHA dan Vitamin C Digunakan Bersamaan?

AHA BHA dan vitamin C banyak ditemukan pada produk skin care. Tapi, apakah zat-zat tersebut aman untuk dikombinasikan? Simak ulasannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Hidup Sehat, Kecantikan 20/11/2019 . Waktu baca 4 menit

5 Cara yang Salah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Mengoleskan vitamin E bukannya menghilangkan bekas jerawat, tapi malah akan menghambat proses penyembuhannya, bahkan memicu dermatitis.

Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Penyakit Kulit, Jerawat, Health Centers 14/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Dua Metode Menghilangkan Noda Merah Bekas Jerawat

Saat jerawat hilang, bukan berarti masalah selesai. Masih ada noda merah yang mengganggu selama berminggu-minggu ke depan. Begini menghilangkannya.

Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Penyakit Kulit, Jerawat, Health Centers 14/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahan krim anti-aging

7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit
gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . Waktu baca 5 menit
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020 . Waktu baca 4 menit
cara pakai sheet mask

Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/01/2020 . Waktu baca 4 menit