3 Cara Terbaik untuk Menjaga Kebersihan Lidah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Menjaga kesehatan mulut, tidak hanya perihal gigi dan gusi saja tapi juga lidah. Pasalnya, lidah juga menjadi sasaran bagi bakteri jahat dan jamur untuk berkembang biak. Itulah kenapa Anda harus membersihkan lidah secara rutin. Namun, bagaimana cara membersihkan lidah dengan benar? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Kenapa lidah harus dibersihkan?

Lidah merupakan organ berotot yang dilengkapi banyak saraf pengecap untuk mendeteksi rasa manis, pahit, asam, dan asin. Saat makan, sel-sel di sekitar lidah akan mengirimkan sinyal rasa ke otak.

Selain mendeteksi rasa, lidah juga berfungsi untuk menguyah dan menelan makanan serta membantu Anda untuk berbicara. Setiap hari lidah Anda terpapar dengan air liur, makanan, dan minuman sehingga sangat lembap dan mudah kotor.

Jika tidak dibersihkan dengan benar, Anda akan bau mulut. Bakteri jahat atau jamur juga akan semakin menumpuk dan bisa menimbulkan infeksi. Masalah ini tidak hanya menyerang lidah, tapi juga berdampak buruk bagi gigi dan gusi.

Cara membersihkan lidah dengan benar

Mencegah bau mulut atau masalah gigi dan gusi tidak cukup hanya dengan sikat gigi. Anda juga perlu membersihkan lidah. Sayangnya, banyak yang tidak tahu caranya membersihkan lidah dengan benar.

Jangan khawatir, Anda bisa mengikuti beberapa caranya berikut ini.

1. Menggunakan alat pembersih lidah

cara membersihkan lidah
Sumber: Cairn Precision Dental Group

Cara pertama yang paling direkomendasikan, yakni menggunakan tongue cleaner. Menurut Cleveland Clinic, membersihkan lidah dengan tongue cleaner dapat mengangkat bakteri dan sisa makanan yang menempel di lidah.

Selain itu, alat ini juga mampu mengurangi senyawa sulfur yang sering menyebabkan mulut bau. Cara membersihkan lidah dengan tongue cleaner yang benar, antara lain:

  • Pilih tongue cleaner yang terbuat dari plastik maupun logam. Anda bisa menemukannya dengan mudah di toko.
  • Sambil berkaca, julurkan lidah Anda keluar. Lalu tempelkan alat di area lidah bagian dalam.
  • Kemudian, tekan alat dan gerakkan ke arah depan.
  • Setelah itu, berkumurlah dengan air hangat untuk membuang kotoran dan bakteri. Lakukan ini beberapa kali agar hasil lebih maksimal.
  • Lalu cuci alat pembersih dengan air supaya tetap bersih dan simpan di tempat yang kering.

2. Menggunakan sikat gigi

mencegah gigi berlubang

Meskipun kurang efektif, Anda bisa menggunakan cara membersihkan lidah ini sebagai pilihan kedua. Sekaligus, cara ini diakui lebih mudah dilakukan dan diingat karena umumnya dilakukan setelah menyikat gigi.

Namun, Anda harus menggunakan cara ini dengan hati-hati. Pasalnya, banyak orang yang sering kali melakukan kesalahan, seperti menggosoknya terlalu keras atau terlalu dalam. Lidah bisa terluka dan Anda juga bisa muntah karena hal ini.

Cara aman menggunakan sikat gigi untuk membersihkan lidah, antara lain:

  • Pilih sikat gigi yang berbulu lembut dan bersih.
  • Sambil berkaca, julurkan lidah Anda ke depan. Posisikan sikat gigi di area alam lidah.
  • Kemudian, sikat perlahan sikat gigi dari dari belakang ke depan,
  • Keluarkan air liur yang terkumpul dan berkumur beberapa kali dengan air bersih.
  • Lakukan ini setelah Anda menyikat gigi agar hasilnya lebih maksimal.

3. Kumur denganobat kumur

obat kumur untuk anak

Cara membersihkan lidah yang terakhir adalah berkumur. Namun, bukan dengan air saja. Anda harus menggunakan obat kumur yang mengandung bahan aktif untuk membersihkan mulut.

Anda bisa melakukan cara ini setelah menggosok gigi. Minta rekomendasi dokter gigi Anda untuk mendapatkan obat kumur yang sesuai jika Anda memiliki kondisi tertentu.

Sumber: Thrifty Fun

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca