Terus Mengantuk dan Ingin Tidur, Ini Berbagai Penyebab Anda Tidur Berlebihan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rasa kantuk yang memberatkan mata kerap membuat Anda kesulitan berkosentrasi di siang hari. Padahal, rasanya Anda telah cukup tidur, atau berusaha cuci muka dan minum kopi. Kira-kira, apa yang menjadi penyebab Anda terus-menerus mengantuk dan ingin tidur berlebihan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Hipersomnia, penyebab Anda tidur berlebihan

Anda patut waspada jika rasa kantuk tak tertahankan meski telah cuci muka atau minum kopi, bahkan Anda telah tidur cukup. Bisa jadi, kondisi ini menandakan hipersomnia atau tidur berlebihan di siang hari.

Hipersomnia tidak disebabkan oleh kurang tidur di malam hari atau kelelahan biasa. Hal ini terjadi karena adanya gangguan sistem saraf pusat dalam mengatur waktu terjaga dan terlelap. Akhirnya, Anda jadi tidur berlebihan di siang hari. Kondisi ini disebut dengan hipersomnia primer.

Meski begitu, Anda pula berbagai kondisi kesehatan yang menyebabkan Anda terus mengantuk sampai tidur berlebihan di siang hari. Kondisi ini disebut hipersomnia sekunder.

Salah satu tanda Anda mengalami hipersomnia adalah Anda tidur dalam waktu lama di siang hari, tapi tak juga merasa segar setelah bangun.

Penyebab lain Anda tidur berlebihan

Tidur berlebihan juga bisa disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan yang mungkin Anda miliki. Inilah yang disebut dengan hipersomnia sekunder.

Beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan Anda terus mengantuk dan ingin tidur, antara lain:

1. Gangguan pernapasan saat tidur atau sleep apnea

Menurut studi berjudul Excessive Daytime Sleepiness in Sleep Disorders, sleep apnea termasuk jenis gangguan tidur yang menjadi penyebab utama seseorang mengalami tidur berlebihan.

Sleep apnea menyebabkan seseorang berkali-kali berhenti bernapas sebagian atau sepenuhnya selama tidur. Kondisi ini biasanya diikuti dengan suara dengkuran yang keras dan menyebabkan Anda terbangun sesaat untuk mengambil napas.

Umumnya, sleep apnea tidak menyadari gangguan tidur yang dialaminya. Itu sebabnya, mereka merasa telah tidur cukup tapi tetap saja mengantuk.

2. Narkolepsi

Dalam beberapa kasus, hipersomnia bisa berbeda dengan rasa kantuk biasa. Narkolepsi bisa membuat Anda mengalami kelelahan ekstrem sehingga tidak mampu menghalau rasa kantuk. Akibatnya, Anda bisa jatuh tertidur begitu saja di tengah beraktivitas.

Gejala narkolepsi yang paling khas adalah hilangnya kekuatan dan rangsangan pada otot secara tiba-tiba. Kondisi ini dikenal dengan katapleksi.

Penyebab tidur berlebihan ini bahkan bisa menyebabkan orang mengalami halusinasi yang begitu jelas ketika tidur dan berlanjut hingga saat dia bangun.

3. Sindrom kaki gelisah

Sindrom kaki gelisah juga bisa menjadi salah satu penyebab Anda mengalami keinginan tidur yang berlebihan. Kondisi ini menyebabkan pergerakan anggota tubuh secara berlebihan sehingga tidur Anda mungkin terganggu.

Gangguan refleks tubuh ini ditandai dengan munculnya sensasi tidak nyaman yang memicu kaki terus bergerak secara menerus, terlebih saat sedang beristirahat atau tidur.

Oleh karena itu, sindrom kaki gelisah bisa menyebabkan gangguan saat tidur sehingga membuat penderitanya tidak memperoleh waktu tidur yang optimal dan merasakan kantuk berlebihan di siang hari.

4. Efek samping konsumsi obat-obatan

Rasa kantuk yang tak tertahankan dan menjadi penyebab Anda tidur secara berlebihan juga dipengaruhi oleh efek samping obat tertentu. Obat yang menyebabkan kantuk biasanya memiliki kandungan yang memengaruhi kerja hormon “pengatur tidur”, seperti serotonin, epinephrine, dan adenosin.

Kandungan obat yang umum memberikan efek rileks dan sedatif adalah etanol dan antihistamin seperti diphenhydramine, beta bloker seperti propranolol, dan obat-obatan antikolvusan.

Pola tidur yang terganggu, baik kurang ataupun berlebihan, sama-sama memiliki dampak buruk pada kesehatan. Gangguan hormon, kenaikan berat badan secara drastis, dan memburuknya penyakit kronis adalah beberapa di antaranya.

Bahkan, dalam situasi tertentu, tidur berlebihan bahkan berisiko mengancam keselamatan jiwa, misalnya mengalami sleep paralysis ketika sedang mengemudi.

Untungnya, hal ini bisa masih bisa ditangani. Anda bisa mengatasi tidur berlebihan dengan mengusahakan kondisi kamar yang nyaman hingga melaksanakan sesi terapi. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai solusi dari masalah Anda. Bisa jadi, dokter akan meresepkan obat-obatan untuk membantu memperbaiki pola tidur Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mendengarkan Musik, Cara Sederhana utuk Mengatasi Gangguan Tidur

Medengarkan musik memang menenagkan. Selain itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa musik dapat membantu mengatasi gangguan tidur yang Anda miliki.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Hidup Sehat, Fakta Unik 6 Desember 2018 . Waktu baca 4 menit

Amfetamin

Amfetamin adalah obat untuk meningkatkan dopamin (zat kimia yang berhubungan dengan rasa senang & tenang) di otak. Obat ini harus dengan resep dokter.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 27 November 2018 . Waktu baca 7 menit

5 Masalah Kesehatan Penyebab Tulang Kering Anda Mati Rasa

Tulang kering bukan termasuk bagian tubuh yang umum mengalami mati rasa. Namun, adanya kerusakan saraf di kaki bisa menyebabkan tulang kering mati rasa.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik 16 November 2018 . Waktu baca 4 menit

Kupas Tuntas Penyebab Gatal-Gatal di Pinggul, Plus Cara Mengatasinya

Gatal-gatal di pinggul bisa jadi sangat mengganggu jika tak kunjung sembuh. Jangan buru-buru disepelekan, cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 September 2018 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara menghilangkan varises dengan skleroterapi

Sering Menggoyang-goyangkan Kaki Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 6 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
cara mengatasi tidur berlebihan

Tidur Berlebihan Bisa Rugikan Kesehatan, Ini 5 Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 23 November 2019 . Waktu baca 4 menit
gangguan jiwa tidur berlebihan

5 Gangguan Kejiwaan Ini Bisa Membuat Penderitanya Tidur Berlebihan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 19 November 2019 . Waktu baca 4 menit
obat dan cara menghilangkan ngorok saat tidur

Tak Perlu Pakai Masker Khusus, 5 Cara Ini Bisa Atasi Tidur Ngorok (Sleep Apnea) Secara Alami

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 5 Februari 2019 . Waktu baca 4 menit