Penyebab Puting Berdarah yang Wajib Anda Ketahui

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24/08/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Puting berdarah merupakan salah satu kondisi umum yang dialami oleh wanita, terutama ibu menyusui. Lantas bagaimana jika tidak menyusui tapi puting Anda berdarah? Untuk menangani hal ini, kenali dahulu apa saja yang bisa menyebabkan puting berdarah.

Penyebab puting berdarah

Pada saat mengetahui terdapat darah yang keluar dari puting Anda, tentu hal itu bisa membuat Anda jadi khawatir bahkan langsung panik. Bahkan, beberapa wanita langsung ketakutan bahwa ini adalah salah satu tanda kanker payudara. 

Padahal, puting berdarah tidak selalu menandakan Anda terkena kanker payudara. Oleh karena itu, mempelajari apa yang menjadi penyebab kondisi ini terjadi adalah langkah yang tepat untuk menentukan bagaimana Anda harus bersikap selanjutnya. 

1. Menyusui

minum jamu saat menyusui

Apakah Anda adalah seorang ibu yang tengah menyusui? Jika iya, kemungkinan besar jawaban dari kecemasan Anda selama ini adalah karena Anda sedang menyusui

Jika Anda seorang ibu yang baru saja melahirkan, beberapa hari pertama ketika payudara baru mengeluarkan ASI, puting susu Anda mungkin terasa lebih sakit dan pecah-pecah. Kondisi ini bisa membuat puting Anda lecet dan mengalami luka, sehingga terjadi perdarahan di sekitar puting susu. 

Meskipun demikian, proses menyusui seharusnya tidak menimbulkan rasa sakit dan perdarahan. Jika masalah ini sering muncul, kemungkinan besar anak Anda tidak menyusu dengan benar dan menimbulkan beberapa gejala yang cukup menyakitkan, seperti:

  • Puting terlihat datar dan putih setelah selesai menyusui
  • Merasakan sakit selama proses menyusui
  • Bayi Anda masih lapar walaupun sudah menyusui
  • Bagian bawah puting tidak tertutupi dengan benar oleh mulut bayi. 

2. Mastitis 

mastitis adalah

Penyebab puting berdarah yang satu ini juga masih berhubungan dengan proses menyusui yang sedang Anda lakukan. Mastitis adalah infeksi pada salah satu atau kedua payudara yang dapat disebabkan oleh bakteri yang ada pada mulut bayi. Kondisi ini dapat menyebabkan Anda merasakan sakit selama proses menyusui. 

Salah satu gejala mastitis adalah puting lecet yang dapat mengakibatkan adanya perdarahan. Dari puting yang lecet tadi, bakteri masuk dan menyebabkan infeksi ini terjadi. 

Bila Anda mengalami beberapa gejala di bawah ini, silakan periksakan ke dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

  • Nyeri pada payudara
  • Payudara membengkak
  • Demam
  • Merasakan sakit dan terbakar ketika menyusui
  • Payudara terlihat memerah

3. Papiloma intraduktal

kista payudara

Papiloma intraduktal adalah sebuah kondisi ketika terdapat tumor jinak pada payudara Anda. Tumor ini menjadi salah satu penyebab mengapa puting Anda berdarah meskipun tidak sedang menyusui. 

Jaringan yang tumbuh pada saluran payudara Anda ini berukuran kecil, terlihat seperti kutil, dan biasanya terletak di belakang atau samping puting Anda. Oleh karena itu, puting Anda bisa mengeluarkan darah dan cairan bening. 

Apabila merasa payudara Anda sakit dan puting mengeluarkan cairan serta darah, konsultasikan kepada dokter untuk memastikan penyebabnya. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan perawatan lebih awal bila terdapat tumor pada payudara Anda. 

4. Penyebab puting berdarah lainnya

Selain berbagai kondisi yang secara langsung memengaruhi payudara Anda, ada beberapa penyebab yang dapat membuat puting Anda berdarah, seperti:

  • Penggunaan pil KB
  • Trauma atau cedera pada payudara
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Perubahan siklus menstruasi
  • Stimulasi payudara yang berlebihan

Apakah puting berdarah bagian dari gejala kanker payudara?

makanan penyebab kanker payudara, gejala kanker payudara, ciri-ciri kanker payudara

Banyak orang yang mengira bahwa puting berdarah adalah salah satu pertanda mereka menderita kanker payudara. Pada kenyataannya, hanya 3-9% dari wanita yang didiagnosis kanker payudara mengalami gejala ini

Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan mamografi. Mamografi adalah tes yang bertujuan untuk mendeteksi masalah pada payudara Anda, termasuk kanker payudara. 

Pada umumnya, puting berdarah sering terjadi pada ibu yang sedang menyusui. Akan tetapi, bila hal ini terjadi ketika Anda sedang tidak menyusui, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan jawaban lebih pasti dan penanganan yang tepat. 

Sumber Foto: Medical News Today

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Penyebab Puting Payudara Sakit, yang Normal dan yang Perlu Diperiksa Dokter

Puting susu sakit paling sering dialami oleh wanita. Apakah selalu pertanda gejala kanker payudara? Belum tentu. Baca di sini untuk cari tahu.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Hidup Sehat, Fakta Unik 10/03/2018 . 4 menit baca

Cara Cek Kesehatan dari Penampakan dan Kondisi Puting Dada Anda

Puting susu bukanlah sebuah hiasan tubuh tanpa makna. Kondisi puting Anda bisa menjadi cerminan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Cek di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 27/01/2018 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

puting

Bedakan Mana Ciri Puting Payudara yang Normal dan Abnormal

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 05/03/2019 . 6 menit baca
bercak putih di puting

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22/04/2018 . 5 menit baca
tidak punya puting susu

Mengenal Athelia, Kondisi Langka Tidak Ada Puting Pada Pria Maupun Wanita

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 16/04/2018 . 5 menit baca
perubahan puting payudara

Kenali 5 Tanda Perubahan Puting Payudara yang Harus Anda Waspadai

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 02/04/2018 . 5 menit baca