7 Penyebab Lidah Kesemutan dari Ringan Hingga yang Mesti Diwaspadai

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Psst, ternyata bukan cuma kaki saja yang bisa kesemutan, tapi lidah yang katanya tak bertulang pun bisa merasakan sensasi ini. Mungkin beberapa dari Anda pernah mengalami lidah kesemutan hingga baal. Lalu, apa, ya, penyebab dari lidah kesemutan itu? Apakah hal ini wajar terjadi?

Beragam penyebab lidah kesemutan

warna lidah menandakan penyakit

Biasanya, Anda merasakan kesemutan hanya pada bagian tubuh tangan dan kaki Anda. Namun, tiba-tiba kondisi ini justru terasa di bagian mulut Anda, yaitu lidah. Kesemutan atau yang dalam medis dikenal sebagai parestesia ini umumnya terjadi akibat dari komplikasi pasca pembedahan gigi dan mulut. Nah, komplikasi tersebut menyebabkan kerusakan saraf yang berdekatan dengan gigi.

Selain komplikasi akibat operasi gigi dan mulut, terdapat penyebab lain dari lidah kesemutan ini, antara lain:

1. Reaksi dari alergi

buah untuk menurunkan berat badan

Selain gatal-gatal pada kulit, ternyata gejala alergi juga bisa menimbulkan sensasi kesemutan pada lidah. Jika Anda memiliki alergi terhadap makanan dan minuman tertentu, kemungkinan besar muncul rasa kesemutan di mulut, lidah, hingga tenggorokan.

Sindrom alergi oral ini biasanya hadir ketika Anda memakan buah atau sayuran mentah. Hal tersebut dikarenakan protein yang ada di keduanya hampir mirip dengan yang ada di serbuk sari. Selain buah dan sayur, ini dia jenis makanan yang bisa Anda hindari agar tidak terjadi kesemutan pada lidah.

  • Telur
  • Susu
  • Gandum
  • Kedelai
  • Kacang-kacangan
  • Ikan

Nah, Anda tidak perlu khawatir karena bisa mengobatinya dengan antihistamin atau berkumur-kumur dengan air sampai kesemutan di lidah mereda. Walaupun kondisi ini akan hilang dengan sendirinya, apabila Anda mengalami gejala yang semakin parah, segera datangi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

2. Sariawan

penyebab lidah sariawan

Selain mengganggu, benjolan yang ada di dalam mulut ini ternyata juga menjadi penyebab dari lidah kesemutan. Sariawan di dalam mulut memang menyakitkan, tetapi tidak perlu cemas karena kondisi ini akan hilang dalam beberapa minggu.

Nah, selama sariawan masih hadir di mulut Anda, cobalah untuk menghindari makanan pedas, asam, dan renyah. Jenis makanan tersebut dapat membuat benjolan kecil di mulut Anda iritasi. Selain itu, Anda bisa mengobati rasa sakitnya dengan benzocaine atau ramuan berikut ini:

  • 16 sdm air
  • 1 sdt garam
  • ½ sdm soda kue

Campurkan ketiganya dan cobalah untuk berkumur-kumur dengan air tersebut agar lidah kesemutan akibat sariawan dapat teratasi dengan baik.

3. Kurang vitamin  B

vitamin b kompleks untuk jantung

Jika tubuh Anda kekurangan vitamin B12 dan folat, indra pengecap Anda akan kehilangan fungsinya untuk menentukan rasa. Hal tersebut dikarenakan terjadi pembengkakan dan timbul rasa nyeri yang memicu sensasi kesemutan pada lidah Anda.

Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi vitamin B untuk menghindari hal ini. Lidah yang kesemutan pun bisa mengurangi nafsu makan Anda karena kurangnya kemampuan untuk mengecap rasa.

Ini dia beberapa sumber vitamin B yang bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

  • Ikan, telur, daging, dan produk susu
  • Kedelai dan susu kedelai
  • Sayuran hijau, jeruk, dan tomat

Kondisi ini akan terus memburuk hingga merusak sistem saraf Anda jika dibiarkan. Oleh karena itu, periksakan ke dokter apabila Anda merasa kelelahan yang amat sangat dan mengalami anemia.

4. Hipoglikemia

kadar gula darah rendah hipoglikemia

Bagi para penyandang diabetes, hipoglikemia menjadi mimpi buruk bagi mereka. Mulai dari gejalanya yang begitu ekstrim, seperti langsung jatuh pingsan, hingga yang cukup mengganggu seperti lidah kesemutan.

Hipoglikemia biasanya terjadi karena diabetesi melewatkan jam makan atau menggunakan insulin secara berlebihan. Namun, kondisi ini tidak hanya penderita diabetes yang dapat mengalaminya, semua orang juga berpeluang besar untuk merasakan hal tersebut.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di bawah ini, segera konsumsi makanan bergula, seperti permen atau jus buah untuk mengembalikan kadar gula Anda.

  • Sangat lapar
  • Merasa sangat lelah, tubuh gemetar, dan lemah.
  • Pusing dan berkeringat
  • Mudah tersinggung dan ingin menangis

5. Stroke

Penyebab lain dari lidah kesemutan adalah gejala stroke. Jika indera pengecap Anda terasa geli dan mengganggu, bisa jadi hal tersebut gejala awal dari penyakit stroke. Akan tetapi, tentu saja tidak bisa menjadi patokan bahwa lidah kesemutan merupakan gejala awal stroke. Hal tersebut tetap harus disertai dengan tanda-tanda lainnya untuk benar-benar memastikan Anda terkena stroke.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala yang benar-benar menunjukkan stroke, agar dapat diobati lebih awal.

Berikut ini adalah gejala-gejala stroke yang bisa disertai dengan kesemutan pada lidah.

  • Mati rasa pada satu sisi wajah Anda
  • Kehilangan kemampuan untuk menggerakan lengan
  • Sulit berbicara

6. Hipokalsemia

kepala pusing

Lidah kesemutan ternyata juga bisa disebabkan oleh merosotnya kalsium pada darah Anda. Nah, selain itu, ada gejala lain yang harus Anda perhatikan ketika hipokalsemia mulai muncul, di antaranya:

  • Kram dan kaku pada otot
  • Lidah dan jari kaki kesemutan
  • Pusing
  • Kejang-kejang

Jika Anda menemui tanda-tanda di atas, segera hubungi dokter Anda. Prosedur pemeriksaannya tidak sulit. Anda cukup menjalani tes darah dan menunggu hasilnya. Nah, Anda bisa mengatasi kondisi ini dengan meminum suplemen kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda.

7. Sindrom mulut panas

mulut panas burning mouth

Burning mouth syndrome atau sindrom mulut panas adalah kondisi medis ketika seseorang merasakan mulutnya seperti terbakar dan kesemutan tanpa penyebab yang jelas.
Nah, salah satu gejalanya adalah lidah kesemutan. Walaupun penyebabnya tidak jelas, ada peneliti yang percaya bahwa masalah ini muncul akibat gangguan dari sistem saraf.

Memang sindrom mulut panas tidak ada obatnya, tetapi tidak ada salahnya untuk menghindari alkohol, rokok, dan makanan pedas demi mengurangi rasa sakitnya.

Penyebab lidah kesemutan sebenarnya ada banyak, tetapi 7 pemicu di atas merupakan hal yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Oleh karena itu, apabila Anda merasa bahwa kondisi ini sangat mengganggu, silahkan konsultasikan kepada dokter Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca