Benarkah Bau Badan Berubah Ketika Kita Bertambah Tua?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Kurang menjaga kebersihan tubuh merupakan penyebab dari bau badan yang paling umum. Namun, studi terbaru menunjukkan bahwa usia juga dapat memengaruhi bau badan seseorang. Kok bisa bau badan berubah sering bertambahnya usia?

Apa penyebab bau badan?

Selain kelenjar minyak, kulit Anda juga memiliki kelenjar keringat. Nah, kelenjar keringat ini berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, menjaga kelembapan kulit, dan menyeimbangkan cairan tubuh. Kelenjar keringat ini terdiri dari dua jenis, yaitu kelenjar ekrin dan apokrin.

Kelenjar ekrin memproduksi keringat yang terdiri dari air dan garam. Hampir semua area kulit di tubuh Anda memiliki kelenjar ekrin. Sementara itu, kelenjar apokrin hanya berada di area kulit yang umumnya ditumbuhi rambut, seperti ketiak, puting payudara, dan organ vital. Kelenjar ini memproduksi keringat yang terdiri dari lemak.

Meski kedua kelenjar tersebut menghasilkan bau, umumnya bau badan berasal dari keringat kelenjar apokrin. Pasalnya, bakteri yang menempel di kulit lebih mudah mengurai keringat yang ada pada kelenjar apokrin. Itulah sebabnya ketiak, selangkangan, dan payudara Anda sering mengeluarkan bau tidak sedap.

Benarkah bau badan berubah saat tua nanti?

Selain kurangnya kebersihan tubuh, bau badan juga bisa dipengaruhi oleh pilihan makanan, aktivitas tubuh, kondisi medis tertentu, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Namun, pernahkah Anda memerhatikan seperti apa bau tubuh bayi dengan orang dewasa. Bau tubuh bayi dan anak-anak tidak seburuk bau tubuh orang dewasa, bukan? Lantas, apakah bau badan bisa berubah seiring dengan menuanya usia Anda?

Sebuah studi menguji 44 pria dan wanita yang dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu usia 20 hingga 30 tahun, 45 hingga 55 tahun, dan 75 hingga 90 tahun. Mereka diminta untuk tidur mengenakan baju khusus yang dilengkapi bantalan ketiak selama 5 hari berturut-turut dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan bau badan.

Hasilnya menunjukkan bahwa  orang yang lebih tua memang memiliki aroma yang sangat berbeda dan lebih kuat. Periset percaya jika perubahan bau badan ini terjadi akibat adanya kerusakan pada senyawa tertentu yang diproduksi tubuh seiring bertambahnya usia. Senyawa tersebut dikenal dengan nonenal-2.

Senyawa nonenal-2 diketahui terbentuk akibat proses pemecahan lemak tak jenuh omega 7. Senyawa ini biasanya terbentuk ketika seseorang mencapai usia 40 tahun.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca