Seiring bertambahnya usia, fungsi otak akan semakin menurun secara alamiah. Inilah mengapa semakin tua orang bisa jadi pikun atau mudah lupa. Sayangnya, gejala penuaan alami dan penyakit Alzheimer sulit dibedakan. Karena itu, banyak orang mengira gejala penyakit Alzheimer yang muncul sebagai gejala penuaan. Padahal penyakit Alzheimer harus segera ditangani dengan tepat. Yuk, pelajari apa saja perbedaan penuaan alami dan penyakit Alzheimer berikut ini.

Mengenal penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer menyerang sistem kognitif otak. Orang dengan penyakit ini mengalami penurunan kemampuan berbahasa, mengingat, dan berpikir. Gejala penyakit Alzheimer yang utama memang mudah lupa. Akan tetapi, bukan berarti semua orang yang mudah lupa adalah penyandang penyakit Alzheimer.

Membedakan penuaan alami dan gejala penyakit Alzheimer

Bila Anda atau orang terdekat Anda mengalami tanda-tanda berikut ini, segera periksakan ke dokter spesialis saraf.

1. Hilang ingatan

Melupakan informasi yang baru saja didengar adalah salah satu ciri Alzheimer. Anda juga mungkin tidak ingat sama sekali pernah bikin janji dengan seseorang atau tidak ingat siapa tetangga Anda.

Penuaan alami: Anda ingat wajah dan sosok tetangga, hanya lupa namanya. Anda juga mungkin lupa ada janji, tetapi setelah diingatkan baru sadar kalau memang pernah bikin janji.

2. Lupa caranya mengerjakan aktivitas mudah

Waktu mau masak, Anda tiba-tiba lupa bagaimana caranya masak sayur bayam. Anda juga tak ingat bagaimana caranya mengambil uang di ATM atau membayar tagihan.

Penuaan alami: Tahu bagaimana caranya membayar tagihan, tapi lupa membayar setiap tanggal jatuh tempo. Atau Anda ingat caranya masak sayur bayam, tetapi lupa beli salah satu bahannya.

3. Pemahaman waktu dan tempat yang membingungkan

Gejala penyakit Alzheimer yang mungkin dialami adalah tiba-tiba lupa sedang berada di mana. Anda tidak ingat bagaimana bisa sampai di situ dan dengan siapa Anda pergi. Bisa juga Anda tidak tahu saat ini tahun berapa. Anda mungkin bangun pagi dan bersiap-siap pergi ke kantor, padahal sudah lama pensiun.

Penuaan alami: Lupa nama jalan atau lupa hari ini hari apa.

4. Kesulitan mengenali seseorang

Orang yang mengidap Alzheimer mungkin tidak menyadari bahwa bayangan di cermin adalah dirinya sendiri. Jika sudah cukup parah, Anda mungkin kesulitan mengenali orang-orang bahkan yang dekat sekalipun, misalnya cucu atau sabahat Anda.

Penuaan alami: Penglihatan berkurang, misalnya jadi buram atau lebih sempit. Biasanya gangguan visual tersebut berkaitan dengan katarak.

5. Melantur

Di tengah-tengah pembicaraan, Anda tiba-tiba bingung sedang membahas apa. Anda juga mungkin sering kehilangan kata-kata sehingga akhirnya melantur.

Penuaan alami: Lupa istilah yang tepat untuk hal-hal tertentu. Misalnya separator jalan Anda sebut sebagai “pembatas”. Bisa juga Anda sudah pernah menceritakan sesuatu pada orang yang sama berulang-ulang.

6. Menaruh barang di tempat yang tidak semestinya

Secara tak sadar Anda meletakkan kunci rumah di kamar mandi atau menaruh ponsel di dalam kulkas. Namun, Anda tak bisa mengingat-ingat lagi barang-barang tersebut ditaruh di mana tadi.  

Penuaan alami: Terus-terusan kehilangan kacamata atau remote televisi, tapi bisa ditemukan dengan mudah setelah mengingat-ingat kapan terakhir kali barang tersebut dipakai.

7. Lalai dan sembrono

Anda mungkin jadi lebih lalai atau sembrono dalam bertindak. Misalnya membeli barang dengan harga yang jauh lebih mahal dari biasanya atau pergi ke luar rumah mengenakan baju tidur. Bisa juga Anda jadi lalai dalam merawat diri, seperti lupa minum obat dan lupa menyikat gigi.

Penuaan alami: Sesekali salah mengambil keputusan, misalnya dalam hal pekerjaan.

8. Menarik diri dari lingkungan sosial

Bila tadinya Anda senang berkumpul dengan keluarga, sahabat, dan tetangga, sekarang Anda mungkin lebih suka menyendiri. Anda tidak tertarik kalau harus pergi ke acara keluarga dan bertemu banyak orang.

Penuaan alami: Merasa kelelahan setelah kumpul bersama keluarga atau beraktivitas.

9. Perubahan suasana hati

Salah satu gejala penyakit Alzheimer adalah perubahan sikap atau suasana hati. Anda jadi lebih muram, sendu, bahkan lebih rentan terserang depresi. Biasanya Anda juga mudah curiga, cemas, dan stres.

Penuaan alami: Mudah tersinggung, terutama soal kemampuan fisik atau kognitif. Perasaan Anda juga mungkin jadi lebih peka dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca