Ini Alasan Kenapa Anda Harus Pakai Pakai Sunscreen Tiap 2 Jam Sekali

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Salah satu menggunakan sunscreen yang baik dan benar adalah dipakai setiap dua jam sekali. Hal ini memang sudah dianjurkan oleh kebanyakan ahli kulit. Nah, mengapa sangat penting penggunaan sunscreen setiap dua jam?

Alasan pentingnya penggunaan sunscreen setiap dua jam

Kebanyakan sunscreen dengan SPF 15 atau lebih tinggi kandungannya, mampu bekerja dengan baik melindungi kulit dari sinar UVB. Akan tetapi, terdapat dua kelemahan dari sunscreen tersebut.

Pertama, sunscreen hanya bertahan sekitar 2-3 jam setelah pemakaian. Kedua, biasanya penggunaan tabir surya ini dapat memerahkan kulit. Hal tersebut dikarenakan hanya melindungi sinar UVB, sehingga terdapat kemungkinan efek dari UVA yang bisa Anda peroleh.

Nah, durasi ketahanan tersebut adalah salah satu faktor mengapa sangat penting menggunakan sunscreen setiap dua jam. Apabila Anda sering beraktivitas di luar ruangan, Anda sangat memerlukan tabir surya dengan SPF tinggi dan anti air.

Ketika Anda berada di luar ruangan, kemungkinan besar sangat sering terpapar sinar matahari, sehingga akan sangat mudah berkeringat. Oleh karena itu, sunscreen anti air sangat dianjurkan karena tidak akan cepat luntur ketika berkeringat.

Selain itu, agar kulit Anda tidak cepat terbakar, tabir surya harus digunakan 30 menit sebelum beraktivitas di luar. Sangat penting bagi Anda untuk memakainya kembali setiap dua jam, agar kulit Anda dapat dilindungi dengan baik. Tidak lupa untuk menggunakannya kembali seusai berenang, berolahraga, atau sehabis memakai handuk.

Tips mengoptimalkan penggunaan sunscreen

Pertama-tama, yang perlu diingat adalah kita tidak boleh bergantung pada tabir surya saja untuk melindungi dari sinar matahari. Tabir surya tidak benar-benar dapat menjaga kita dari kulit terbakar, melepuh, hingga kanker. Tentu dibutuhkan perlindungan lain untuk mengoptimalkan sunscreen ini agar kita terhindar dari dampak buruk radiasi matahari.

  • Menggunakan lip balm SPF 30
  • Topi
  • Kacamata hitam dengan perlindungan sinar UV
  • Pakaian berlengan panjang

Nah, tidak lupa untuk mengetahui kalau radiasi matahari yang memiliki efek buruk mulai dari jam 10 pagi hingga 4 sore. Cobalah untuk mengurangi aktivitas di luar pada jam-jam tersebut.

Mitos seputar penggunaan sunscreen

Setelah kita mengetahui alasan mengapa harus menggunakan sunscreen setiap 2 jam dan cara mengoptimalkannya, ternyata terdapat beberapa mitos seputar sunscreen yang sering dipercaya oleh kita.

1. Sunscreen bisa menyebabkan kekurangan vitamin D

Mitos ini sebenarnya masih menjadi kontroversi. Akan tetapi, beberapa ahli dermatologi percaya kalau sunscreen bisa mengakibatkan kulit kita kekurangan vitamin D. Walaupun begitu, belum ada riset yang benar-benar membuktikan hal ini. Selain bersumber dari sinar matahari, vitamin D juga bisa diperoleh dari salmon, telur, ataupun susu.

2. Tidak perlu menggunakan sunscreen jika cuaca berawan

Tentu saja hal ini sangat salah. Bumi kita masih terpapar sekitar 40% radiasi sinar matahari, meskipun saat itu cuaca sedang berawan. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen tetap harus dilakukan ketika Anda beraktivitas di luar, walaupun cuaca sedag berawan. 

Sunscreen dengan SPF tinggi tentu sangat bermanfaat bagi kulit kita. Apalagi, memakainya dengan benar dan sesuai anjuran dapat mengoptimalkan manfaat sunscreen tersebut. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen setiap 2 jam sekali, ketika Anda beraktivitas di luar.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca