Ini Alasan Kenapa Anda Harus Pakai Pakai Sunscreen Tiap 2 Jam Sekali

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18/04/2019 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Salah satu menggunakan sunscreen yang baik dan benar adalah dipakai setiap dua jam sekali. Hal ini memang sudah dianjurkan oleh kebanyakan ahli kulit. Nah, mengapa sangat penting penggunaan sunscreen setiap dua jam?

Alasan pentingnya penggunaan sunscreen setiap dua jam

Kebanyakan sunscreen dengan SPF 15 atau lebih tinggi kandungannya, mampu bekerja dengan baik melindungi kulit dari sinar UVB. Akan tetapi, terdapat dua kelemahan dari sunscreen tersebut.

Pertama, sunscreen hanya bertahan sekitar 2-3 jam setelah pemakaian. Kedua, biasanya penggunaan tabir surya ini dapat memerahkan kulit. Hal tersebut dikarenakan hanya melindungi sinar UVB, sehingga terdapat kemungkinan efek dari UVA yang bisa Anda peroleh.

Nah, durasi ketahanan tersebut adalah salah satu faktor mengapa sangat penting menggunakan sunscreen setiap dua jam. Apabila Anda sering beraktivitas di luar ruangan, Anda sangat memerlukan tabir surya dengan SPF tinggi dan anti air.

Ketika Anda berada di luar ruangan, kemungkinan besar sangat sering terpapar sinar matahari, sehingga akan sangat mudah berkeringat. Oleh karena itu, sunscreen anti air sangat dianjurkan karena tidak akan cepat luntur ketika berkeringat.

Selain itu, agar kulit Anda tidak cepat terbakar, tabir surya harus digunakan 30 menit sebelum beraktivitas di luar. Sangat penting bagi Anda untuk memakainya kembali setiap dua jam, agar kulit Anda dapat dilindungi dengan baik. Tidak lupa untuk menggunakannya kembali seusai berenang, berolahraga, atau sehabis memakai handuk.

Tips mengoptimalkan penggunaan sunscreen

Pertama-tama, yang perlu diingat adalah kita tidak boleh bergantung pada tabir surya saja untuk melindungi dari sinar matahari. Tabir surya tidak benar-benar dapat menjaga kita dari kulit terbakar, melepuh, hingga kanker. Tentu dibutuhkan perlindungan lain untuk mengoptimalkan sunscreen ini agar kita terhindar dari dampak buruk radiasi matahari.

  • Menggunakan lip balm SPF 30
  • Topi
  • Kacamata hitam dengan perlindungan sinar UV
  • Pakaian berlengan panjang

Nah, tidak lupa untuk mengetahui kalau radiasi matahari yang memiliki efek buruk mulai dari jam 10 pagi hingga 4 sore. Cobalah untuk mengurangi aktivitas di luar pada jam-jam tersebut.

Mitos seputar penggunaan sunscreen

Setelah kita mengetahui alasan mengapa harus menggunakan sunscreen setiap 2 jam dan cara mengoptimalkannya, ternyata terdapat beberapa mitos seputar sunscreen yang sering dipercaya oleh kita.

1. Sunscreen bisa menyebabkan kekurangan vitamin D

Mitos ini sebenarnya masih menjadi kontroversi. Akan tetapi, beberapa ahli dermatologi percaya kalau sunscreen bisa mengakibatkan kulit kita kekurangan vitamin D. Walaupun begitu, belum ada riset yang benar-benar membuktikan hal ini. Selain bersumber dari sinar matahari, vitamin D juga bisa diperoleh dari salmon, telur, ataupun susu.

2. Tidak perlu menggunakan sunscreen jika cuaca berawan

Tentu saja hal ini sangat salah. Bumi kita masih terpapar sekitar 40% radiasi sinar matahari, meskipun saat itu cuaca sedang berawan. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen tetap harus dilakukan ketika Anda beraktivitas di luar, walaupun cuaca sedag berawan. 

Sunscreen dengan SPF tinggi tentu sangat bermanfaat bagi kulit kita. Apalagi, memakainya dengan benar dan sesuai anjuran dapat mengoptimalkan manfaat sunscreen tersebut. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen setiap 2 jam sekali, ketika Anda beraktivitas di luar.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Lebih Baik Pakai Tabir Surya (Sunscreen) Kedaluwarsa Atau Tak Pakai Sama Sekali?

Pakai tabir surya menjadi hal wajib sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Namun saat produknya kedaluwarsa, ini keputusan yang perlu diambil.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik 08/01/2019 . 3 menit baca

Begini Cara Memakai Sunscreen yang Benar, Supaya Kulit Tidak Gosong

Cara memakai sunscreen yang keliru malah tidak akan efektif melindungi kulit dari bahaya radiasi UV matahari. Bagaimana caranya yang benar?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/10/2018 . 3 menit baca

Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Pakai Krim, Memangnya Ampuh?

Mau tau cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang efektif dan apakah bisa dengan krim atau tidak? Yuk simak pendapat ahlinya di ulasan berikut ini.

Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Penyakit Kulit, Jerawat, Health Centers 08/08/2018 . 5 menit baca

4 Mitos Perawatan Kulit yang Justru Bikin Kulit Makin Bermasalah

Banyak mitos perawatan kulit yang dipercaya banyak wanita ternyata salah dan bikin kulit bermasalah. Coba cek, mungkin salah satunya juga Anda lakukan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Kecantikan 26/07/2018 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

arti SPF dan PA dalam sunscreen

Waktu Penggunaan Sunscreen yang Tepat Demi Kulit yang Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 16/03/2020 . 3 menit baca
cara memakai ulang sunscreen

Cara Mengoles Ulang Sunscreen Tanpa Merusak Makeup

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 11/08/2019 . 3 menit baca
perbedaan hydrating dan moisturizing

Perlukah Pakai Sunscreen Jika Berada di Dalam Ruangan Seharian?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 01/08/2019 . 4 menit baca
sunscreen untuk kulit kepala

4 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Kepala Agar Tak Terbakar Matahari

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 03/06/2019 . 4 menit baca