Secara Psikologis, Laki-laki Lebih Senang Pamer Pasangan Dibanding Wanita

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Jika Anda melihat anak kecil yang sedang bermain, mungkin Anda akan melihat salah satu anak kecil memamerkan mainan terbaru yang ia miliki untuk membuat teman lainnya iri padanya. Tahukah Anda bahwa laki-laki ternyata berlaku sama seperti anak kecil ketika memiliki pacar baru? Ya, menurut penelitian kaum laki-laki lebih cenderung memamerkan pasangan mereka ke teman-temannya.

Mengapa hal ini terjadi? apa pandangan psikologis dari kondisi ini? Apakah semua laki-laki seperti itu?

Laki-laki lebih cenderung memamerkan hubungan asmara

Sebuah analisis studi yang diterbitkan dalam jurnal Evolutionary Psychological Science, menyatakan bahwa dalam suatu hubungan asmara, laki-laki lebih sering memamerkan pasangan wanitanya kepada teman-teman sepermainannya. Jadi, para peneliti membandingkan beberapa penelitian yang masing-masing penelitiannya memerhatikan tingkah laku pasangan yang sedang ada dalam hubungan asmara yang romantis.

Dalam survei pertama, ada sebanyak 66 laki-laki dan 51 wanita yang menganggap bahwa status sosial bisa dilihat dari pasangan yang mereka bawa ketika datang ke suatu acara penting. Para peserta pada survei pertama ini menyatakan jika seseorang yang datang bersama pasangan yang cantik/ganteng dan menarik dari segi penampilan memiliki status sosial yang lebih tinggi.

Sedangkan pada survei selanjutnya, terdapat 41 laki-laki dan 82 wanita yang dijadikan peserta. Dalam survei ini, para lelaki mengaku bahwa mereka melihat peringkat atau status sosial diukur dari daya tarik pasangannya.

Mengapa hal ini terjadi dalam suatu hubungan asmara?

Mungkin memang tidak pada semua hubungan asmara, laki-laki berperilaku dan beranggapan seperti itu. Para ahli dalam penelitian ini juga tidak mengetahui pasti apa yang menyebabkan laki-laki melihat status sosial dari daya tarik pasangannya.

Namun, dari hasil survei, diketahui bahwa sebagian besar laki-laki yang beranggapan seperti itu, menganggap jika seseorang pria yang mempunyai wanita dengan daya tarik yang tinggi dari segi penampilannya, maka pria tersebut memiliki kemampuan untuk menarik hati wanita lebih baik. Selain itu, mereka juga menyatakan bila seorang laki-laki tersebut dinilai lebih romantis terhadap pasangannya.

Apakah semua laki-laki seperti itu? Bagaimana dengan wanita?

Tentu saja, laki-laki bukan satu-satunya pihak yang sering memamerkan keromantisan serta pasangannya pada orang lain. Wanita pun juga melakukannya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013, menunjukkan bahwa justru pihak wanita yang lebih sering memamerkan pasangannya kepada teman-temannya.

Meskipun hasil penelitian berkata seperti itu, namun pada dasarnya hal tersebut kembali kepada sifat dan watak masing-masing individu. Selain itu, tergantung juga pada kualitas hubungan asmara serta komitmen yang dibuat ketika pertama kali memutuskan untuk menjalani hubungan bersama.

Mungkin, ada orang yang tidak suka untuk mengumbar hubungannya di media sosial atau kepada orang-orang di sekitarnya. Apabila pasangan Anda cenderung mempunyai sifat yang seperti itu, maka hargai pendapatnya dan diskusikan hal tersebut untuk mendapatkan kata sepakat.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca