Di Indonesia, penggunaan minyak argan untuk perawatan kecantikan bahkan kesehatan secara keseluruhan mungkin tidak seterkenal minyak zaitun. Tapi tahukan Anda, untuk urusan kecantikan, minyak argan memiliki kandungan vitamin E yang jauh lebih banyak dibandingkan minyak zaitun, loh! Lantas, apa itu minyak argan? Dan apa saja manfaat minyak argan? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa itu minyak argan?

Siapa yang tidak takjub dengan kecantikan para gadis Timur Tengah? Coba perhatikan, kulit mereka tampak lembab bahkan jauh dari kesan kering dan kusam. Selain itu, rambut mereka hitam berkilau dan tampak lembut meskipun mereka tinggal di daerah yang kering. Nah, tahukah Anda, jika salah satu rahasia cantik gadis-gadis Timur Tengah adalah karena mereka rutin menggunakan argan oil atau minyak argan.

Minyak argan adalah minyak yang berasal dari ekstrak biji pohon argan yang hanya tumbuh di daratan Maroko. Minyak argan sering disebut emas cair karena khasiatnya untuk melembabkan kulit yang telah dikenal sejak jaman sebelum masehi.  

Minyak ini kaya dengan vitamin A dan vitamin E. Selain itu, minyak argan juga mengandung antioksidan, asam lemak omega-6, dan asam linoleat. Bila dioleskan ke kulit, trocopherol dari vitamin E, membantu meningkatkan produksi sel untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Inilah sebabnya, mengapa banyak perusahaan kosmetik menjadikan minyak argan sebagai bahan baku ke dalam produk anti penuaan, perawatan rambut, dan perawatan kulit yang memiliki kualitas terbaik.  

Beragam manfaat minyak argan

Jika kebanyakan minyak biasanya meninggalkan bekas lengket, susah meresap, berminyak, dan menutup pori-pori, tetapi hal ini tidak berlaku bagi minyak argan. Minyak ajaib yang satu ini mudah meresap dan tidak berbau. Berikut ini beberapa manfaat minyak argan dalam bidang kecantikan:

1. Melembabkan kulit

Ini merupakan manfaat utama dari minyak argan, yaitu melembabkan kulit. Minyak argan merupakan pelembab alami yang dapat dengan mudah terserap oleh kulit. Membuat kulit kita lebih lentur dan tidak mudah kering.

2. Menghilangkan jerawat

Minyak argan telah terbukti bisa mengurangi kadar sebum pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Kandungan asam linoleat yang tinggi dalam minyak Argan membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat dan sekaligus membantu menyembuhkan sel kulit yang rusak.

3. Menghilangkan garis halus dan keriput

Garis halus dan keriput adalah dua hal yang menjadi momok dan paling dihindari wanita. Tapi tenang, khasiat minyak argan mampu menjaga elastisitas kulit dan merevitalisasi kulit dengan menambah resistensi kelembaban. Jadi, kulit Anda akan lebih bercahaya dan tampak semakin muda.

Selain itu, minyak argan juga mampu memperbaiki kolagen dan elastin kulit. Dua formula tersebut bertanggung jawab untuk menjaga kekencangan kulit, mengurangi garis halus bahkan keriput yang tampak nyata, juga perbaikan kulit yang rusak. Sehingga membuat kulit Anda jadi lebih awet muda.

4. Mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari

Dengan formula antioksidan dan kandungan vitamin E yang sangat tinggi, minyak argan akan melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari dan berbagai radikal bebas.

5. Memperkuat kuku

Kuku Anda rapuh? Oleskan saja minyak argan. Nutrisi dalam minyak argan terbukti dapat menguatkan kuku yang rapuh sekaligus melembutkan kutikula. Juga dapat mengurangi keriput pada punggung tangan Anda.

6. Perawatan rambut

Minyak argan tidak hanya bermanfaat untuk kulit, tapi juga bagus untuk perawatan rambut. Minyak ini dapat memelihara kelembutan rambut, membuat rambut lembut dan memperbaiki rambut dari rambut bercabang dan ketombe. 

7. Pelembab bibir

Manfaat minyak argan lainnya adalah untuk perawatan bibir Anda. Tidak hanya menyembuhkan bibir pecah-pecah, namun minyak argan juga mampu menjaga bibir Anda agar tetap lembut, halus dan sehat.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca