Makan Cokelat Ternyata Baik Bagi Anda yang Punya Penyakit Jantung

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 23/11/2017
Bagikan sekarang

Apakah Anda penyuka cokelat? Makanan yang katanya bisa bikin mood bahagia ini ternyata punya manfaat tersembunyi bagi kesehatan jantung Anda. Manfaat ini lebih baik lagi bagi Anda yang memang memiliki riwayat atau berisiko terkena penyakit jantung. Apa yang membuat cokelat baik untuk jantung? Lantas, berapa banyak Anda boleh makan cokelat kalau punya penyakit jantung?

Makan cokelat baik untuk penderita penyakit jantung

Ada begitu banyak penelitian yang menyatakan bahwa cokelat baik untuk jantung. Salah satunya penelitian yang berasal dari Norfolk, Inggris.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Heart ini diketahui bahwa makan cokelat bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 11 persen dan mencegah kematian dini pada penderita penyakit jantung hingga 25 persen. Bahkan studi tersebut juga melaporkan bahwa makan cokelat bisa menurunkan risiko stroke sebesar 23 persen.

Meskipun belum diketahui secara pasti apa yang membuat cokelat bermanfaat untuk kesehatan jantung, para ahli menyimpulkan bahwa kandungan flavonoid yang ada di cokelatlah yang menjadi alasannya. Flavonoid yang merupakan bagian dari antioksidan memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah, berperan sebagai antiradang, mencegah penggumpalan darah, serta memperlancar aliran darah.

Berapa banyak cokelat dalam sehari yang diperbolehkan untuk saya?

Jika berdasarkan penelitian yang sebelumnya disebutkan, orang yang memiliki risiko rendah terhadap penyakit jantung boleh makan cokelat sebanyak 100 gram per hari. Namun, tentu saja hal ini tidak bisa dijadikan patokan. Sebab, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan batas cokelat yang baik untuk dikonsumsi dalam satu hari.

Terlepas dari batas aman makan cokelat yang belum pasti, The European Food Safety Authority telah menentukan batas konsumsi flavonoid hanya boleh dikonsumsi dalam satu hari — maksimal 200 mg flavonoid dari biji kakao per hari.

Sebagai perbandingan, kandungan kakao dalam satu batang cokelat hitam (dark chocolate) bisa mencapai 70-90%, tergantung dari mereknya. Ini tergolong sudah cukup banyak, oleh karena itu kandungan flavonoidnya pasti juga banyak. Terlebih, cukup sulit untuk mengecek berapa kandungan kakao dalam satu batang cokelat susu yang biasanya dijual di supermarket karena sering informasi ini tidak dicantumkan.

Hati-hati juga dengan kandungan gula di dalam cokelat

Jenis apapun cokelat yang Anda makan sebenarnya sama baiknya untuk kesehatan jantung. Bahkan susu cokelat sekalipun. Namun memang, Anda perlu memerhatikan benar kandungan gula dan lemak di dalam cokelat favorit Anda. Pasalnya, kebanyakan cokelat batangan yang dijual di pasaran mengandung tinggi gula dan lemak dari berbagai macam susu dan bahan tambahan lainnya.

Untuk mengakalinya, Anda bisa makan cokelat hitam yang cenderung rendah lemak jenuh dan gula. Selain itu, pilih juga cokelat yang punya kadar kakao minimal 70% atau bahkan lebih. Lebih banyak penelitian yang sepakat dan menyatakan bahwa manfaat cokelat hitam bagi kesehatan jantung lebih besar dibanding jenis cokelat lainnya. Meski begitu jangan juga keseringan makan cokelat. Segala sesuatu yang berlebihan, tentu tidak baik untuk tubuh.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Waktu kecil Anda mungkin sering diingatkan bahwa gerimis bikin sakit. Namun, benarkah lebih aman main hujan-hujanan daripada kena gerimis? Cek di sini, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Sebagian dari Anda mungkin lebih suka tidur dalam keadaan terang. Namun riset menunjukkan matikan lampu saat tidur itu lebih baik. Kenapa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Bakwan―gorengan khas Indonesia ini memang enak dan gurih. Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan lebih sehat. Simak resep membuat bakwan sehat berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

minyak esensial untuk meredakan stres

Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020
makan di luar rumah saat pandemi

Amankah Makan di Luar Rumah di Tengah Pandemi?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
sakit tangan main hp

Mengatasi Sakit Tangan Akibat Terlalu Sering Main HP

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020