Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 21 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Ketika Anda menghadapi situasi yang menegangkan atau mendebarkan, tak hanya pikiran saja yang menjadi gelisah. Entah bagaimana, tubuh Anda tiba-tiba juga jadi tak enak. Sungguh waktu yang tidak tepat bagi tubuh Anda untuk memberontak. Namun, tahukah Anda bahwa rasa gugup, cemas, atau tegang akan langsung berdampak pada tubuh? Setiap orang biasanya akan menunjukkan reaksi yang berbeda ketika gugup menyerang. Beberapa akan merasa mual seolah-olah ingin muntah saat gugup. Apa hubungannya rasa gugup dengan perut Anda dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasi mual karena gugup? Cari tahu jawaban lengkapnya di bawah ini.

Situasi apa saja yang bisa bikin mual?

Gugup bisa disebabkan oleh berbagai situasi dan kondisi. Jadi, Anda bisa gugup kapan saja, tak hanya ketika akan tampil di hadapan orang banyak. Bahkan terkadang tanpa Anda sadari, rasa gugup dan cemas bisa muncul dan menyebabkan Anda mual tiba-tiba. Berikut adalah berbagai keadaan di mana gugup bisa menyerang.

Berada di tempat umum yang asing

Banyak orang akan merasa sangat gugup ketika berada di lingkungan sosial yang baru. Misalnya jika harus pergi ke sebuah acara padahal Anda tidak kenal dengan orang-orang yang akan hadir, bekerja di kantor baru, atau pindah sekolah. Di lingkungan yang asing, wajar saja jika Anda merasa canggung dan malu.

Demam panggung

Kondisi ini terjadi pada orang-orang yang akan tampil di depan umum atau melakukan sesuatu yang dampaknya sangat besar. Contohnya presentasi di hadapan klien yang cukup penting, penari yang akan tampil di hadapan penonton, atlet yang akan bertanding, atau mahasiswa yang akan maju sidang skripsi.

Menghadapi perubahan

Kadang perubahan yang akan terjadi bisa membuat Anda mual tiba-tiba. Misalnya ketika memulai pekerjaan baru, pindah ke kota yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, atau anak Anda hendak merantau keluar kota. Mungkin sebenarnya hal ini begitu mengganggu pikiran Anda meskipun Anda berusaha untuk santai dan melupakannya.

Menanti saat yang ditunggu-tunggu

Tidak sabar menghadapi momen-momen tertentu bisa membuat perut Anda berontak. Umumnya orang-orang merasa mual karena gugup setengah mati ketika istrinya sedang melahirkan, sedang merencanakan pernikahan, atau menantikan saat liburan ke negara impian Anda.

Hubungan antara rasa gugup dan perut mual

Saat Anda merasa gugup, tubuh akan memproduksi hormon katekolamin dan adrenalin dalam darah. Hormon ini berfungsi untuk menyiapkan tubuh agar bisa bekerja lebih keras karena adanya ancaman yang membuat Anda gugup. Akibatnya, beberapa fungsi tubuh yang dianggap kurang berperan dalam melindungi diri akan diistirahatkan, salah satunya adalah sistem pencernaan. Hormon yang diproduksi saat gugup akan melepas simpanan lemak dan glukosa secara tiba-tiba sehingga kadar asam dan enzim dalam perut menjadi kacau. Inilah yang menyebabkan Anda merasa mual.

Sementara itu, karena tubuh jadi menegang dan bersiap-siap untuk menghadapi ancaman, beberapa otot akan berkontraksi. Otot perut Anda pun akan turut berkontraksi dan mengencang. Hal ini berisiko menekan perut Anda sehingga muncul rasa mual seperti ingin memuntahkan sesuatu. Berbagai reaksi fisik ini bersifat spontan. Anda tidak bisa mengendalikan atau menghentikan tubuh dari proses bertahan dari ancaman, meskipun ancaman yang sebenarnya Anda hadapi bersifat psikologis, bukan fisik.

Tips mengatasi mual karena gugup

Mual yang muncul saat Anda merasa gugup memang tidak akan membantu Anda merasa lebih tenang. Pada banyak kasus, orang-orang justru jadi lebih gelisah karena mual yang dirasakan sungguh tak nyaman dan mengganggu. Untuk mengatasi mual karena gugup, perhatikan berbagai cara jitu berikut.

1. Hindari makan berat

Apabila Anda dihadapkan dengan situasi yang membuat Anda gugup, sebaiknya hindari makanan yang berlemak, tidak sehat, dan terlalu berat. Makan makanan sehat secukupnya akan membantu Anda mengendalikan sistem pencernaan agar tidak mudah berontak dan mual. Akan tetapi, pastikan perut tidak kosong karena berisiko menyebabkan mual dan maag.

2. Menarik napas dalam

Untuk mengurangi stres dan tekanan yang membuat Anda mual karena gugup, teknik pernapasan yang benar bisa membantu Anda. Mulailah dengan berdiri atau duduk dengan tegak dan pejamkan mata Anda. Bernapaslah sepelan mungkin, kira-kira 5 detik untuk menarik napas lewat hidung. Tahan selama kurang lebih 4 detik. Hembuskan perlahan-lahan lewat mulut selama 7 detik. Ulangi terus sampai rasa mual berkurang.

3. Berolahraga ringan

Tenangkan pikiran Anda dengan berolahraga. Jika Anda sedang menunggu giliran tampil di depan umum, berjalan-jalanlah atau lakukan peregangan otot. Namun, apabila Anda punya waktu luang, Anda bisa berolahraga yang lebih berat seperti lari, renang, atau bersepeda. Dengan melakukan ini, otot-otot yang menegang, terutama otot perut, akan jadi lebih lemas. Berolahraga juga mampu memproduksi endorfin yang bisa membantu mengusir rasa gugup.

4. Mengalihkan perhatian

Saat Anda dirundung kecemasan dan rasa gugup, pikiran Anda sulit dikendalikan. Untuk itu, bicaralah pada sahabat atau keluarga untuk mengalihkan pikiran Anda. Anda juga bisa bermain games, membaca buku, atau menjelajahi dunia maya.

5. Bayangkan hal-hal positif

Salah satu alasan Anda merasa mual karena gugup adalah rasa takut gagal, kecewa, dan malu. Maka, ubah pola pikir Anda meskipun hanya sesaat dan bayangkan semua hal yang berkebalikan dengan apa yang Anda takutkan. Misalnya, Anda gugup saat kencan pertama. Cobalah untuk membayangkan kencan tersebut akan berjalan mulus, pasangan kencan Anda ternyata sangat ramah kepada Anda, dan Anda berhasil membuatnya terkesan. Pikiran ini Anda akan membuat Anda lebih tenang dan optimis.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Serba Serbi Obat Tidur yang Perlu Anda Ketahui (Plus Penyebab Kenapa Susah Tidur)

Anda susah tidur? Mungkin Anda bisa menggunakan obat tidur apotek atau obat tidur alami. Namun sebelumnya, ketahui juga apa saja efek obat tidur pada tubuh.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Hidup Sehat, Fakta Unik 23 November 2020 . Waktu baca 14 menit

7 Fakta Menarik Tentang Pusar Alias “Udel” Manusia

Tahukah Anda bahwa udel alias pusar ternyata termasuk salah satu zona sensitif secara seksual? Simak berbagai fakta lain tentang pusar manusia.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 23 November 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Tanda Pasangan Anda Selingkuh

Sikap pasangan yang berubah drastis bisa menjadi tanda-tanda bahwa ia sedang selingkuh. Apa saja tanda-tanda yang bisa diperhatikan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 22 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Masker dari Air Mani Pria Bisa Membuat Kulit Wajah Mulus dan Awet Muda?

Tren masker wajah yang mengandung air mani pria sempat booming karena katanya dapat menghaluskan keriput. Namun, hati-hati. Tidak semua klaim itu benar.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 22 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit
penyebab kentut

6 Penyebab Tubuh Anda Mengeluarkan Kentut

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit
jenis tepung sehat

Jenis Tepung Apa yang Paling Sehat untuk Masak?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit