Berenang Pakai Softlens Sebenarnya Boleh Atau Tidak, Ya?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Tak sedikit orang yang malas untuk melepas softlens alias lensa kontaknya ketika akan berenang. Bahkan tetap menggunakan softlens sambil berenang. Namun, apakah aman jika berenang pakai softlens? Apakah hal ini akan menimbulkan iritasi mata?

Alasan mengapa berenang pakai softlens itu berbahaya

Menurut Food and Drugs Administration (FDA), Amerika Serikat, atau setara dengan Badan POM di Indonesia, memakai lensa kontak saat berenang ternyata bisa berbahaya bagi mata Anda. Dari yang ringan seperti infeksi sampai kebutaan bisa terjadi jika Anda nekat pakai softlens saat berenang. 

Seorang optimetris dari University of Utah Health,  Timothy Gibbons, berpendapat bahwa infeksi dan masalah pada mata tersebut bisa terjadi akibat beberapa alasan. 

1. Masih ada bakteri dan patogen

efek dari gas air mata

Walaupun Anda berenang di air yang bersih atau kolam yang mengandung klorin, terdapat bakteri dan patogen yang tidak dapat dibunuh oleh zat kaporit tersebut. Nah, hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa Anda tidak boleh memakai lensa kontak saat berenang.

Selain itu, lensa kontak yang dipakai di air akan terasa lebih kencang dan bisa menyebabkan iritasi.

2. Rentan terkena penyakit keratitis

Salah satu bakteri yang dapat membahayakan mata Anda adalah Acanthamoeba. Bakteri ini hidup di air seperti danau, laut, bahkan air keran. Selain itu, dapat menginfeksi kornea Anda ketika menempel di lensa kontak. Kondisi ini bisa berujung pada kebutaan yang membutuhkan donor kornea untuk mengatasinya.

3. Infeksi Pseudomonas

sakit mata menular

Selain keratitis dari bakteri acanthamoeba, berenang pakai softlens juga dapat menyebabkan kebutaan yang disebabkan oleh patogen pseudomonas. Biasanya, patogen jenis ini hidup di tanah, air, dan tumbuh-tumbuhan. Karena pseudomonas lebih mudah menempel pada lensa kontak Anda, sangat disarankan untuk tidak memakainya ketika berenang.

Jika terpaksa berenang pakai softlens, ini yang mesti dilakukan

Bila Anda kelupaan membawa tempat softlens, atau ada alasan lain yang membuat Anda tidak mungkin melepaskannya ketika berenang, maka Anda bisa melakukan beberapa tips ini supaya mata tetap aman.

1. Tetap memakai kacamata renang

manfaat berenang

Selain menjaga mata Anda saat berenang, tentu saja di kolam renang yang paling bersih sekalipun terdapat bakteri dan kuman yang masih berkeliaran. Nah, untuk mencegah infeksi mata ketika menggunakan softlens, cobalah untuk menggunakan kacamata renang. Sering kali orang terkena infeksi mata karena membuka matanya saat berenang di dalam air.

Hal tersebut tentu sangat berbahaya, terutama untuk Anda yang masih bersikeras memakai lensa kontak di air. Pilihlah kacamata renang yang jarak kedua lensanya cukup jauh dan pastikan ukurannya cocok agar tidak ada air yang masuk.

2. Jaga mata tetap kering

Jika Anda tidak memakai kacamata renang, pilihlah gerakan renang yang tidak mengharuskan Anda untuk menyelam, seperti gaya punggung. Tidak lupa untuk selalu menutup mata Anda untuk menghindari masuknya air, baik saat keluar dari kolam maupun mandi.

3. Ganti lensa kontak secepatnya

Berenang pakai softlens memang memiliki beberapa risiko yang membahayakan mata. Oleh karena itu, ketika Anda sudah keluar dari kolam, segera ganti lensa kontak Anda. Jika Anda menggunakan jenis softlens yang bisa digunakan beberapa kali, pastikan untuk mencucinya saat itu juga.

Walaupun terdapat beberapa cara aman untuk tetap berenang pakai softlens, tentu saja hal ini harus Anda hindari. Apabila mata Anda terasa gatal dan bengkak setelah aktivitas tersebut, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter untuk perawatan yang lebih lanjut.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca