Kupas Tuntas Efek Nyata Bahaya Alkohol Pada Tubuh: Kerusakan Jantung Hingga Ginjal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18/06/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Dalam porsi sewajarnya, minuman beralkohol seperti wine berpotensi mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Namun, ini bukan berarti Anda boleh berlebihan mengonsumsinya karena segala sesuatu yang berlebihan dapat membahayakan. Nah, prinsip yang sama juga berlaku pada minuman keras dan alkohol. Sebenarnya, apa bahaya alkohol bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan?

Berbagai bahaya alkohol yang memengaruhi tubuh

toleransi alkohol; mudah mabuk

Kerusakan jantung

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat melemahkan otot jantung. Akibatnya, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu. Alkohol bisa mengakibatkan kardiomiopati yang ditandai dengan sesak napas, detak jantung tidak teratur (aritmia), kelelahan, dan batuk yang terus menerus. Tak hanya itu, alkohol juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan hipertensi.

Peradangan pankreas (pankreatitis)

Terlalu banyak alkohol di dalam tubuh membuat pankreas mengalami penumpukan enzim. Penumpukan enzim berlebih di dalam pankreas ini akhirnya bisa menyebabkan peradangan atau yang disebut dengan

pankreatitis.Pankreatitis akut biasanya ditandai dengan berbagai gejala seperti sakit perut, mual, muntah, detak jantung meningkat, diare, dan demam. Jika dibiarkan dan kebiasaan minum alkohol tidak dihentikan maka bukan tidak mungkin nyawa Anda menjadi terancam.

Merusak otak

Alkohol dapat menyebabkan kerusakan otak dengan memperlambat penyaluran informasi antarsaraf. Selain itu, kandungan etanol di dalam minum minuman beralkohol juga dapat menyebabkan kerusakan spesifik pada beberapa area otak.

Akibatnya, Anda akan mengalami serangkaian gejala seperti perubahan perilaku dan suasana hati, kecemasan, hilang ingatan, hingga kejang. Bahkan, orang yang telah ketergantungan alkohol bisa mengalami berbagai komplikasi masalah otak, salah satunya halusinasi.

Infeksi paru-paru

Saat Anda sudah kecanduan alkohol, daya tahan tubuh perlahan dapat melemah. Akibatnya beberapa organ tubuh, termasuk paru-paru, akan kesulitan untuk melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Itu sebabnya pecandu alkohol (alkoholisme) lebih rentan terhadap infeksi penyakit pernapasan seperti TBC dan juga pneumonia.

Kerusakan hati

Hati berfungsi untuk menyaring racun dan limbah tak terpakai sehingga tidak menumpuk dalam tubuh. Namun, konsumsi minuman keras yang berlebihan dapat memperlambat kerja hati tersebut sehingga menimbulkan gangguan hati.

Dikutip dari Medical Daily, sekitar satu dari tiga kasus transplantasi hati di Amerika Serikat berawal dari penyakit hati yang disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebih. Selain itu, sirosis hati karena konsumsi alkohol berlebih menjadi penyebab kematian ke-12 terbanyak di Amerika tahun 2009.

Kerusakan ginjal

Efek diuretik pada alkohol dapat meningkatkan jumlah urine yang diproduksi tubuh. Akibatnya, ginjal kesulitan untuk mengatur aliran urin dan cairan tubuh termasuk distribusi ion natrium, kalium, dan klorida ke seluruh tubuh. Kondisi ini bisa mengganggu keseimbangan elektrolit di dalam tubuh yang menyebabkan Anda mengalami dehidrasi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menguak Segudang Efek Buruk Alkohol Pada Tubuh

Efek alkohol pada tubuh tak hanya sekadar bikin mabuk. Lebih jauh, minuman ini juga menyebabkan kerusakan organ yang bisa berakibat fatal.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 04/06/2019 . Waktu baca 4 menit

Alkohol Bisa Bikin Badan Gatal-gatal, Ini Sebabnya

Konsumsi alkohol menimbulkan berbagai efek bagi tubuh. Bahkan, badan Anda juga bisa terasa gatal setelah minum alkohol. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 02/06/2019 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Penyakit Jantung Rematik, Kondisi Fatal yang Merusak Katup Jantung

Penyakit jantung rematik adalah komplikasi berupa kerusakan pada katup jantung. Bila tidak ditangani, penyakit ini dapat berakibat fatal.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 26/04/2019 . Waktu baca 4 menit

Minum Minuman Beralkohol Bikin Kurus, Mitos atau Fakta?

Siapa bilang minum minuman beralkohol bisa menurunkan berat badan? Jangan salah kaprah, alih-alih menurunkan, minuman ini justru bisa membuat Anda buncit.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/03/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

drunkorexia

Drunkorexia, Fenomena Rela Tak Makan Demi Minum Alkohol

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 04/07/2020 . Waktu baca 6 menit
minum alkohol membunuh coronavirus

Mitos atau Fakta: Minum Alkohol Dapat Membunuh Coronavirus?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 23/05/2020 . Waktu baca 5 menit
auto-brewery syndrome adalah

Merasa Mabuk tapi Tidak Minum Alkohol? Mungkin Anda Punya Auto-Brewery Syndrome

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 03/03/2020 . Waktu baca 4 menit
makanan penyebab dan pemicu kanker payudara

6 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Kanker Payudara

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 26/09/2019 . Waktu baca 6 menit