Nama Generik: Bunga Wolfsbane

Manfaat

Apa manfaat bunga wolfsbane (bunga aconitum)?

Bunga wolfsbane atau yang sering disebut juga dengan bunga aconitum, sudah sejak lama diandalkan sebagai tanaman herbal. Dalam pengobatan tradisional Cina, bunga herbal ini digunakan untuk mengatasi peradangan, meringankan gejala kedinginan yang ekstrem, dan gangguan pencernaan.

Sebagian lainnya, menggunakan bunga aconitum sebagai obat untuk mengatasi kejang, nyeri sendi, kebas, masalah kulit tertentu, hingga rambut rontok. Bahkan bunga yang punya banyak warna ini dipercaya mampu merangsang produksi keringat serta menyembuhkan luka.

Meski begitu, bunga yang punya rupa menawan ini cukup berbahaya jika tidak disengaja dikonsumsi dan dapat menyebabkan keracunan. Jadi, penggunaan tanaman herbal ini tidak bisa sembarangan dan harus di bawah pengawasan ahli.

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja suplemen herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bunga aconitum dapat:

  • Memengaruhi kinerja jantung dan pembuluh darah
  • Bekerja sebagai antiradang
  • Merangsang kekebalan tubuh

Bunga wolfsbane mengandung alkaloid, yang merupakan senyawa yang dapat menurunkan rasa nyeri. Zat ini bekerja dengan cara memengaruhi sistem saraf kardiovaskular dan saraf pusat, sehingga merangsang rasa nyeri hilang.

Namun, sebelum digunakan sebagai obat herbal, ia harus diproses lebih dahulu menggunakan metode detoksifikasi yang rumit untuk membuatnya aman.

Meskipun ada klaim dari kemampuan bunga aconitum untuk merangsang kekebalan tubuh, tidak ada identifikasi tentang bagaimana mekanisme stimulasi kekebalan tubuh maupun kinerja dari herbal ini.

Dosis

Informasi yang disediakan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum menggunakan pengobatan ini.

Berapa dosis  yang biasa digunakan untuk bunga wolfsbane?

Bunga aconitum segar sangat beracun dan dosis yang aman tergantung pada pengolahan. Perendaman dan pendidihan selama proses merebus dapat menurunkan kadar alkaloidnya sehingga jadi tidak beracun.

Namun, penggunaan dosis yang lebih besar dari yang dianjurkan serta pengolahan yang tidak memadai dapat meningkatkan risiko keracunan.

Dosis untuk suplemen herbal ini mungkin berbeda untuk setiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja bunga wolfsbane tersedia?

Suplemen herbal ini tersedia sebagai akar kering yang telah diproses. Ada beberapa bentuk lain yang diproses di Cina, tapi hanya dijual kepada ahli herbal.

Efek Samping

Efek samping apa yang bisa saya dapatkan dari bunga wolfsbane?

Bunga wolfsbane yang segar berisi racun yang kuat dan dapat menyebabkan efek samping yang parah, seperti:

  • Kelemahan, kesemutan di kaki
  • Gelisah
  • Berkeringat
  • Pusing
  • Penurunan kesadaran
  • Koma
  • Hipotensi
  • Denyut jantung rendah (bradikardia)
  • Penglihatan kabur
  • Mual dan muntah
  • Anoreksia
  • Diare
  • Tingkat kalium rendah (hipokalemia)
  • Sensasi abnormal (Parestesia)

Beberapa orang mungkin mengalami efek samping yang mengancam hidup seperti:

  • Aritmia jantung, irama jantung yang cepat dan tidak teratur (tachy-aritmia), kematian
  • Penyempitan tenggorokan
  • Kelumpuhan saluran pernapasan.

Tak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi bunga wolfsbane?

Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan produk lain yang memiliki kegunaan yang sama dengan bunga aconitum, tanpa tingkat racun yang kuat dan berbahaya.

Bunga ini tidak tersedia secara bebas. Hanya ahli herbal yang terlatih dalam penggunaan bunga aconitum yang dapat mengelola ramuan ini.

Jangan menyentuh tanaman aconitum karena Anda dapat mengalami keracunan dan kematian dapat terjadi.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah bunga wolfsbane?

Kecuali diarahkan oleh herbalis yang berkualitas, jangan menggunakan bunga aconitum.

Jangan mengonsumsi atau menerapkan ekstrak herbal ke kulit jika Anda sedang hamil atau menyusui.

Jangan pernah gunakan suplemen herbal ini pada anak-anak. Hal ini tidak aman dan dapat menyebabkan efek samping yang serius, termasuk kematian.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi bunga wolfsbane?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.

Interaksi bunga aconitum dengan obat lain atau obat herbal tidak didokumentasikan dengan baik. Disarankan untuk tidak menggunakan ekstrak herbal ini dengan obat beta-blocker atau obat jantung lainnya. Peningkatan toksisitas dan kematian dapat terjadi.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 7, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 7, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan