home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Menghilangkan Double Chin dengan Alat Pemijat (Facial Roller), Memang Ampuh?

Menghilangkan Double Chin dengan Alat Pemijat (Facial Roller), Memang Ampuh?

Dagu berlipat alias double chin memang kerap mengganggu penampilan. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan double chin, salah satunya menggunakan alat yang dijual di pasaran. Alat pijat dengan bentuk seperti bola atau yang menghasilkan getaran menjadi produk yang banyak sekali dijual di pasaran. Sebenarnya, seberapa efektif alat pijat wajah ini untuk menghilangkan double chin?

Apakah alat pijat wajah ampuh menghilangkan double chin?

cara pakai jade roller

Ada banyak faktor yang membuat seseorang memiliki dagu berlipat. Penuaan, kelebihan berat badan, genetik, dan postur tubuh biasanya menjadi penyebab yang paling umum.

Lapisan lemak ekstra yang muncul di bawah dagu ini kerap membuat seseorang merasa risih dan tidak percaya diri. Untuk itu, banyak orang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan double chin, termasuk salah satunya dengan menggunakan alat pijat atau facial roller.

Lantas, apakah Anda termasuk salah satu orang yang tergiur untuk membeli alat pijat wajah demi menghilangkan lipatan lemak di dagu? Tahan dahulu keinginan Anda. Pasalnya, secara ilmiah belum ada penelitian yang membuktikan keefektifan alat yang satu ini.

Meski klaim yang diberikan tiap produk terasa sangat menjanjikan, sayangnya tidak ada jaminan pasti bahwa lipatan menjengkelkan itu akan benar-benar hilang.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tokyo Institute of Technology menemukan bukti bahwa alat yang dinamakan facial roller ini justru memiliki manfaat lain.

Memijat wajah dengan facial roller selama 10 menit dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Selain itu, alat ini juga mampu melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi tubuh menjadi lebih lancar.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa belum ada bukti kuat yang mendukung bahwa alat pijat ini bisa dipakai sebagai salah satu cara menghilangkan double chin.

Jika Anda memang penasaran dan ingin mencobanya silakan saja. Namun, jangan menyalahkan alatnya jika ternyata tak sesuai dengan klaim produknya yang disebutkan.

Cara lain menghilangkan double chin

permen karet menurunkan berat badan

Tak perlu pusing, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membantu menghilangkan double chin dan mungkin bisa lebih efektif. Berikut cara-cara yang bisa dipraktikkan:

Bersiul sambil menengadahkan kepala

Bersiul sambil menengadahkan kepala menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan double chin. Teknik ini sangat bagus untuk menguatkan otot leher dan mengencangkannya.

Anda hanya perlu duduk bersandar sambil menengadahkan kepala ke langit. Kemudian, bersiullah selama 10-20 detik. Pastikan Anda merasa ada tarikan di otot leher.

Jika dilakukan secara rutin, lipatan di dagu lama-lama bisa tersamarkan karena otot leher yang mengencang.

Mencium langit

Cara yang satu ini mirip dengan teknik sebelumnya. Bedanya, Anda melakukan teknik ini sambil berdiri dengan posisi badan tegak. Kemudian, kerucutkan bibir Anda secara perlahan dan lakukan seolah-olah Anda sedang mencium langit.

Kerucutkan bibir sejauh mungkin dari wajah agar bagian bawah leher terasa ditarik. Tahan selama 5 hingga 20 detik. Kemudian ulangi 10 hingga 15 kali untuk membantu menghilangkan double chin.

Diet dan olahraga

Diet dan olahraga merupakan cara yang dinilai ampuh untuk menghilangkan double chin karena kenaikan berat badan. Anda harus mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi tiap harinya.

Selain itu, sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa minum banyak air putih sebelum makan akan membantu Anda kehilangan berat badan lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak.

Mengunyah permen karet

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam journal Appetite menemukan fakta bahwa orang yang mengunyah permen karet cenderung merasa kenyang lebih lama. Akibatnya, mereka cenderung tidak makan dengan kalap atau makan berlebihan.

Selain itu, mengunyah permen karet juga menjadi latihan untuk otot-otot wajah, terutama rahang. Dengan begitu, tumpukan lemak di bawah dagu pun bisa berkurang.

Prosedur media sebagai cara menghilangkan double chin

Selain cara rumahan untuk menghilangkan double chin, Anda juga memiliki alternatif lain. Terdapat prosedur medis, seperti tindakan invasif untuk menghilangkan double chin Anda. Tentunya tindakan berikut ini harus dilakukan oleh dokter profesional di bidangnya.

Lipolisis

Lipolisis merupakan prosedur sedot lemak dengan cara diisap atau menggunakan laser untuk membantu meluruhkan lemak di leher. Biasanya lipolisis dilakukan sebagai cara untuk menghilangkan double chin yang disebabkan oleh genetik.

Sayangnya, lipolisis hanya membantu meluruhkan lemak di dagu saja. Teknik ini sama sekali tidak dapat menghilangkan kelebihan kulit ataupun meningkatkan elastisitasnya.

Setelah prosedur ini selesai biasanya ada beberapa efek samping yang Anda rasakan, seperti pembengkakan, memar, dan nyeri di leher.

Mesoterapi

Mesoterapi adalah prosedur penghilangan lemak di dagu dengan cara menyuntikkan senyawa khusus ke dalamnya. Di tahun 2015, Food and Drug Administration, Amerika Serikat, telah menyetujui penggunaan asam deoksikolat (Kybella) sebagai obat suntik yang digunakan dalam mesoterapi. Nantinya obat ini akan membantu melarutkan lemak di dagu Anda.

Diperlukan sekitar 20 atau lebih suntikan tiap kedatangan. Untuk menghilangkan double chin, dibutuhkan kurang lebih enam kali kedatangan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun, pastikan bahwa Anda ditangani oleh profesional medis yang ahli di bidangnya. Pasalnya asam deoksikolat bisa menyebabkan kerusakan saraf yang serius jika disuntikkan dengan cara yang salah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Is It Possible to Get Rid of a Double Chin, Naturally?. https://www.livestrong.com/article/233801-how-to-get-rid-of-a-double-chin-naturally/. Accessed on March 13th 2019

How Can I Get Rid of My Double Chin?. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-double-chin. Accessed on March 13th 2019

How to get rid of a double chin?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318131.php. Accessed on March 13th 2019

Ready for a close-up: The science behind face massage rollers. https://www.sciencedaily.com/releases/2018/11/181109101446.htm. Accessed on March 13th 2019

Problems with Neck Slimmer. https://www.livestrong.com/article/370288-problems-with-neckline-slimmer/. Accessed on March 13th 2019

Effects of chewing gum on short-term appetite regulation in moderately restrained eaters. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21718732. Accessed on March 13th 2019

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 28/03/2019
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita