backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

3

Tanya Dokter
Simpan

8 Pasta Gigi Terbaik untuk Atasi Gigi Sensitif dan Ngilu

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 21/06/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

8 Pasta Gigi Terbaik untuk Atasi Gigi Sensitif dan Ngilu

Selain berhati-hati dalam memilih makanan atau minuman, memiliki gigi sensitif juga menuntut Anda lebih selektif dalam memilih pasta gigi terbaik.

Agar gigi Anda selalu terlindungi, inilah rekomendasi pasta gigi yang bagus untuk pemilik gigi sensitif.

Cara kami memilih pasta gigi terbaik untuk gigi sensitif

pasta gigi sensitif

Gigi sensitif dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya karena lapisan dentin yang terbuka akibat kerusakan enamel yang tidak segera diatasi.

Oleh karena itu, pasta gigi terbaik untuk gigi sensitif haruslah mengandung senyawa aktif yang mampu melindungi dan memperbaiki lapisan dentin. Pasta gigi seperti ini disebut juga pasta gigi desensitisasi.

Menurut Australian Dental Association, beberapa senyawa aktif yang dapat membantu mengatasi gigi sensitif adalah kalium nitrat, kalsium karbonat, stronsium klorida, dan fluorida.

Berikut adalah fungsi dari masing-masing senyawa tersebut.

  • Kalium nitrat: memblokir rasa sakit yang terjadi pada saraf gigi.
  • Kalsium karbonat: menggantikan kalsium saat email gigi terkikis dan memperbaiki dentin yang terbuka.
  • Stronsium klorida: mengurangi rasa ngilu dengan menyumbat pori-pori dentin.
  • Fluorida: mempercepat proses remineralisasi (pembentukan mineral kembali) untuk mengembalikan struktur gigi yang rusak.

Beberapa merek pasta gigi juga telah mengklaim bahwa produknya telah dirancang khusus untuk gigi sensitif. Anda bisa memastikannya dengan mengecek komposisi di dalamnya.

8 rekomendasi merk pasta gigi terbaik untuk gigi sensitif

Berikut adalah beberapa merk pasta gigi yang bisa Anda pertimbangkan untuk membantu mengatasi gigi sensitif.

1. Sensodyne Pasta Gigi Sensitif Repair and Protect Advanced Care Extra Fresh

Dilengkapi teknologi Novamin, pasta gigi ini diklaim mampu membentuk lapisan mineral 1,5 kali lebih kuat dari lapisan alaminya. Dengan begitu, rasa ngilu karena pengikisan dentin dapat teratasi.

Sensodyne Repair and Protect juga mengandung linalool dan limonene yang bersifat antibakteri. Pemakaian secara rutin dapat membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

Harga pasta gigi untuk gigi sensitif ini pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp45 ribuan.

Untuk mendapatkan hasil optimal, gunakan pasta gigi ini setidaknya dua kali sehari dengan pemakaian minimal satu menit.

Nomor registrasi BPOM: NA11181400047

2. Pepsodent Toothpaste Pasta Gigi Sensitive Mineral Expert Original

Pasta gigi Pepsodent Sensitive Mineral Expert Original mengandung mineral hidroksiapatit yang dapat membantu mengembalikan kepadatan mineral gigi yang hilang.

Pasta gigi desensitisasi ini juga diklaim mampu meredakan gigi ngilu hanya dalam waktu 30 detik dengan kandungan kalium yang dimilikinya.

Penggunaan secara rutin membantu menutupi lubang-lubang kecil pada dentin penyebab gigi ngilu. Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp37 ribuan.

Nomor registrasi BPOM: NA18181400159

3. Systema Toothpaste Pro Sensitive

Pasta gigi Systema Pro Sensitive membantu mengatasi gigi sensitif akibat gusi berdarah dan bengkak dengan kandungan dipotassium glycyrrhizinate (GK2) yang dimilikinya.

Produk ini juga mengandung bahan anti-inflamasi berupa isopropyl methylphenol (IPMP). Dengan bahan tersebut, peradangan pada gigi yang menimbulkan rasa sakit bisa cepat teratasi.

Selain itu, formula Triple Impact Protection pada pasta gigi Systema ini turut membantu mempercepat proses penutupan lapisan dentin yang terbuka.

Produk ini dijual di pasaran dengan harga mulai Rp23 ribuan. Cukup terjangkau, bukan?

Nomor registrasi BPOM: NA18151400061

4. Dentova Toothpaste

Pasta gigi Dentova terbebas dari alkohol, triklosan, dan phthalate sehingga sering direkomendasikan untuk anak-anak dan ibu hamil yang memiliki gigi sensitif.

Pemakaian produk secara rutin diklaim dapat mengatasi gigi sensitif dengan cara merangsang pertumbuhan jaringan baru. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan zat allantoin di dalamnya.

Selain itu, produk satu ini juga dilengkapi dengan vitamin C yang mampu mencegah sariawan dan mencerahkan gigi secara alami.

Dibanderol seharga Rp20 ribuan, produk untuk gigi sensitif ini bisa menjadi salah satu alternatif terbaik dengan harga terjangkau.

Nomor registrasi BPOM: NA18181400010

5. Pasta Gigi Antiplaque

Diperkaya dengan ekstrak eugenia caryophyllus yang bersifat analgetik, pasta gigi Antiplaque dapat membantu meredakan rasa ngilu pada gigi sensitif.

Selain itu, ada pula ekstrak Arnica montana yang berperan sebagai astringen dan antiseptik alami untuk melindungi gusi dari bakteri.

Sesuai dengan namanya, merek pasta gigi ini akan memberikan perlindungan terbaik dengan mencegah pembentukan plak dan bau mulut.

Tidak hanya itu, pasta gigi Antiplaque juga diperkaya dengan aroma fresh cool mint yang akan memberikan kesegaran napas lebih lama.

Anda bisa membelinya di toko swalayan atau toko online pilihan dengan harga mulai dari Rp31.500,00.

Nomor registrasi BPOM: NA18151400034

6. Colgate Sensitive Pro-Relief Whitening

Rekomendasi merek pasta gigi terbaik untuk gigi sensitif selanjutnya adalah Colgate Sensitive Pro-Relief Whitening.

Produk ini membantu mengatasi gigi sensitif dengan melindungi saluran akar gigi supaya tidak mudah rusak. Selain itu, kandungan pro-argin di dalamnya ikut mempercepat penutupan celah pada dentin.

Pasta gigi untuk gigi sensitif ini dibanderol dengan harga yang cukup bervariasi, yakni dari Rp39 ribuan hingga Rp89 ribu.

Nomor registrasi BPOM: NA49131400156

7. Sensodyne Multi Action

Perlindungan menyeluruh Sensodyne Multi Action diklaim cocok untuk menenangkan saraf sensitif yang menyebabkan gigi terasa sakit.

Manfaat tersebut berasal dari kandungan zinc citrate dan cocamidopropyl di dalam produk pasta gigi ini.

Pasta gigi dari Sensodyne ini juga terbilang efektif untuk mencegah penumpukan plak pada gigi dan sariawan. Gunakan setidaknya dua kali sehari untuk hasil maksimal.

Harganya pun tidak berbeda jauh dari produk-produk sejenisnya, yaitu mulai dari Rp35 ribuan.

Nomor registrasi BPOM: NA18181400191

8. Enzim 40 Plus with Colostrum

Produk satu ini bisa menjadi pilihan bagus untuk mengatasi gigi sensitif ketika Anda berusia 40 tahun ke atas. Pada usia tersebut, gigi memang bisa menjadi lebih sensitif karena termakan usia.

Pasta gigi ini bekerja dengan cara mengembalikan kualitas air liur menggunakan enzim amiloglukosidase (AMG), glukosa oksidase (GO), dan laktoperoksidase sehingga pertumbuhan bakteri penyebab gigi sensitif bisa terkontrol.

Selain itu, ada juga kandungan kolostrum yang akan membantu melembapkan rongga mulut Anda

Enzim 40 Plus juga dilengkapi dengan serbuk silika yang akan membantu menutup lubang dentin sehingga gigi ngilu dapat teratasi lebih cepat.

Dengan semua keunggulan tersebut, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena pasta gigi Enzim 40 Plus with Colostrum dijual seharga Rp24 ribuan saja.

Nomor registrasi BPOM: NA18221400136

Itulah sejumlah rekomendasi pasta gigi yang bagus untuk gigi sensitif. Mengingat setiap produk memiliki kandungan yang berbeda, Anda bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter gigi untuk memilih produk yang tepat.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 21/06/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan