home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Obat Alami untuk Mengatasi Hidung Tersumbat di Rumah

5 Obat Alami untuk Mengatasi Hidung Tersumbat di Rumah

Rasanya agak terganggu jika hidung sering tersumbat. Pasti Anda tidak dapat menyantap makanan dengan nikmat, mengenali aroma tertentu, bahkan bernapas pun rasanya tidak lega. Ada berbagai penyebab dan cara mengatasi hidung tersumbat.

Penyebab hidung sering tersumbat

Pada beberapa kondisi, mungkin saja kita mengalami masalah hidung tersumbat. Hal ini bisa dipicu oleh beberapa hal, seperti, asap rokok, asap kendaraan bermotor, serbuk sari, bahkan udara dingin sekalipun. Namun, sebagian kondisi, hidung tersumbat bisa mengarah pada kondisi kesehatan.

Tentu rasanya tidak nyaman ketika bernapas dengan hidung tersumbat, sehingga Anda butuh cara tertentu untuk mengatasi kondisi tersebut. Sebelumnya, ketahui terlebih dulu berbagai kemungkinan penyebab hidung tersumbat.

1. Rhinitis non-alergi

sakit hidung

Rhinitis non-alergi juga dikenal dengan rhinitis vasomotor, merupakan kondisi yang menyebabkan bersin kronis maupun hidung tersumbat. Gejalanya hampir mirip dengan rhinitis alergi, tetapi tidak ada kaitannya dengan reaksi “error” sistem imun tubuh.

Kondisi ini dipicu oleh makanan atau minuman tertentu, polutan, beberapa pengobatan, perubahan cuaca, sehingga mengakibatkan rhinitis non alergi.

Rhinitis non-alergi disertai dengan gejala hidung tersumbat, hidung meler, bersin, dan lendir hidung yang jatuh ke tenggorokan (postnasal drip). Untuk mengetahui kondisi ini perlu mendapatkan diagnosis dokter.

2. Rhinitis alergi

rhinitis alergi atau hay fever adalah satu jenis rhinitis (radang membran hidung) yang muncul ketika Anda menghirup alergen. Ini adalah reaksi berlebihan tubuh dalam merespons alergen.

Rhinitis alergi memiliki gejala serupa dengan batuk pilek, tetapi tidak menular. Kondisi ini dipicu oleh alergen, seperti serbuk sari, debu, bulu hewan, asap, dan lainnya.

Ketika alergen masuk ke dalam tubuh melalui hidung, sistem imun bereaksi sangat aktif dan mengeluarkan senyawa histamin untuk melawan alergen yang sebenarnya tidak berbahaya. Berdasarkan laman American College of Allergy, Asthma, and Immunology, gejala rhinitis alergi meliputi hidung meler dan tersumbat, bersin-bersin, gatal-gatal (pada mata, mulut, kulit), dan kelelahan.

3. Sinusitis

mengatasi hidung tersumbat, sinusitis dan infeksi telinga tengah

Sinusitis biasanya ditandai dengan peradangan dan pembengkakan pada jalur hidung, sehingga bisa menjadi penyebab hidung tersumbat.

Secara umum, sinusitis dipicu oleh batuk dan disertai sakit di sekitar wajah atau pusing kepala. Biasanya hal ini membaik kurang dari 10 hari. Jika gejala menetap 12 hari tanpa pertolongan medis, kondisi masuk ke tahap sinusitis kronis.

Cara rumahan untuk mengatasi hidung tersumbat

Tiga penyebab hidung tersumbat tersebut, yakni rhinitis non alergi, rhinitis alergi, serta sinusitis, tentunya membuat Anda tidak bernapas dengan leluasa. Namun, tak perlu cemas. Ada cara rumahan yang bisa membantu mengatasi hidung tersumbat, supaya Anda bisa bernapas lega.

1. Minum air putih atau jus

tips banyak minum air putih

Untuk mengatasi hidung tersumbat, selalu penuhi kebutuhan cairan. Anda bisa minum banyak air putih ataupun jus buah untuk membantu mengurangi hidung tersumbat.

Di samping itu, hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Kedua kandungan ini dapat mengakibatkan dehidrasi, terutama pada area saluran hidung.

2. Istirahat cukup

Kondisi kesehatan bisa menjadi salah satu penyebab hidung tersumbat. Salah satu cara untuk membantu mengatasi hidung tersumbat adalah dengan istirahat cukup. Selama tidur, sistem imun membantu memulihkan kondisi tubuh, terutama yang terkait dengan sakit flu dan batuk yang memicu sinusitis.

Saat tidur, jangan lupa untuk menyangga kepala dengan bantal agak tinggi. Dengan begitu, Anda bisa bernapas lebih nyaman.

3. Memasang humidifier

mengatasi hidung tersumbat

Coba rasakan apakah udara di dalam ruangan terasa kering. Jika ya, ada baiknya memasang humidifier untuk membantu melembapkan ruangan.

Udara yang lembap dapat membantu pembukaan jalur napas dan membantu Anda bernapas lebih lega tanpa tersumbat.

4. Kompres hidung dengan air hangat

Anda bisa mengompres hidung dengan handuk yang dibasahi air hangat selama beberapa menit. Air hangat membantu melegakan jalur napas pada hidung yang tersumbat. Kompreslah hingga jalur hidung terasa lebih lega.

Jika terasa nyeri ketika hidung lega, lanjutkan mengompres dengan air biasa untuk meredakan nyeri pada sinus atau area jalur hidung.

5. Mandi dengan air hangat

mengganti spons mandi

Mandi air hangat membuat tubuh jadi lebih rileks. Tidak hanya itu, mandi air hangat bisa mendorong mukus di dalam hidung lebih encer sehingga Anda bisa bernapas dengan lega.

Mandilah secara rutin dengan air hangat setiap kali Anda mengalami hidung tersumbat, sekaligus melakukan cara-cara di atas untuk membuka jalur pernapasan lebih lega. Ketika mukus atau ingus di dalam hidung mulai mengencer, jangan tunda untuk mengeluarkan ingus dengan cara yang benar.

Tips praktis untuk atasi hidung tersumbat

Nah, selain melakukan berbagai cara alami di atas, Anda bisa mengatasi masalah hidung tersumbat dengan menyemprotkan nasal spray yang memiliki kandungan oxymetazoline 0,05%.

Dikatakan dalam American Journal of Rhinology and Allergy, oxymetazoline dapat melegakan hidung tersumbat secara efektif dalam waktu enam minggu penggunaan. Laman Medline Plus juga memaparkan, kandungan aktif ini dapat mempersempit pembuluh darah yang bengkak, serta meredakan gejala hidung tersumbat akibat rhinitis alergi, batuk sinusitis, dan rhinitis non-alergi.

Jadi sekarang tak perlu lagi berlama-lama merasakan hidung tersumbat. Anda bisa melengkapi cara alami ini dengan menyemprotkan nasal spray untuk membuat hidung bernapas lebih lega.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Nasal congestion: Sometimes more than just a stuffy nose. (2021). Retrieved 12 January 2021, from https://www.mayoclinic.org/symptoms/nasal-congestion/basics/causes/sym-20050644

Acute sinusitis – Symptoms and causes. (2021). Retrieved 12 January 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acute-sinusitis/symptoms-causes/syc-20351671

Hay Fever (Rhinitis) | Symptoms & Treatment | ACAAI Public Website. (2021). Retrieved 12 January 2021, from https://acaai.org/allergies/types/hay-fever-rhinitis

Allergic rhinitis . (2017). Retrieved 12 January 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/allergic-rhinitis/

Nonallergic Rhinitis (Vasomotor Rhinitis) | AAAAI. (2021). Retrieved 12 January 2021, from https://www.aaaai.org/conditions-and-treatments/conditions-dictionary/nonallergic-rhinitis-vasomotor

How to relieve sinus pressure with 10 home remedies. (2021). Retrieved 12 January 2021, from https://www.allinahealth.org/healthysetgo/heal/ten-home-remedies-to-relieve-sinus-pain-and-pressure

Nonallergic rhinitis – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2021). Retrieved 12 January 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nonallergic-rhinitis/diagnosis-treatment/drc-20351235

Does Oxymetazoline Increase the Efficacy of Nasal Steroids in Treating Nasal Polyposis? – Virat Kirtsreesakul, Thitiporn Khanuengkitkong, Suwalee Ruttanaphol, 2016. (2021). American Journal Of Rhinology & Allergy. Retrieved from https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.2500/ajra.2016.30.4294

Drugs, H. (2020). Oxymetazoline Nasal Spray: MedlinePlus Drug Information. Retrieved 12 January 2021, from https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a608026.html

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Maria Amanda Diperbarui 12/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x