Apakah Pembalut Bisa Kedaluwarsa? Ini Fakta-faktanya!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 4 November 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pembalut digunakan wanita saat menstruasi. Pembalut berfungsi untuk menampung darah menstruasi yang keluar. Namun, jangan sembarangan dalam memilih pembalut. Ini harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan pilihlah pembalut dengan kualitas yang baik. Cara menyimpannya pun harus Anda perhatikan. Karena itu akan menentukan kualitas pembalut yang layak Anda pakai. Umumnya kualitas suatu produk juga ditentukan oleh tanggal kedaluwarsa, inilah yang menentukan sampai kapan produk ini masih bisa digunakan. Lalu apakah pembalut bisa kedaluwarsa?

Benarkah pembalut bisa kedaluwarsa?

Tidak seperti produk makanan lainnya, pembalut ternyata tidak memiliki tanggal kedaluwarsa. Umumnya produk makanan, memiliki batas tanggal pemakaian yang baik untuk dikonsumsi. Nah, beda halnya dengan pembalut. Sebagai produk yang terbuat dari kertas, pembalut dapat digunakan tanpa batas waktu tertentu.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan bahwa pembalut yang Anda beli masih bisa dipakai atau tidak. Faktor penyimpanan dan masalah kemasan produk serta kualitas pembalut yang harus diperhatikan sebelum Anda memakainya.

Bagaimana penyimpanan pembalut yang tepat?

Tempat menyimpan pembalut penting diperhatikan untuk menjaga kualitasnya. Karena pembalut digunakan di daerah intim Anda, maka kebersihan dan kualitas pembalut harus benar-benar diperhatikan. Jika Anda mengabaikannya, ini akan berakibat buruk terhadap daerah intim Anda.

Lalu bagaimana tempat menyimpan pembalut yang benar? Pembalut sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Jauhkan pembalut dari sinar matahari langsung. Paparan panas yang berlebihan dapat melemahkan perekat di bagian belakang pembalut.

Selain itu, tempat lembab tidak baik untuk menyimpan pembalut. Karena tempat lembab merupakan tempat yang nyaman untuk tumbuhnya jamur. Pembalut Anda bisa berjamur jika disimpan di tempat lembab apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Pengaruh kondisi kemasan pembalut

Pembalut wanita umunya dibungkus secara terpisah, jika Anda membelinya dalam jumlah yang banyak dan pembalut tersebut bisa menjadi berubah warna. Jangan khawatir, karena ini tidak akan memengaruhi kualitas pembalut Anda. Pembalut masih tetap bisa digunakan. Sama halnya dengan pembalut yang perekat di bagian belakangnya sudah tidak kuat, ini juga tidak memengaruhi kualitas pembalut Anda. Namun, tentunya pembalut yang tidak merekat kuat akan membuat Anda tidak nyaman. Pembalut dengan kondisi seperti itu tetap masih bisa digunakan.

Pembalut yang sebaiknya Anda hindari adalah yang kemasannya rusak dan pembalut terasa lembab atau bahkan basah. Kondisi pembalut yang seperti itu sebaiknya Anda buang saja, jangan dipakai lagi. Ini karena kualitas pembalut tersebut sudah tidak baik.

Bagaimana dengan produk sejenis pembalut lainnya, apakah bisa kedaluwarsa?

Salah satu produk lain yang memiliki fungsi seperti pembalut adalah tampon. Baik tampon dan pembalut sama-sama digunakan untuk menyerap darah menstruasi. Namun, beda dengan pembalut, tampon memiliki batas kedaluwarsa. Tampon baik digunakan selama lima tahun. Tampon dibuat dari kapas lembut yang berbentuk silinder.

Berbeda dengan pembalut yang dipasang pada pakaian dalam dan menyerap darah menstruasi yang keluar, tampon menyerap darah menstruasi dari dalam vagina. Cara pemakaiannya inilah yang membuat tampon memiliki batas pemakaian harus Anda perhatikan.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sering Pakai Pembalut Bikin Susah Hamil, Mitos Atau Fakta?

Pembalut menjadi benda penyelamat saat haid tiap bulannya. Namun mitosnya, keseringan pakai pembalut bikin wanita susah hamil. Benar begitu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Masalah Kesuburan, Kesuburan, Kehamilan 28 Mei 2019 . Waktu baca 4 menit

Apa Boleh Berhubungan Seks Tanpa Lepas Tampon?

Seks saat haid boleh-boleh saja. Namun, hati-hati. Ada risiko bahaya yang mungkin mengintai jika Anda teledor pakai tampon saat seks.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Seksual, Tips Seks 24 Mei 2019 . Waktu baca 5 menit

Apakah Pakai Pembalut Kain Saat Menstruasi Lebih Sehat?

Sebelum ada pembalut modern sekarang ini, wanita saat haid menggunakan pembalut kain. Namun, apakah menggunakan pembalut kain sehat? Simak di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Menstruasi 28 Maret 2018 . Waktu baca 4 menit

Tips Jitu Mengobati Kulit yang Iritasi Akibat Pakai Pembalut

Bila tidak ditangani dengan cepat, kulit iritasi akibat pembalut dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi lain pada vagina. Begini caranya yang benar.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Konten Bersponsor
mengatasi kulit iritasi akibat pembalut
Kesehatan Wanita, Menstruasi 11 Maret 2018 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara memakai pembalut kain

Menggunakan Pembalut Kain Tak Harus Bikin Repot, Ini 4 Tipsnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 15 November 2019 . Waktu baca 4 menit
pakai pantyliner

Tidak Dianjurkan untuk Digunakan Setiap Hari, Kapan Sebaiknya Pakai Pantyliner?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit
cara memakai menstrual cup

Panduan Cara Memakai dan Melepas Menstrual Cup

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 7 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit
tampon tersangkut di vagina

Hati-hati, Tampon Bisa Tersangkut di Vagina! Begini Cara Mengeluarkannya

Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 9 Juni 2019 . Waktu baca 5 menit