home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Pembalut Bisa Kedaluwarsa? Ini Fakta-faktanya!

Apakah Pembalut Bisa Kedaluwarsa? Ini Fakta-faktanya!

Pembalut digunakan wanita saat menstruasi. Pembalut berfungsi untuk menampung darah menstruasi yang keluar. Namun, jangan sembarangan dalam memilih pembalut. Ini harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan pilihlah pembalut dengan kualitas yang baik. Cara menyimpannya pun harus Anda perhatikan. Karena itu akan menentukan kualitas pembalut yang layak Anda pakai. Umumnya kualitas suatu produk juga ditentukan oleh tanggal kedaluwarsa, inilah yang menentukan sampai kapan produk ini masih bisa digunakan. Lalu apakah pembalut bisa kedaluwarsa?

Benarkah pembalut bisa kedaluwarsa?

Tidak seperti produk makanan lainnya, pembalut ternyata tidak memiliki tanggal kedaluwarsa. Umumnya produk makanan, memiliki batas tanggal pemakaian yang baik untuk dikonsumsi. Nah, beda halnya dengan pembalut. Sebagai produk yang terbuat dari kertas, pembalut dapat digunakan tanpa batas waktu tertentu.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan bahwa pembalut yang Anda beli masih bisa dipakai atau tidak. Faktor penyimpanan dan masalah kemasan produk serta kualitas pembalut yang harus diperhatikan sebelum Anda memakainya.

Bagaimana penyimpanan pembalut yang tepat?

Tempat menyimpan pembalut penting diperhatikan untuk menjaga kualitasnya. Karena pembalut digunakan di daerah intim Anda, maka kebersihan dan kualitas pembalut harus benar-benar diperhatikan. Jika Anda mengabaikannya, ini akan berakibat buruk terhadap daerah intim Anda.

Lalu bagaimana tempat menyimpan pembalut yang benar? Pembalut sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Jauhkan pembalut dari sinar matahari langsung. Paparan panas yang berlebihan dapat melemahkan perekat di bagian belakang pembalut.

Selain itu, tempat lembab tidak baik untuk menyimpan pembalut. Karena tempat lembab merupakan tempat yang nyaman untuk tumbuhnya jamur. Pembalut Anda bisa berjamur jika disimpan di tempat lembab apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Pengaruh kondisi kemasan pembalut

Pembalut wanita umunya dibungkus secara terpisah, jika Anda membelinya dalam jumlah yang banyak dan pembalut tersebut bisa menjadi berubah warna. Jangan khawatir, karena ini tidak akan memengaruhi kualitas pembalut Anda. Pembalut masih tetap bisa digunakan. Sama halnya dengan pembalut yang perekat di bagian belakangnya sudah tidak kuat, ini juga tidak memengaruhi kualitas pembalut Anda. Namun, tentunya pembalut yang tidak merekat kuat akan membuat Anda tidak nyaman. Pembalut dengan kondisi seperti itu tetap masih bisa digunakan.

Pembalut yang sebaiknya Anda hindari adalah yang kemasannya rusak dan pembalut terasa lembab atau bahkan basah. Kondisi pembalut yang seperti itu sebaiknya Anda buang saja, jangan dipakai lagi. Ini karena kualitas pembalut tersebut sudah tidak baik.

Bagaimana dengan produk sejenis pembalut lainnya, apakah bisa kedaluwarsa?

Salah satu produk lain yang memiliki fungsi seperti pembalut adalah tampon. Baik tampon dan pembalut sama-sama digunakan untuk menyerap darah menstruasi. Namun, beda dengan pembalut, tampon memiliki batas kedaluwarsa. Tampon baik digunakan selama lima tahun. Tampon dibuat dari kapas lembut yang berbentuk silinder.

Berbeda dengan pembalut yang dipasang pada pakaian dalam dan menyerap darah menstruasi yang keluar, tampon menyerap darah menstruasi dari dalam vagina. Cara pemakaiannya inilah yang membuat tampon memiliki batas pemakaian harus Anda perhatikan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Shelf Life of Sanitary Pads https://healthfully.com/shelf-life-sanitary-pads-7629428.html diakses 3 November 2017.

6 Fun Facts About Tampons, in Case You Need Some Icebreakers https://www.womenshealthmag.com/health/tampon-facts diakses 3 November 2017.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 04/11/2017
x