backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

9 Rekomendasi Dokter Penyakit Dalam di Makassar dan Tempat Praktiknya

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 28/10/2022

9 Rekomendasi Dokter Penyakit Dalam di Makassar dan Tempat Praktiknya

Apakah Anda sedang mencari dokter spesialis penyakit dalam (internis) di Makassar? Memilih dokter spesialis penyakit dalam tentu tak mudah ya.

Apalagi, beberapa dokter internis memiliki subspesialisasi yang fokus pada bidang penyakit atau organ dalam tertentu.

Nah, agar Anda tak bingung, Anda bisa melihat ulasan berikut untuk mengetahui rekomendasi atau daftar pilihan dokter spesialis penyakit dalam terbaik yang ada di Makassar.

Rekomendasi dokter spesialis penyakit dalam di Makassar

Melansir laman Medical University of the Americas, ada 14 subspesialisasi penyakit dalam yang telah disertifikasi oleh The Accreditation Council for Graduate Medical Education (ACGME).

Beberapa di antaranya, yaitu alergi dan imunologi, endokrinologi, gastroenterologi, hematologi, geriatri (lansia), onkologi (tumor), reumatologi (muskuloskeletal), dan nefrologi (ginjal).

Oleh karena itu, Anda bisa memilih dokter penyakit dalam dengan subspesialisasi tertentu sesuai dengan keluhan atau penyakit yang Anda alami.

Nah, untuk para warga Makassar, berikut adalah daftar rekomendasi dokter spesialis atau ahli penyakit dalam yang ada di kota ini berikut dengan tempat praktiknya.

1. dr. Suriani, Sp.PD

Dokter dan pasien wanita muslim

Buat Anda warga Makassar yang punya masalah terkait sistem imun, asma, atau alergi, Anda bisa mendatangi dr. Suriani, Sp.PD.

Pasalnya, dokter lulusan Universitas Hasanuddin ini merupakan spesialis penyakit dalam konsultan alergi dan imunologi.

Anda bisa menjumpai dokter Suriani setiap Senin, Kamis, dan Sabtu pada jam-jam tertentu di RS Hermina Makassar.

2. DR. dr. Rachmat Latief, Sp.PD, M.Kes, SubsPTI, FINASIM

Sudah berpengalaman lebih dari 37 tahun, DR. dr. Rachmat Latief, Sp.PD, M.Kes, SubsPTI, FINASIM bisa menjadi pilihan dokter ahli penyakit dalam di Makassar lainnya.

Dokter Rahmat merupakan spesialis penyakit dalam dengan subspesialisasi penyakit tropik-infeksi di Primaya Hospital Makassar dan RSUD Labuang Baji, Sulsel.

Dokter lulusan Universitas Hasanuddin ini telah mengikuti short course mengenai HIV/AIDS di Indonesia, Thailand, dan Australia untuk memperdalam ilmunya.

3. dr. Rini Rachmawarni Bachtiar, SpPD-KGEH, MARS

Rekomendasi dokter internis di Makassar lainnya, yaitu dr. Rini Rachmawarni Bachtiar, SpPD-KGEH, MARS.

Dokter Rini merupakan spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterohepatologi (lambung dan hati) di Siloam Hospitals Makassar dan Rumah Sakit Grestelina.

Menurut sejumlah ulasan, dokter yang menamatkan pendidikan subspesialisasinya di Universitas Indonesia ini dikenal ramah, sopan, lembut, serta cepat menanggapi informasi dari pasien.

4. Prof. Dr. dr. Syakib Bakri, SpPD-KGH, FINASIM

Prof. Dr. dr. Syakib Bakri, SpPD-KGH, FINASIM merupakan dokter ahli penyakit dalam konsultan ginjal hipertensi.

Selain di Rumah Sakit Grestelina dan RS Universitas Hasanuddin, dokter spesialis penyakit dalam ini juga membuka tempat praktik dokter sendiri di Jl. Monginsidi No.61, Makassar.

Menurut sejumlah ulasan, Profesor Syakib dikenal ramah, memberikan penjelasan secara detail dan mudah dimengerti, serta cocok untuk banyak orang.

5. Dr. dr. Femi Syahriani, SpPD-KR

Apakah Anda mencari dokter internis konsultan reumatologi? Dr. dr. Femi Syahriani, SpPD-KR yang berpraktik di Siloam Hospitals Makassar mungkin merupakan pilihan yang tepat.

Dokter Femi menamatkan pendidikan spesialisnya di Universitas Hasanuddin. Selain berkonsultasi, dokter yang satu ini juga bisa memberikan tindakan lainnya, seperti tes alergi.

Dokter Femi dikenal dapat memberikan penjelasan secara singkat tetapi mudah dipahami. Ia pun kerap mengajarkan gerakan khusus yang dapat mengurangi nyeri pada anggota tubuh tertentu.

6. dr. Agus Sudarso, Sp.PD, K-Ger

Kapan kehamilan bisa terdeteksi

Rekomendasi dokter spesialis penyakit dalam di Makassar lainnya, yaitu dr. Agus Sudarso, Sp.PD, K-Ger. Dokter Agus merupakan ahli penyakit dalam konsultan geriatri.

Dokter yang menamatkan pendidikan spesialisnya di Universitas Hasanuddin ini berpraktik di Rumah Sakit Sandi Karsa Makassar dan Rumah Sakit Ibnu Sina YW UMI Makassar.

Sebagai ahli geriatri, dr. Agus berfokus pada perawatan lansia atau pasien yang sudah lebih tua. Ia dapat mengenali penyakit yang relatif terjadi akibat penuaan normal dan yang tidak.

7. dr. Rahmawati, Sp.PD, PhD, K-HOM, FINASIM

Berbeda dengan dokter-dokter di atas, dr. Rahmawati, Sp.PD, PhD, K-HOM, FINASIM merupakan ahli penyakit dalam dengan subspesialisasi hematologi dan onkologi.

Sebagai ahli hematologi dan onkologi, dr. Rahmawati khusus menangani serta mengobati penyakit kanker dan kelainan gangguan darah, baik yang bersifat kanker maupun nonkanker.

Tempat praktik dokter spesialis penyakit dalam yang satu ini, yaitu di Rumah Sakit Hermina Makassar serta Rumah Sakit Stella Maris Makassar.

8. dr. Agus Parintik Sambo, Sp.PD-KEMD

Dokter penyakit dalam yang satu ini merupakan konsultan endokrinologi. Saat ini, dr. Agus Parintik Sambo, Sp.PD-KEMD masih aktif berpraktik di Rumah Sakit Stella Maris Makassar.

Sebagai dokter endokrinologi, dr. Agus melayani konsultasi dan pemeriksaan terkait sistem endokrin dan metabolisme, termasuk diabetes.

Untuk mendalami ilmunya tersebut, dr. Agus menyelesaikan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia.

9. dr. Daniel Josten, Sp.PD

Anda bingung harus memilih dokter dengan subspesialisasi apa? Bila begini kondisinya, Anda bisa memilih dokter ahli penyakit dalam umum, seperti dr. Daniel Josten, Sp.PD.

Dokter yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun ini melaksanakan praktiknya di Siloam Hospitals Makassar dan Primaya Hospital Makassar.

Dalam sejumlah ulasan, dokter yang menamatkan pendidikan spesialisnya di Universitas Hasanuddin ini dikenal mau mendengarkan keluhan pasien, tidak pasif, ramah, dan detail.

Selain sembilan dokter di atas, masih banyak daftar dokter spesialis penyakit dalam lainnya yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

Anda bisa memilih dokter yang terdekat dari lokasi Anda serta sesuai dengan keluhan dan kebutuhan Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 28/10/2022

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan